Comscore Tracker

5 Tips Memiliki Mental yang Kuat, Pandai Mengatur Strategi! 

Menjadi dewasa gak melulu soal usia 

Semakin hari semakin banyak persoalan yang dihadapi. Apalagi bila bertemu dengan banyak orang yang jelas-jelas memiliki karakter yang berbeda-beda. Tentunya perlu effort yang lebih untuk bisa beradptasi dengan situasi.

Persoalan kedewasaan saat ini sudah tidak zaman jika diukur hanya dari garis usia, sebab banyak orang yang dituntut untuk lebih dewasa karena ada tekanan yang mengharuskan mereka harus benar kuat menghadapi kemungkinan-kemungkinan yang akan terjadi esok hari. Dari inilah mereka bisa memiliki mental baja yang kuat menahan segala rasa kegundahan.

Bagi kamu yang sedang berada dalam keadaan yang tidak baik-baik saja. Tidak ada jalan untuk menyesali waktu yang sudah terjadi dan kamu harus bangkit lagi. Kiranya artikel ini bisa menunjukkan seberapa besar kamu mempunyai mental yang baik. Baca hingga selesai, tips bagaimana memiliki mental yang kuat!

1. Suka memberi daripada menerima 

5 Tips Memiliki Mental yang Kuat, Pandai Mengatur Strategi! ilustrasi orang sedang mengajarkan sesuatu (pexels.com/Thirdman)

Peribahasa mengatakan bahwa, memberi lebih baik daripada menerima. Artinya, tangan di atas lebih baik daripada tangan di bawah. Daripada hanya mengharapkan sesuatu, orang yang memiliki mental yang kuat lebih menyukai memberikan sesuatu. Alasannya simpel, dengan memberi maka ada sebuah kebahagiaan tersendiri yang bisa ia  berikan ke orang lain.

Setelah memberikan sesuatu, dia lantas melupakannya agar tidak muncul pengharapan atas apa yang di berikan. Hal inilah yang membedakan mereka dengan orang lain. Dia tahu sebab ingin diberikan balasan atas apa yang dikasih akan menimbulkan kekecewaan yang luar biasa. Jadi, perbanyaklah memberi daripada menerima bantuan orang lain.

2. Syukuri apa yang ada 

5 Tips Memiliki Mental yang Kuat, Pandai Mengatur Strategi! ilustrasi seseorang yang memiliki permasalahan (pexels.com/Tim Gouw)

Tidak semua apa yang kamu dapatkan saat ini bisa dinikmati oleh orang lain. Terkadang kamu harus perbanyak melihat dirimu sendiri daripada membandingkan kehidupanmu di sisi orang lain yang kamu anggap kehidupannya lebih indah. Pahami bahwa di luar sana ada orang kekurangan dan membutuhkan pertolonganmu.

Jangan mudah merasa insecure dengan apa yang kamu punya. Syukuri atas setiap apa yang Tuhan berikan dan lebih bagusnya lagi berikan sedikit kebahagianmu dengan orang lain. Sebab orang yang bermental kuat akan selalu berlapang dada dan berbagai kebahagiaan dengan orang di sekitarnya.

3. Tidak terpaku oleh masa lalu 

5 Tips Memiliki Mental yang Kuat, Pandai Mengatur Strategi! ilustrasi orang memikirkan masa lalu (pexels.com/Alexx Green)

Hidup ini berbicara tentang hari ini dan masa depan, begitulah seorang motivator yang sering mengatakan motivasi kehidupan. Maknanya, masa lalu hanyalah kenangan dan kegagalan yang pernah terjadi. Bukan untuk disesali atau sampai ditangisi. Cukup ditengok saja dan mulai menatap ke arah depan sebagai tujuan yang akan kamu raih.

Jadikan masa lalu sebagai bahan pelajaran yang bisa membawamu untuk kuat dan bangkit lagi menyusuri jalan masa depan yang cerah. Orang yang bermental kuat menyadari bahwa tidak ada masa depan yang cerah secar instan. Perlu kerja keras, progres, dan keyakinan bahwa ia bisa melkannya. Jadi, tidak ada waktu yang sia-sia daripada memikirikan masa lalu yang tidak ada gunanya.

Baca Juga: 5 Tips untuk Mencegah Salah Paham pada Pasangan, Turunkan Ego!

4. Tidak minder dengan keberhasilan orang lain 

5 Tips Memiliki Mental yang Kuat, Pandai Mengatur Strategi! ilustrasi orang kelelahan belajar (pexels.com/Monstera)

Orang yang bermental kuat punya strategi dan sasaran yang ia akan selesaikan. Mereka tidak akan minder ataupun iri hati melihat kesuksesan dan pencapaian yang dimiliki oleh teman atau orang yang ada di sekitarnya. Mereka yang bermental kuat ketika dihadapkan pada hal demikian akan merasa tertantang dan bersemangat dengan tahapan yang mereka buat.

Bahkan, orang yang bermental kuat tidak segan untuk memberikan ucapan selamat dan ingin untuk berkolaborasi atau bekerjasama dalam membuat lingkungan kesuksesan. Tidak ada yang perlu dikhawatirkan sebab semua orang memiliki kadar pencapaian dan kebahagiaannya masing-masing.

5. Terbuka dengan kritikan 

5 Tips Memiliki Mental yang Kuat, Pandai Mengatur Strategi! ilustrasi orang yang mendapatkan kritikan (pexels.com/Diva Plavalaguna)

Kritik dan komentar yang siftnya membangun adalah hal yang disenangi oleh orang yang bermental baja. Baginya, kritikan tersebut sebagai pecutan dan saran agar dia dapat menjadi lebih baik ke depannya. Mereka tidak hanya bergaul dengan teman sebayanya melainkan juga terbuka dengan orang yang lebih tua bahkan lebih muda. Sebab pelajaran hidup tidak hanya dari teman sepantaran, melainkan bisa berasal dari orang yang berbeda usia.

Orang yang bermental kuat meyakini bahwa setiap langkah perjalanan yang ingin dicapai diiringi dengan saran yang membangun, nasihat yang bermakna dan doa-doa yang tulus  dari orang-orang sekitarnya. Perihal komentar pedas dan membuat down tidak akan menjadi penghalangnya mencapai kesuksesannya. Kembali lagi bahwa orang yang bermental kuat akan tahu posisi dan hal apa saja yang harus dan tidak ia lakukan.

Tak perlu segan meninggalkan hal apa saja yang bisa menghambat. Fokus ke depan, terus berlatih mengasah setiap kemampuan, berbuat baik kepada sesama. Maka, itu sudah lebih cukup untuk membangun mental yang kuat. Kuncinya hadapai dengan lapang dada dan bersyukur atas apa yang ada karena setipa manusia memiliki tolak ukur dan titik yang berbeda untuk mencapai kesuksesan.

Baca Juga: 5 Cara Hadapi Pasangan yang Gak Ada Empati, Efektif Bisa Mengubahnya! 

Qoni'ah Musallamah Photo Verified Writer Qoni'ah Musallamah

Jika ingin melihat dunia bacalah. Jika ingin diingat dunia menulislah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Wahyu Kurniawan

Berita Terkini Lainnya