Comscore Tracker

5 Kemampuan Penting Seorang Leader, Tingkatkan Progres Karier!

Tidak ada yang instan karena semua hal butuh proses

Siapa yang tidak ingin menjadi pemimpin atau leader dalam membangun suatu lembaga atau acara besar? Semua orang pasti menginginkannya. Namun, yang perlu diingat adalah menjadi seorang pemimpin dibutuhkan skills yang sesuai untuk menjaga wibawanya.

Tidak hanya pandai dalam berpikir, tetapi juga pandai melihat situasi dan kondisi untuk mengayomi para anggotanya. Tidak heran jika orang yang dilih sebagai pemimpin harus belajar terlebih dahulu dari pengalamannya dan mengasah beberapa kemampuan untuk bisa menapaki dunia kepemimpinan.

Kali ini, penulis membagikan lima inspirasi seputar kemampuan apa saja yang dibutuhkan oleh seorang leader dalam memimpin. Yuk, simak ulasannya berikut ini!

1. Kemampuan manajemen

5 Kemampuan Penting Seorang Leader, Tingkatkan Progres Karier!ilustrasi orang sedang melakukan rapat kerja (Pexels.com/Kampus Production)

Kemampuan manajemen diperlukan lantaran manusia memiliki banyak tugas dan pekerjaan yang perlu diselesaikan. Adanya skills managing akan memberikan kemudahan bagi seorang pemimpin untuk bisa menyelesaikan tugas secara teratur dan terencana.

Artinya, pengaturan waktu dan pengaturan dalam meningkatkan kemampuan diri dilakukan secara seimbang. Apalagi, di era digital saat ini, semua tugas yang perlu diselesaikan cukup kompleks dan menguras pemikiran.

Oleh karenanya, multitasking menjadi salah satu kemampuan untuk meningkatkan progresivitas dalam bekerja. Pemimpin yang memiliki skills managing akan membawa pengaturan perusahaanya menjadi lebih efektif dan terncana secara sistematis. 

2. Kemampuan berpikir kritis dan positif

5 Kemampuan Penting Seorang Leader, Tingkatkan Progres Karier!ilustrasi tampak seorang pria memerikasa berkas (Pexels.com/Mazen Tumi)

Kemampuan berpikir positif berkaitan dengan kemapuan berkomunikasi yang efektif. Manusia diberikan akal pikiran untuk mampu memahami suatu keadaan secara logika yang benar. Begitupun sama halnya yang terjadi bagi seorang pemimpin.

Para pemimpin akan dinilai dari bagaimana memecahkan suatu permasalahn dengan critical thingking yang dimiliki. Sebab, apa yang ada dipikiran akan mempengaruhi keseluruhan pada diri kita. 

Seorang pemimpin yang baik akan menanamkan pikiran yang positif bagi para anggotanya agar berimbas pada tindakan yang baik. Misalnya, pemimpin dapat memberikan penghargaan bagi anggotanya yang memiliki kompetensi prestasi yang baik di suatu perusahaan atau bisa juga memperlakukan anggotanya dengan sikap dan positive attitude yang baik. 

Baca Juga: 5 Ciri Kepemimpinan Toxic yang Membuat Situasi Tambah Kacau

3. Kemampuan berkomunikasi

5 Kemampuan Penting Seorang Leader, Tingkatkan Progres Karier!ilustrasi pemimpin menjelaskan sesuatu kepada karyawannya (Pexels.com/Tima Miroshnichenko)

Posisi pemimpin tidak akan terpisah dari kegiatan berkomunikasi. Mereka bakal sering tampil di depan umum hingga menjadi sorotan para anggotanya.

Maka dari itu, orang yang menempati posisi leader setidaknya perlu memiliki kemampuan berbicara yang baik dan sanggup tampil percaya diri. Akan lebih baik lagi bila seorang pemimpin mampu memahami beberapa bahasa untuk menunjang kepiawaiannya dalam berbicara dengan berbagai delegasi jika dalam organisasi yang besar. 

Selain itu, pentingnya memahami komunikasi adalah sebagai dasar keahlian bagi manusia untuk mengembangkan pemikiran dan gagasan yang dimiliki. Sehingga, kemampuan komunikasi yang efektif akan mununjang kariermu untuk terus melejit. 

4. Kemampuan bertanggung jawab

5 Kemampuan Penting Seorang Leader, Tingkatkan Progres Karier!ilustrasi seorang pria menulis di papan tulis (Pexels.com/Mikhail Nilov)

Setiap orang dibebani oleh tanggung jawab yang berbeda sesuai dengan posisi dirinya masing-masing. Poin penting yang harus dipahami adalah sikap tanggung jawab sebagai bentuk dari kewajiban untuk menanggung segala hal yang ditangani atau dilakukannya.

Pemimpin yang baik tidak akan lari dari beban yang sudah ia pegang, tidak lempar tangan, dan tentunya sebisa mungkin akan memberikan jalan keluar dari permasalahan. Pemimpin yang seperti itu pastinya akan disegani oleh anggota tim sekaligus menjadi role model.

5. Berakhlak yang baik

5 Kemampuan Penting Seorang Leader, Tingkatkan Progres Karier!ilustrasi orang bekerja di kantor (Pexels.com/Mikhail Nilov)

Selain kecakapan teknis, seorang pemimpin juga dituntut untuk menjunjung tinggi-tinggi norma bermasyarakat dengan hati yang jernih. Apa gunanya seorang pemimpin yang andal, namun, ia gagap dalam memanusiakan manusia?

Pemimpin seperti itu umumnya hanya menjadikan pekerjaan sekalian anggota tim di bawahnya hanya sebagai robot belaka tanda pernah memandang aspek-aspek humanis yang diperlukan. Kompetensi yang ia miliki pun seketika luntur saat pemimpin tidak memiliki modal akhlak dan budi pekerti yang unggul.

Pada akhirnya, pemimpin yang hebat bukan yang memaksa anggotanya tunduk akan perintahnya. Namun, pemimpin yang hebat adalah ia yang mampu memberikan jembatan antar diskusi anggotanya, open minded terhadap saran dan kritikan, serta mampu menawarkan solusi dari kesulitan yang dialami oleh anggotanya. 

Baca Juga: 11 Sikap Kepemimpinan yang Biasa Dimiliki Para Pengusaha Sukses

Qoni'ah Musallamah Photo Verified Writer Qoni'ah Musallamah

Jika ingin melihat dunia bacalah. Jika ingin diingat dunia menulislah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya