Comscore Tracker

6 Fakta Ini Sukses Patahkan Stereotip Kita Tentang Cowok Korea

Mulai dari tanggapan mereka soal K-pop sampai kencan beda negara…

Sejak hallyu waves menginvasi berbagai penjuru dunia dan bukan cuma di Indonesia, harus diakui kalau cowok Korea akhirnya punya tempat tersendiri di hati kaum hawa. Ketampanan para idol dan aktor mulai dari Gong Yoo sampai BTS akhirnya bisa bersaing dengan jajaran cowok-cowok bule. Nggak aneh kalau banyak cewek mulai terpikir untuk punya pacar oppa-oppa.

Tapi, pastinya kamu tahu dong, nggak semua hal yang tersaji di televisi itu menggambarkan sosok cowok Korea sehari-hari. Dirangkum dari observasi dan wawancara sama beberapa oppa Korea, berikut adalah 7 fakta soal mereka yang mungkin saja belum banyak orang tahu! Penasaran?

1. Soal KPop dan KDrama

6 Fakta Ini Sukses Patahkan Stereotip Kita Tentang Cowok Koreabillboard.com

Hal paling menarik bahwa nggak semua cowok Korea familiar sama idol atau K-pop. Maksudnya, beberapa di antara mereka memang nggak tertarik saja buat mengikuti musik atau hal-hal terkait itu. Ya walaupun tetap saja mereka pasti ngeh kalau diajak ngobrol soal idol cewek. Beberapa di antaranya lebih suka sama musik-musik Korea indie dibanding yang banyak terkenal di berbagai dunia.

Terlebih kalau kamu tanya soal K-drama. Mereka cenderung lebih tahu variety shows kayak Running Man, SNL, atau Law of The Jungle dibanding judul-judul K-drama. Mungkin karena kebanyakan jadwal tayang K-drama itu malam banget di sana. Plus, keseharian mereka juga biasanya sangat padat. Jadi, selepas aktivitas, mereka lebih suka pergi sama teman atau langsung istirahat.

2. Ambisi bicara bahasa Inggris

6 Fakta Ini Sukses Patahkan Stereotip Kita Tentang Cowok Koreasoompi.com

Berikutnya adalah soal kemampuan penguasaan bahasa Inggris mereka. Beberapa dari cowok Korea mengaku sangat amat merasa kesulitan buat belajar bahasa satu ini. Bahkan meski mereka sudah belajar sampai 12 tahun sejak sekolah dulu. Nggak heran, mereka benar-benar ingin bisa belajar bahasa Inggris dengan segala cara.

Pun soal pelafalannya. Kamu pernah dengar teman-teman Korea bicara bahasa Inggris? Pasti tahu, ada aksen yang kurang jelas. Hal itu terjadi karena bahasa Hangul atau bahasa Korea memang punya pelafalan berbeda (terdengar seperti ‘eu’ atau aksen berbeda di akhir). Tapi, menariknya bahwa mereka nggak malu untuk mengaku nggak bisa bahasa Inggris dan terus ingin belajar, lho!

3. Makna ruang belajar khusus

6 Fakta Ini Sukses Patahkan Stereotip Kita Tentang Cowok Koreabadtzmarucy831.wordpress.com

Bagi kamu yang sudah pernah nonton Reply 1988 pasti tahu. Kerap kali Deok Seon dan kawan-kawan datang ke gedung tempat belajar khusus. Sempat terpikir, memang sebegitu rajinnya ya? Jawabannya, ya! Terutama menjelang ujian penentuan, kayak ujian masuk universitas, ujian SAT, ujian TOEFL dan lain-lain, nggak sedikit murid termasuk cowok-cowok Korea rela belajar sampai larut malam di ruang belajar khusus gitu, lho!

Mungkin karena memang sudah menjadi hal yang wajar juga bagi para murid di sana, sehingga belajar hingga tengah malam di ruang belajar khusus (di luar rumah) sudah nggak aneh lagi. Dan masih terkait keseriusan mereka untuk bisa belajar bahasa Inggris, nggak sedikit juga yang bahkan sampai rela ikut akademi khusus lho, kayak akademi TOEFL, IELTS, dan lain-lain gitu!

