Comscore Tracker

5 Cara Mencegah Burnout Akibat Pekerjaan, Perhatikan!

Dapat menenangkan pikiran juga

Umumnya banyak pekerja yang berhenti dari pekerjaan yang tidak disukainya dan mencari pekerjaan baru yang lebih menyenangkan agar tidak terus-menerus menderita job burnout. Namun, sesungguhnya mencari pekerjaan impian tidaklah semudah yang dibayangkan.

Bila kamu sedang dilanda kebimbangan tentang hal itu, maka mengubah pola pikir dan sudut pandang menjadi cara yang paling efektif untuk mencegah terjadinya burnout syndrome yang diakibatkan oleh pekerjaan. Apa saja cara yang bisa kamu lakukan untuk mencegah stres kerja? Berikut ulasannya.

1. Cari sisi positif dalam pekerjaan 

5 Cara Mencegah Burnout Akibat Pekerjaan, Perhatikan!ilustrasi pemikiran yang positif (unsplash.com/Nathan Dumlao)

Selama bekerja, tak mungkin kita tak pernah merasakan hal yang tak menyenangkan. Semenyebalkan apa pun pekerjaanmu, maka kamu bisa mengalihkannya pada hal yang kamu sukai.

Misalnya saja kamu sedang mengerjakan pekerjaan yang sulit, namun kamu tetap bahagia dengan melihat orang dari departemen lain terbantu karena apa yang sedang kamu kerjakan. Hal sederhana lainnya yang bisa kamu rasakan misalnya mendapatkan teman-teman kerja yang menyenangkan di tengah buruknya lingkungan kerja.

2. Berteman dengan rekan kerja

5 Cara Mencegah Burnout Akibat Pekerjaan, Perhatikan!ilustrasi teman kerja (unsplash.com/Austin Distel)

Tak melulu mendapatkan teman-teman yang menyenangkan di lingkungan kerja, kamu juga bisa mempunyai teman yang membuat stres karena pekerjaan. Oleh karena itu, menjadi hal yang penting untuk membangun hubungan yang erat dengan sesama rekan kerja.

Berteman dengan rekan kerja dapat memudahkanmu untuk membangun obrolan dan bercanda satu sama lain. Hal tersebut dapat membantumu dalam mengurangi stres supaya terhindar dari burnout syndrome.

3. Jaga keseimbangan hidup

5 Cara Mencegah Burnout Akibat Pekerjaan, Perhatikan!ilustrasi keluarga yang bahagia (unsplash.com/kabita Darlami)

Bila kamu telah berada dititik dimana pekerjaan terasa sangat menyebalkan, maka kamu bisa mencoba untuk menemukan kembali diri sendiri dari lingkungan sekitar, seperti keluarga dan teman-teman.

Orang terkasihmu pasti masih sangat menghargai kehadiranmu di tengah-tengah mereka. Selain itu, kamu dapat menjalankan hobi atau mencari kesenangan lainnya yang dapat membuat kamu bahagia.

Baca Juga: 7 Manfaat Olahraga Ringan di Kantor, Dapat Mengurangi Stres Lho!

4. Manfaatkan cuti 

5 Cara Mencegah Burnout Akibat Pekerjaan, Perhatikan!ilustrasi pria yang sedang liburan (unsplash.com/אפרת גמבש)

Bila burnout sedang melanda dan tak terhindarkan lagi, maka kamu bisa mencoba untuk beristirahat sejenak dari rutinitas pekerjaan yang sedang dijalani.

Kamu bisa mengambil cuti untuk berlibur demi mengalihkan perhatianmu sejenak dari kesibukan yang membuatmu stres. Kamu dapat menggunakan waktu cuti untuk “mengisi ulang” tenaga dan sekaligus menyegarkan pikiran yang sempat kacau dan tertekan.

5. Melakukan aktivitas fisik

5 Cara Mencegah Burnout Akibat Pekerjaan, Perhatikan!ilustrasi pria yang sedang bersepeda (unsplash.com/Flo Karr)

Di tengah-tengah pekerjaan yang menumpuk atau kamu sedang mengalami hari yang buruk di tempat kerja, kamu sebaiknya menyempatkan diri untuk melakukan aktivitas fisik. Hal ini misalnya saja bisa dilakukan dengan cara melakukan yoga atau meditasi yang bisa membuat pikiranmu menjadi tenang.

Kamu juga bisa sejenak menenangkan diri dengan cara bersepeda dan jalan-jalan di luar kantor untuk mencari udara segar. Lima cara di atas bisa kamu terapkan demi mencegah terjadinya burnout yang disebabkan oleh pekerjaan. Kamu pasti bisa melaluinya!

Baca Juga: 5 Jalan Hidup Menjadi Pribadi Ikhlas agar Stres Terlepas

Ratna Herlina Photo Verified Writer Ratna Herlina

At least God's Plan is always much better than mine.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Wahyu Kurniawan

Berita Terkini Lainnya