Comscore Tracker

5 Cara Jitu Mengembalikan Konsentrasi Akibat Kewalahan Saat Bekerja 

Caranya mudah!

Pekerjaan di kantor seakan tidak pernah ada habisnya. Hal tersebut berpeluang besar membuatmu merasa kewalahan. Sebagai akibatnya, kamu menjadi sering mendadak lupa atau kehilangan konsentrasi di tengah kegiatan yang sedang kamu jalani, sehingga produktivitas kerja dapat menurun drastis.

Bagi kamu yang sedang mengalaminya, maka terdapat beberapa cara efektif dalam mengatasi susah konsentrasi di kantor. Apa saja? Berikut ulasannya!

1. Buat meja kerja senyaman mungkin

5 Cara Jitu Mengembalikan Konsentrasi Akibat Kewalahan Saat Bekerja ilustrasi meja kerja yang nyaman (unsplash.com/Ryan Yao)

Membuat meja kerja senyaman mungkin bisa menjadi cara yang jitu untuk mengembalikan mood saat bekerja. Ini bisa dilakukan dengan cara menghias meja kantor dengan hal-hal yang membuatmu lebih bahagia atau termotivasi.

Misalnya saja kamu memasang foto sang kekasih atau keluarga, menempelkan kata-kata penyemangat, atau menempatkab beberapa tanaman segar di meja. Kondisi kantor yang nyaman dapat membuat konsentrasi dan fokus bekerja meningkat.

2. Memikirkan satu hal pada satu waktu

5 Cara Jitu Mengembalikan Konsentrasi Akibat Kewalahan Saat Bekerja ilustrasi penyelesaikan pekerjaan (unsplash.com/Glenn Carstens-Peters)

Otak manusia mempunyai tingkat keterbatasan tertentu dalam memikirkan lebih dari satu hal dalam waktu yang sama. Kamu sebaiknya tidak memaksakan diri untuk melakukan beberapa tugas secara bersamaan, karena berakibat dengan pecahnya konsentrasi dan menurunkan produktivitas.

Kamu dapat mengatasinya dengan cara membuat sebuah daftar yang berisi dengan berbagai hal yang perlu dikerjakan. Kemudian kamu melakukan satu per satu dan setelahnya memberikan ceklis jika selesai menuntaskannya.

3. Memastikan untuk tidur yang cukup

5 Cara Jitu Mengembalikan Konsentrasi Akibat Kewalahan Saat Bekerja ilustrasi pria yang sedang tidur (unsplash.com/Tânia Mousinho)

Kurang tidur menjadi salah satu penyebab utama kenapa kamu sering lemot saat di kantor. Sama pentingnya seperti makan dan minum, kamu juga memerlukan tidur yang cukup agar dapat tetap semangat menjalankan kegiatan sehari-hari.

Agar memperoleh tidur yang berkualitas, kamar tidurmu juga harus kamu buat senyaman mungkin. Kamu bisa melakukannya dengan cara memastikan suhu ruang kamarmu ideal, cat tembok dengan warha yang tak terlalu mencolok, bebas dari suara gaduh, sampai dengan kualitas kasur dan sprei yang digunakan baik.

Baca Juga: 5 Cara Mudah Mengatasi Mood Swing, Mudah Dilakukan!

4. Rutin melakukan peregangan di sela jam kerja

5 Cara Jitu Mengembalikan Konsentrasi Akibat Kewalahan Saat Bekerja ilustrasi pria yang sedang berjalan (unsplash.com/Lindsay Henwood)

Kerjaan yang menumpuk bukan menjadi alasanmu untuk menghindari peregangan yang bisa dilakukan hanya semenit. Setelah beberapa jam menatap layar komputer, kamu sebaiknya meluangkan waktu sebentar untuk melakukan peregangan sederhana agar mata dan otot-otot menjadi rileks.

Cara ini cukup efektif dalam membantu mengatasi susah konsentrasi saat berada di kantor. Kamu dapat menggerak-gerakan kaki, bahu, kepala, dan tangan agar sirkulasi darah di tempat-tempat tersebut berjalan lebih lancar. Selain itu, kamu dapat berjalan santai di luar kantor untuk menghirup udara segar yang dapat membantu membuat tubuh dan pikiran menjadi lebih tenang.

5. Mengasah otak setiap hari

5 Cara Jitu Mengembalikan Konsentrasi Akibat Kewalahan Saat Bekerja ilustrasi papan catur (unsplash.com/Randy Fath)

Lemot yang disebabkan oleh penurunan fungsi kognitif otak sebenarnya menjadi bagian dari proses penuaan. Akan tetapi, menjaga kesehatan otak semenjak dini, bisa membantu dalam menangani masalah susah konsentrasi, baik ketika di kantor atau di mana pun saat bekerja.

Kamu bisa mengasah otak dengan cara mengisi teka-teki silang, bermain catur, menulis, dan lain sebagainya. Saat melakukan kegiatan yang mengharuskan berpikir lebih keras untuk mendapatkan solusi, dapat membantu mengasah otak supaya pikiranmu tetap tajam.

Lima cara efektif di atas bisa mengembalikan konsentrasi saat kewalahan kerja melanda. Mudah, bukan?

Baca Juga: 5 Tips Bila Ingin Lebih Bahagia, Caranya Mudah!

Ratna Herlina Photo Verified Writer Ratna Herlina

At least God's Plan is always much better than mine.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Wahyu Kurniawan

Berita Terkini Lainnya