Comscore Tracker

Pasti Produktif, Kerjaan Tetap Gokil MAXimal dengan 5 Kiat Berikut! 

#IniBaruGokil Pria pengemban amanah rumah tangga mesti coba

Ketentuan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM saat ini semakin menantang. Apalagi dengan pembatasan yang ekstra ketat demi meredam laju penularan COVID-19, banyak hal jadi dilakukan dari rumah. Termasuk untuk urusan pekerjaan hingga pribadi.

Kalian para Pria tentu sebagai pemegang amanah, dituntut produktivitas yang maksimal. Terutama yang sudah berumah tangga, harus menyeimbangkan antara pekerjaan dengan keluarga. Terlalu fokus sama urusan kerja, diprotes pasangan dan anak-anak. Begitu juga kalau kerja dari rumah malah menangani pekerjaan rumah tangga, bos bakalan tidak berhenti mengomel.

Tantangan lainnya juga datang dari suasana nyaman di rumah, bikin potensi mager jauh lebih menggoda. Sehingga banyak distraksi yang membuat produktivitas kamu terancam. Padahal tahukah kamu, kalau itu semua bisa diakali.

Nah, buat kamu pria-pria tangguh di IDN Times jangan pesimis dulu, ya. Produktivitas kamu tidak akan terhalang kok, meskipun bekerja dari rumah. Kamu dapat melakukan kelima hal berikut ini, biar tanggung jawab pekerjaan dan keluarga berjalan beriringan. Yuk, segera praktik!

1. Tentukan tempat dan waktu bekerja di rumah

Pasti Produktif, Kerjaan Tetap Gokil MAXimal dengan 5 Kiat Berikut! Ilustrasi seorang pria sedang seirius bekerja di sebuah ruangan (Pexels.com/Burst)

Kunci utama produktivitas tentu harus fokus. Sementara bekerja dari rumah sering kali menyulitkanmu untuk fokus. Tetapi hal itu tidak akan terjadi kalau sudah kamu antisipasi dengan berkomunikasi kepada pasangan maupun anggota keluarga yang lain, terutama mengenai jadwal kerjamu.

Lakukan sebaik mungkin, jabarkan jam kerja, waktu istirahat maupun selesainya kamu bekerja. Tentukan juga bagian mana di dalam rumah yang menjadi ruang kerjamu. Penting untuk memastikan bahwa tidak ada yang bisa mengganggu kamu, jika sudah berada di dalam atau di area dimana kamu bekerja dari rumah.

Upayakan penegasan kondisi tersebut melalui komunikasi bersama pasangan dan anggota keluarga, setidaknya selama satu hingga dua minggu sejak PPKM atau kapan kamu ditentukan Work From Home alias WFH. Mengingat ketentuan PPKM sangat dinamis, tidak hanya menyesuaikan kebijakan Pemerintah tapi juga kantor di mana kamu bekerja.

Sehingga pada minggu-minggu PPKM berikutnya kamu jauh lebih siap, dan pasangan maupun anggota keluarga dapat menerima itu sebagai penyesuaian terhadap gaya hidup baru. Rutin periksa sosial media dan berbagai saluran berita, agar kamu tidak ketinggalan informasi terkini soal PPKM dan COVID-19.

2. Kenakan pakaian kerja bahkan ketika bekerja di rumah

Pasti Produktif, Kerjaan Tetap Gokil MAXimal dengan 5 Kiat Berikut! Ilustrasi aktivitas berbelanja secara online (Pexels.com/Photomix Company)

Paling sulit memberi pemahaman kepada anggota keluarga, terutama anak-anak saat kamu sedang bekerja. Adalah yang mau ikut ke kantor, hingga merengek mengiringi saat-saat kamu pergi kerja – apalagi kerja dari rumah. Karena yang anak-anak pahami saat kamu sedang berada di rumah, berarti ada waktu untuk mereka yang kamu sediakan.

Menghadapi situasi yang demikian kamu harus menyampaikan pengertian secara lebih tegas, demikian juga dilakukan oleh pasanganmu. Ingatlah menyampaikan pemahaman secara visual jauh lebih mudah diterima akal anak-anak. Maka selalu tunjukkan profesionalisme dalam bekerja sekalipun hanya dari rumah. Coba untuk tetap mengenakan pakaian kerja, seperti yang kamu lakukan saat pergi bekerja ke kantor.

Dengan begitu anak-anak akan mengenal kalau kamu sedang bekerja. Sehingga kamu tidak teralihkan, atau setidaknya meminimalisir gangguan yang mungkin timbul atas tuntutan perhatian dari anak-anak, ketika kamu diketahui sedang berada di rumah padahal bekerja.

Set the mood. Buka-buka website atau aplikasi fesyen e-commerce buat memilih pakaian kerja yang nyaman dipakai di rumah, tapi tetap eksepsional dan profesional. Seperti yang dikatakan Miuccia Prada, Fashion is instant language. Jadi jangan sepelekan fesyen ya.


What you wear is how you present yourself to the world, especially today, when human contacts are so quick. Fashion is instant language.

- Miuccia Prada

Baca Juga: Kerja dari Rumah Malah Boros? Siasati dengan Cara-cara Ini

3. Manfaatkan teknologi buat memudahkan pekerjaanmu

Pasti Produktif, Kerjaan Tetap Gokil MAXimal dengan 5 Kiat Berikut! Ilustrasi seorang pria tengah bekerja menggunakan laptop dan smartphone (pexels.com/Thirdman)

Bekerja dari rumah sudah pasti perlu didukung perangkat-perangkat berteknologi. Sebut saja di antaranya smartphone dan laptop. Tidak cuma memakainya untuk mengetik atau buat foto-foto saja, memanfaatkannya secara tepat akan berguna membantu pekerjaan kamu selesai pada waktunya, dan tidak tertinggal satu pun.

