Comscore Tracker

Catat! Inilah 5 Etiket Memakai Parfum yang Wajib Kamu Ketahui

Jangan sampai reputasimu rusak gara-gara parfum

Parfum atau minyak wangi merupakan kebutuhan pelengkap untuk pria dan wanita masa kini. Memakai parfum umumnya bertujuan untuk membuat tubuh harum dan menghilangkan aroma tidak enak dari tubuh. Biasanya, kamu memakai parfum ketika akan bepergian ke suatu tempat.

Parfum mengandung berbagai aroma seperti bunga-bungaan, tumbuh-tumbuhan, dan sesuatu lainnya yang menimbulkan aroma. Ketika aroma parfum yang kamu kenakan tercium oleh orang lain, aroma tersebut akan memberikan rangsangan kepada mereka.

Rangsangan tersebut bisa menyenangkan ataupun tidak menyenangkan. Oleh karena itu, kamu wajib memperhatikan orang lain dan situasi ketika memakai parfum. Nah, apa saja etiket memakai parfum yang perlu kamu ketahui? Yuk, simak list berikut!

Baca Juga: 5 Parfum Beraroma Amber Ini Cocok Kamu Pakai Saat Momen Tahun Baru!

1. Perhatikan orang lain ketika memakai parfum

Catat! Inilah 5 Etiket Memakai Parfum yang Wajib Kamu Ketahuifreepik.com/Racool-studio

Kamu harus memperhatikan orang lain di sekitarmu ketika kamu memakai parfum. Walaupun aroma parfum merupakan identitasmu, kamu pun tidak boleh sembarangan memakainya pada saat berada bersama orang lain.

Orang lain bisa saja bereaksi tidak menyenangkan terhadap aroma parfummu, seperti alergi, pusing, dan mual. Jadi, ketika kamu memakai parfum, perhatikanlah reaksi orang-orang di sekitarmu.

Jika mereka menutup hidung ketika berada di dekatmu, artinya aroma parfummu tidak enak bagi mereka. Segeralah menjauh dari mereka dan jangan memakai aroma tersebut di dekat mereka pada kesempatan lainnya. Akan lebih baik lagi apabila kamu tidak memakai parfum jika aroma tubuhmu baik-baik saja di dekat mereka.

2. Perhatikan ke mana kamu pergi ketika memakai parfum

Catat! Inilah 5 Etiket Memakai Parfum yang Wajib Kamu Ketahuifreepik.com/azerbaijan-stockers

Memperhatikan tempat dan situasi yang kamu kunjungi saat memakai parfum merupakan hal yang sangat penting. Sebab, tidak semua tempat cocok kamu kunjungi ketika kamu memakai parfum.

Lebih baik kamu tidak memakai parfum di tempat-tempat seperti kantor yang sangat formal, rumah sakit, dan tempat ibadah. Jika kamu tidak percaya diri dengan aroma tubuhmu, kamu boleh menyemprot sedikit parfum di tubuhmu.

Sebaliknya, ketika sedang hangout atau have fun bersama teman-temanmu, kamu boleh menyemprotkan sedikit lebih banyak parfum. Dijamin mereka akan suka dengan aroma parfummu saat itu.

3. Semprotkan parfum secukupnya ke tubuhmu 

Catat! Inilah 5 Etiket Memakai Parfum yang Wajib Kamu Ketahuipexels.com/RF._.studio

Menyemprot parfum secukupnya pada tubuhmu merupakan aturan pemakaiannya yang lumrah. Semprotan parfum yang sangat banyak akan mengakibatkan bau yang tidak karuan. Orang lain pun ikut merasakan efek yang tidak enak dari kamu.

Jika ingin mendapatkan keharuman maksimal dengan sedikit semprotan parfum, semprotkanlah di titik nadi belakang telinga, pergelangan tangan, dan belakang lutut. Supaya aroma parfum tahan lama, oleskan sedikit petroleum jelly pada bagian-bagian tubuh tersebut sebelum menyemprotkannya.

4. Jangan menyemprotkan parfum di keramaian 

Catat! Inilah 5 Etiket Memakai Parfum yang Wajib Kamu Ketahuipexels.com/Rishiraj Singh Parmar

Jangan sekali-kali menyemprotkan parfum di keramaian, seperti saat naik transportasi umum, menghadiri konser, dan lain sebagainya. Sebab, tidak semua orang senang menghirup aroma parfum yang baru disemprotkan. Orang lain pun bisa terkena percikan parfummu apabila jarak badanmu jauh dengan tangan yang memegang parfum.

Jika kamu ingin menyemprotkan parfum, tunggulah sampai tidak ada orang di dekatmu atau suasananya lebih sepi. Akan lebih baik lagi jika kamu ke toilet untuk menyemprotkannya.

5. Ganti aroma parfum pada berbagai kesempatan 

Catat! Inilah 5 Etiket Memakai Parfum yang Wajib Kamu Ketahuipexels.com/Valeria Boltneva

Jika kamu memiliki lebih dari satu parfum dengan aroma yang berbeda, jangan memakai aroma yang itu-itu saja. Gantilah aroma parfummu sesuai dengan situasi dan tempat yang kamu tuju. Contohnya, pakailah parfum dengan aroma yang ringan saat bekerja dari pagi sampai sore hari. Sebaliknya, parfum beraroma kuat dipakai pada malam hari.

Mengganti aroma parfum diibaratkan dengan mengganti style-mu pada suatu kondisi. Oleh karena itu, jangan ragu untuk menunjukkan sesuatu yang berbeda dari dirimu.

 

Nah, sudah tahu, kan, etiket yang harus kamu perhatikan ketika memakai parfum? Yuk, praktikkan! Niscaya kamu akan semakin percaya diri dan orang lain akan respek terhadapmu.

Baca Juga: 5 Tips Mudah Memilih Wangi Parfum yang Tepat untukmu, Sudah Tahu?

Nuraina Fika Lubis Photo Verified Writer Nuraina Fika Lubis

Writing is a skill that I want to have. I try harder to make an article that worth to read. I receive critics and suggestions to upgrade my writing skill. Hope you enjoy what I write. Sincerely, me.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya