Comscore Tracker

8 Langkah Mudah untuk Mengontrol Kemarahan, Pikiran Jadi Lebih Tenang!

Anger management adalah kunci! #IDNTimesMen

Kemarahan adalah perasaan manusia yang normal untuk dimiliki, dan terkadang ada alasan tertentu untuk marah seperti merasa terluka oleh sesuatu yang diucapkan atau dilakukan oleh seseorang atau mengalami frustrasi pada situasi tertentu. Kemarahan bisa menjadi emosi yang positif, ketika itu dapat membantumu untuk menyelesaikan masalah.

Tetapi, kemarahan juga bisa berdampak buruk bagi hubungan pribadimu, ketika kemarahanmu tidak terkontrol bahkan cenderung meluap-luap, hal itu bisa menyebabkan muncul terjadinya sebuah pertengkaran. Mengontrol amarahmu sangatlah penting, untuk menghindarimu dari ucapan atau perlakuan yang akan kamu sesali nantinya. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat kamu lakukan untuk mengontrol amarahmu. Baca sampai bawah ya, Bro!

1. Tarik napas sedalam mungkin

8 Langkah Mudah untuk Mengontrol Kemarahan, Pikiran Jadi Lebih Tenang!Langkah untuk mengontrol kemarahanmu (pexels.com/kevin valerio)

Lakukan latihan pernapasan dalam, seperti mengambil napas dalam-dalam dari hidung lalu kamu mengembuskannya lewat mulut. Kamu dapat melakukannya sambil berimajinasi melihat pemandangan yang tenang seperti pegunungan sambil mengucapkan mantra ajaib yang dapat membuatmu tenang, seperti; "tenang saja, semua akan baik-baik saja". 

Walaupun ini belum menyelesaikan masalah, setidaknya dapat membuat amarahmu mereda secara perlahan. Dengan begitu kamu akan mampu berpikir secara jernih terhadap permasalahan yang terjadi. 

2. Berhitung mundur

8 Langkah Mudah untuk Mengontrol Kemarahan, Pikiran Jadi Lebih Tenang!Langkah untuk mengontrol kemarahanmu (pexels.com/magda ehlers)

Cobalah berhitung mundur (atau maju) sampai 10 atau bahkan lebih. Waktu yang kamu gunakan saat berhitung dapat memperlambat detak jantungmu sehingga kemarahanmu akan mereda.

Kamu akan lebih tenang, sehingga permasalahan yang kamu hadapi akan lebih mudah diatasi. Lakukan hal yang sama bila emosi kamu mulai meninggi, dan cobalah mengambil waktu sejenak untuk bersantai.

3. Berpikirlah terlebih dahulu sebelum bicara

8 Langkah Mudah untuk Mengontrol Kemarahan, Pikiran Jadi Lebih Tenang!Langkah untuk mengontrol kemarahanmu (pexels.com/andrea piacquandio)

Saat kamu sedang marah kamu dapat dengan sangat mudah mengucapkan kata-kata yang tidak pantas atau bahkan dapat menyakiti beberapa orang. Pikirkanlah dulu sejenak sebelum kamu berucap, karena apa yang akan kamu katakan saat marah akan kamu sesali kemudian.

Jangan sampai kata-kata yang tidak pantas kamu ucapkan justru menjadi serangan balik kepada diri kamu. Ini akan menjadi hal buruk untuk ke depannya. Coba pikirkan baik-baik ya, Bro!

Baca Juga: 5 Sisi Positif Cowok Cuek yang Bikin Cewek Jatuh Hati

4. Menyingkir

8 Langkah Mudah untuk Mengontrol Kemarahan, Pikiran Jadi Lebih Tenang!Langkah untuk mengontrol kemarahanmu (pexels.com/andrea piacquandio)

Saat kamu sedang berada dalam sebuah rapat atau diskusi yang membuatmu ingin marah, kamu dapat mengambil jeda sebentar atau menyingkir. Mungkin kamu bisa berjalan keluar sebentar, dan menjauh dari orang-orang untuk beberapa saat. Kamu bisa menenangkan dirimu sejenak.

Hal ini kamu lakukan bukan untuk menghindari topik pembicaraan, melainkan untuk menghindari amarahmu yang akan muncul dan tidak ingin kamu sesali atas akibatnya. Setelah kamu sudah tenang dan berpikir jernih, kamu dapat kembali lagi untuk membicarakannya atau meluapkan amarahmu dengan cara yang tegas yang tidak akan menyakiti seseorang.

5. Berolahraga

8 Langkah Mudah untuk Mengontrol Kemarahan, Pikiran Jadi Lebih Tenang!Langkah untuk mengontrol kemarahanmu (pexels.com/pixabay)

Kemarahan memberikanmu lonjakan energi yang cukup banyak, kamu dapat memanfaatkannya untuk melakukan aktivitas fisik. Aktivitas fisik dapat mengurangi stres penyebab dirimu menjadi marah. Kamu dapat melakukan jalan cepat, berlari atau berolahraga lainnya untuk menghilangkan frustasimu.

Sambil melihat keadaan sekitar menjadikan kamu untuk lebih fresh dalam berpikir. Tujuannya, saat kamu kembali lagi beraktivitas maka kamu akan menjadi orang yang lebih baik dalam bersikap.

6. Bicara dengan teman

8 Langkah Mudah untuk Mengontrol Kemarahan, Pikiran Jadi Lebih Tenang!Langkah untuk mengontrol kemarahanmu (pexels.com/alex green)

Kamu bisa mengungkapkan perasaan marahmu atau penyebab yang membuatmu marah kepada temanmu, tapi ingat bicaralah dengan teman yang dapat meresponmu secara positif dan tenang.

Jangan hanya meluapkan emosimu terhadapnya, tapi kamu juga bisa mencari solusi masalah dengan temanmu dari pandangan yang berbeda. Teman adalah pertolongan yang sangat baik untuk kamu dalam mengendalikan emosi.

7. Tertawa

8 Langkah Mudah untuk Mengontrol Kemarahan, Pikiran Jadi Lebih Tenang!Langkah untuk mengontrol kemarahanmu (pexels.com/yan krukov)

Kamu bisa menggunakan humor untuk melepaskan ketegangan tentang apa yang membuatmu marah. Tapi perlu diingat, jangan gunakan sarkasme yang dapat melukai seseorang atau bahkan memperburuk keadaan.

Kamu juga dapat mencari hiburan sendiri untuk membuatmu tertawa, seperti menonton hal-hal yang lucu. Nonton video atau film komedi mungkin bisa menjadi salah satu pilihan terbaik.

8. Jangan menyimpan dendam

8 Langkah Mudah untuk Mengontrol Kemarahan, Pikiran Jadi Lebih Tenang!Langkah untuk mengontrol kemarahanmu (pexels.com/andrea piacquandio)

Jika kamu terluka atau marah karena seseorang, cobalah untuk memaafkannya dan tidak menyimpan dendam, jika kamu dendam maka itu akan membuat hubunganmu dengannya menjadi tidak baik. Tetapi, jika kamu memaafkan, mungkin kalian berdua dapat belajar dari situasi ini dan dapat mempererat hubungan antar keduanya. 

Itulah tadi beberapa hal yang dapat kamu lakukan untuk mengontrol amarahmu. Kontrol amarahmu untuk menghindari perilaku yang dapat menyakiti orang di sekitarmu. Selamat mencoba!

Baca Juga: 5 Cara Cowok Mengekspresikan Rasa Cinta kepada Pasangannya

Leonis Star Photo Writer Leonis Star

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Wahyu Kurniawan

Berita Terkini Lainnya