Di antaranya memanfaatkan aplikasi daftar tugas pada smartphone yang bisa disinkronisasi dengan laptop maupun PC. Kamu bakal tidak terlewat satu pekerjaan, janji meeting online, hingga tugas-tugas lainnya yang sudah didaftarkan.

Kemampuan sinkronisasi antar perangkat pada gawai saat ini, pasti akan memudahkan pekerjaan yang dilakukan dari rumah secara daring. Pilih spesifikasi smartphone maupun laptop, jangan yang tanggung. Periksa toko-toko gawai online dan temukan penawaran terbaik, untuk perangkat andalan yang bakal mendukung produktivitas kamu bekerja dari rumah.

4. Jangan sampai tidak terhubung internet sama sekali

Pasti Produktif, Kerjaan Tetap Gokil MAXimal dengan 5 Kiat Berikut! Smartfren GOKIL MAX, Kuotanya Beneran Gokil (dok. pribadi/Nimrot Hutagalung)

Zaman sekarang bakal jadi petaka kalau tidak terhubung ke jaringan internet. Entah hilang sinyal atau kuota internet kamu habis. Buang jauh-jauh keresahan itu, karena sekarang ada Smartfren GOKIL MAX. Dengan jaringan 100 persen 4G, kuotanya beneran gokil.

Kuotanya Sultan dari Smartfren Gokil Max #IniBaruGokil, mulai dari Rp30.000 kamu bisa mengerjakan apa saja untuk mendukung produktivitas kamu semakin MAXimal. Mau download file kantor? Bisa. Mau upload kerjaan yang diminta bos? Siap. Meeting dan presentasi online ke klien? Tenang. Smartfren Gokil Max jaringannya cepat dan stabil. Sudah pasti segala urusan kerja bakal lancar.

Apalagi harganya murah dan kuotanya besar. Bayangkan betapa Gokil, kamu dapat Kuota Nasional yang bisa dipakai dimana saja. Belum cukup? Ada juga Kuota Lokal yang berlaku di kotamu. Pastinya bikin nyaman buat internetan di rumah saja.

Oh ya, dengan Kuota Sultan Smartfren Gokil MAXimal, tidak ada tuh pengalaman kekurangan kuota. Soalnya ada Extra Kuota dari jam 01.00 - 05.00 WIB atau 24 Jam Semua Aplikasi. So, tetap tenang bung, kerjaan kamu dijamin beres. Sudah terbukti. Nah, sekarang giliran kamu mencoba!

5. Ingat waktu istirahat, jangan kerja terus

Pasti Produktif, Kerjaan Tetap Gokil MAXimal dengan 5 Kiat Berikut! Ilustrasi pengendara sepeda motor mengantar pesanan makanan (unsplash.com/Rowan Freeman)

Enaknya kerja dari rumah, kamu bisa lebih dekat sama pasangan dan anggota keluarga. Kalau kamu tipe pekerja yang jam istirahat pulang ke rumah, dijamin dengan kerja dari rumah waktu yang kamu punya tidak akan terbuang sia-sia di jalan. Kamu sering merasa begini kan? Apalagi pas jam istirahat dipakai untuk saat-saat makan siang.

Padahal kan ya, duit keluar, capek iya, mana panas bikin wajah gampang kucel. Atau hujan, jalanan jadi basah malah malas mau kemana-mana. Walaupun makan di luar saat jam istirahat kerja, belum lagi makanan dicerna perut, mesti jalan balik ke kantor mengejar deadline. Duh, begini amat nasib orang kantoran!

Makanya, coba deh manfaatkan waktu istirahat saat bekerja dari rumah, dengan menikmati masakan di dapur. Atau manfaatkan uang yang dikeluarkan untuk istirahat siang saat bekerja menjadi hal yang lebih berfaedah. Misalkan dengan memesan makanan dan minuman dari pelaku UMKM, yang sekarang bertebaran di jejaring media sosial hingga aplikasi pesan antar dari smartphone kamu.

Yang pasti tidak hanya kamu yang menikmati berkahnya, tapi mereka orang-orang tercinta yang amanahnya kamu pegang dan jaga. Selain itu kamu juga ikut membantu pertumbuhan UMKM selama PPKM, sambil tetap beraktivitas meskipun dari rumah. Pria mana lagi yang begini? Otomatis jadi kecintaan keluarga, bangsa dan negara.


Seru kan tetap bekerja dari rumah? Ya iyalah. Kuncinya ada di kita kok. Jadi tidak perlu tuh merasa PPKM ini membatasi kita menjadi tidak produktif. Dengan menunda aktivitas kita di luar dan berkarya dari rumah, ini membuktikan kreativitas dan kepedulian kita terhadap orang-orang yang kita cintai sebenarnya tidak ada halangan dan hambatan berarti. Kita hanya butuh peluang dan akal sehat. Selamat berjuang mengemban amanah ya!

Baca Juga: Sulit Fokus Ketika Work From Home? Coba Atasi dengan 5 Cara Ini

Nimrot Hutagalung Photo Writer Nimrot Hutagalung

Simple people with simple values

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya