Comscore Tracker

5 Cara Mudah Menekan Pengeluaran, Bisa Menghemat Secara Maksimal!

Berhemat itu banyak untungnya

Banyak orang yang terkadang menghabiskan banyak uangnya untuk hal-hal yang tak penting. Padahal, membiasakan diri untuk berhemat sedari dini dapat menjadi kebiasaan yang baik.

Selain itu, menyisihkan dana untuk berhemat menjadi hal yang perlu dilakukan di masa yang semakin maju ini. Di lain sisi, masih banyak orang yang merasa kesulitan dalam mengatur keuangan, sehingga pengeluaran menjadi tak terkendali.

Namun tak perlu khawatir, karena berikut ini adalah beberapa cara efektif untuk menghemat uang supaya pengeluranmu tak membengkak. Mau tahu? Baca penjelasannya di bawah ini!

1. Menghindari nongkrong terlalu sering

5 Cara Mudah Menekan Pengeluaran, Bisa Menghemat Secara Maksimal!ilustrasi kafe (unsplash.com/daan evers)

Banyak orang yang menjadikan nongkrong atau hang out sebagai gaya hidup masa kini. Sebagian dari mereka biasanya adalah anak muda yang dengan mudah menghabiskan uangnya untuk nongkrong di kafe atau tempat makan baru setiap hari. Namun, hal ini bisa terjadi pada orang dewasa yang sering menghabiskan uangnya untuk makan siang ketika beristirahat sambil nongkrong di kafe atau restoran mahal.

Padahal terkadang tujuan nongkrong juga hanya untuk mencoba makanan baru atau pun ngobrol dalam waktu yang lama bersama teman. Untuk berhemat, kamu bisa mengantisipasnya dengan membatasi intensitas nongkrong atau ngopi mahal untuk menekan pengeluaran.

2. Menghindari membeli barang-barang tak perlu

5 Cara Mudah Menekan Pengeluaran, Bisa Menghemat Secara Maksimal!ilustrasi orang yang sedang mengendalikan pengeluaran (unsplash.com/Towfiqu barbhuiya)

Terkadang kita membeli barang karena barang tersebut menarik atau unik, tanpa memperdulikan fungsi atau manfaat dari barang tersebut. Hal ini menyebabkan uang yang harusnya digunakan untuk kepeluan lainnya habis untuk membeli barang yang tidak penting.

Kamu sebaiknya memulai menyaring pengeluaran yang memang diperlukan dan berusaha menghindari untuk membeli barang hanya karena barang tersebut unik. Kamu harus bijak dalam menilai sesuatu berdasarkan kegunaan yang sesuai dengan kebutuhan saat ini.

3. Selalu mengikuti tren

5 Cara Mudah Menekan Pengeluaran, Bisa Menghemat Secara Maksimal!ilustrasi item untuk dipakai saat hari raya (unsplash.com/NordWood Themes)

Mengikuti tren memang tak pernah ada habisnya dan sesuatu yang menjadi tren pasti tidak akan bertahan lama. Hal tersebut dikarenakan tren akan selalu berputar dan akan selalu ada tren terbaru.

Bila kamu menghabiskan uang untuk membeli barang yang trendi dalam jumlah yang besar, tentunya bukan menjadi kebiasaan yang tepat. Selain itu, perlu kamu ketahui bahwa mengikuti tren nisa membuat keuangan menjadi boros dan tidak hemat.

Baca Juga: 5 Cara Mengatur Keuangan supaya Gak Boros, Jangan Sampai Ngutang!

4. Perawatan tubuh

5 Cara Mudah Menekan Pengeluaran, Bisa Menghemat Secara Maksimal!ilustrasi produk skincare (unsplash.com/Valeriia Miller)

Tak hanya perempuan, banyak pria juga memerlukan perawatan untuk selalu membuat tubuhnya terawat dan tampak flawless. Bila perawatan tubuh dapat dilakukan di rumah, maka kamu disarankan untuk melakukannya dari rumah saja.

Daripada harus mengeluarkan uang lebih banyak untuk membayar perawatan, yang sebenarnya bisa dilakukan sendiri. Dengan melakukan hal ini, maka pengeluaran tidak akan terbuang banyak dan tentunya akan membuat pengeluaran lebih terkendali.

5. Koleksi

5 Cara Mudah Menekan Pengeluaran, Bisa Menghemat Secara Maksimal!ilustrasi pria yang sedang mencari baju (istockphoto.com/JackF)

Untuk berhemat, sebaiknya mulai sekarang kamu sebisa mungkin mengurangi untuk membeli barang-barang koleksi yang kurang bermanfaat. Menghabiskan uang untuk barang koleksi yang tidak mempunyai nilai investasi, hanya akan membuat pengeluaran semakin membengkak.

Kamu sebaiknya memastikan terlebih dahulu bahwa barang tersebut mempunyai nilai jual dan investasi yang baik. Hal ini bertujuan supaya uang yang dikeluarkan untuk membeli barang tersebut menguntungkan dimasa depan.

Beberapa cara mudah di atas, bisa kamu praktikkan untuk menekan pengeluaran. Mulai sekarang, kamu harus bijaksana dalam mengatur keuangan, ya! 

Baca Juga: 5 Karakter Khas Pria Jepang yang Bisa Menginspirasi Kamu, Perhatikan!

Ratna Herlina Photo Verified Writer Ratna Herlina

At least God's Plan is always much better than mine.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Wahyu Kurniawan

Berita Terkini Lainnya