4. Ngobrol soal wajib militer

6 Fakta Ini Sukses Patahkan Stereotip Kita Tentang Cowok Koreascribbleandscroll.com

Kamu pasti sudah tahu bahwa Korea termasuk negara yang mewajibkan para warga laki-lakinya untuk ikut Wamil. Biasanya, Wamil ini diharuskan bagi mereka yang berusia minimal 18 tahun dan maksimal 35 tahun. Mereka harus mengikuti military service selama 20 bulan hingga sekitar 2 tahun, kecuali mereka masuk daftar pengecualian orang-orang yang boleh nggak ikut Wamil.

Tentunya masa-masa Wamil ini menempa mereka banget. Mereka nggak boleh berkomunikasi sewajarnya sehari-hari dan hanya dapat libur beberapa kali saja. Nggak heran kalau hal ini diakui sebagai pengalaman pahit bagi banyak cowok Korea. Yah, walaupun mereka berpendapat, kurang merasa cowok kalau belum mengikuti Wamil. Uniknya, nggak semuanya ‘trauma’, lho! Malah, ada beberapa yang terinspirasi untuk bergabung ke militer sungguhan selepas Wamil itu. Keren, ya!

Baca Juga: Dilarang Lakukan 10 Hal Ini Saat di Korea Selatan!

5. Kebiasaan makeup dan pilihan fashion

6 Fakta Ini Sukses Patahkan Stereotip Kita Tentang Cowok Koreasaostar.vn

Ada berita yang santer banget bilang bahwa makeup dan operasi plastik jadi hal yang sangat melekat dengan cowok Korea. Ternyata, hal ini nggak sepenuhnya benar, lho! Nggak sedikit juga cowok Korea yang bahkan tertawa saat ditanya soal makeup. Maksudnya, cowok Korea juga kayak cowok-cowok dari negara lain. Mereka lebih suka tampil cuek tanpa harus pakai BB cream atau riasan seperti banyak idol. Yah, walaupun diakui oleh mereka bahwa mereka juga masih rajin melakukan perawatan tubuh dan wajah. Tapi, biasanya hanya sebatas cuci muka, perawatan muka, dan workouts doang.

Nah, kalau bicara soal tampilan fashion, memang harus diakui, cowok Korea punya taste yang harus diapresiasi. Bahkan meski mereka mengaku nggak berusaha mengikuti siapapun, dan tampil jadi diri sendiri, pilihan style sehari-hari mereka memang sudah kelihatan keren. Tapi, mereka juga pada dasarnya suka tampil nggak ribet, kok! Kayak Cuma pakai kaus oblong, jeans, sneakers, dan topi doang.

6. Maskulinitas versus femininitas

6 Fakta Ini Sukses Patahkan Stereotip Kita Tentang Cowok KoreaThe New York Times

Masih terkait sama stereotipe cowok Korea yang doyan dandan dan operasi plastik, nih. Beberapa menganggap kalau banyak cowok Korea yang ‘terlalu manis dan lembut’ dalam artian feminin banget. Benar nggak, ya? Kenyataannya, banyak banget cowok Korea yang nggak kayak gitu! Sebetulnya sama saja seperti pandangan kita melihat cowok yang rajin nge-gym, kan? Nggak semua cowok yang pergi ke gym itu ‘feminin’.

Banyak juga cowok Korea yang nggak ‘selembut dan semanis’ pandangan umum. Bahkan, nggak sedikit mereka yang cuek banget dalam hal kepribadian ataupun tampilan sehari-hari.

Nah, itu dia 6 hal seputar cowok Korea yang mungkin belum banyak kita tahu. Bagaimana menurut kamu? Adakah fakta lain yang kamu tahu dan orang lain belum tahu soal cowok Korea? Semoga bermanfaat!

Baca Juga: 6 Barang ini Cuma Ada di Korea Selatan, Cocok Buat Suvenir

Mutikhadijah Photo Community Writer Mutikhadijah

A lifetime writer. We are healed by healing each other. Welcome to my thoughts land.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You