Comscore Tracker

5 Kriteria Pasangan Hidup yang Bikin Kualitas Hubungan Jadi Sehat

 Yuk, praktikkan dengan pasangan!

Ketika memilih pasangan yang akan menjadi pendamping hidup selamanya, tentu kita mempunyai kriteria-kriteria tertentu. Bukan hanya soal kesamaan hobi, penampilan fisik, dan finansial yang stabil saja. Masih banyak hal-hal penting lainnya yang penting untuk dipertimbangan agar ke depannya kamu mendapatkan kualitas hubungan sehat. Tak hanya saling mencintai, namun juga saling melengkapi diperlukan dalam suatu hubungan.

Berikut ini adalah lima kriteria pasangan hidup yang bikin kualitas hubungan menjadi sehat yang bisa kamu terapkan bersama pasangan. Mau tahu apa saja? Baca pembahasannya di bawah ini sampai selesai!

1. Pentingnya melakukan komitmen 

5 Kriteria Pasangan Hidup yang Bikin Kualitas Hubungan Jadi Sehatilustrasi pasangan yang harmonis (unsplash.com/Kenny Eliason)

Cinta tak cuman memikirkan tentang perasaan, melainkan juga komitmen. Saat kamu dan pasangan sungguh-sungguh saling mencintai dan berkomitmen, maka kalian akan mengusahakan segala upaya demi hubungan kalian.

Umumnya komitmen juga diiringi dengan mempunyai prinsip dan tujuan hidup yang jelas. Oleh karena itu, kamu mencoba untuk menemukan kualitas yang demikian dari calon pasanganmu.

2. Kematangan emosional 

5 Kriteria Pasangan Hidup yang Bikin Kualitas Hubungan Jadi Sehatilustrasi pasangan yang harmonis (unsplash.com/Jonas Weckschmied)

Setiap orang memiliki kekurangan dan beban emosional, sehingga mencari kesempurnaan akan membuahkan kesia-siaan. Kamu seharusnya menemukan dalam diri pasangan suatu kedewasaan emosional. 

Hal ini berarti seseorang yang berkemauan berpikir dan belajar tentang diri mereka sendiri, berkomitmen untuk tidak mau melakukan kesalahan yang sama, dan ingin berkembang. Ia juga tak membiarkan emosi sesaat mengatur tindakannya. Selain itu, ia harus mandiri dan percaya diri, dalam artian tidak menuntut kamu untuk memperbaiki atau menyelesaikan masalahnya.

3. Keterbukaan satu sama lain 

5 Kriteria Pasangan Hidup yang Bikin Kualitas Hubungan Jadi Sehatilustrasi pasangan yang harmonis (unsplash.com/Joanna Nix-Walkup)

Komunikasi menjadi salah satu hal yang paling penting dalam menjalin hubungan. Komunikasi yang baik tentu akan menghasilkan kualitas hubungan yang baik pula. Apa pun masalah yang sedang menerpa dirimu, maka kamu harus terbuka dengan pasanganmu. 

Dalam artian agar tidak terjadi kesalahpaham, pertengkaran, atau bahkan perpisahan. Bila kamu mendiskusikan masalahmu dengan pasangan, maka bisa jadi kalian akan menemukan solusi yang terbaik. 

Baca Juga: 5 Cara Bertengkar dengan Pasangan Secara Sehat, Catat Bro! 

4. Menghormati pasangan

5 Kriteria Pasangan Hidup yang Bikin Kualitas Hubungan Jadi Sehatilustrasi pasangan yang harmonis (unsplash.com/Priscilla Du Preez)

Sama halnya dengan teman atau sahabat baik, pasangamu perlu kamu hargai dan juga hormati. Rasa saling menghargai akan membuat hubungan menjadi sehat dan terjalin dengan baik.

Saat kamu menemukan seseorang yang dapat membuatmu menjadi diri sendiri, maka kamu tak hanya merasa aman dalam hubungan tersebut, namun juga mengembangkan kemandirian. Mempunyai hubungan yang saling menghargai dan mendukung kemampuan diri, bisa menjadikanmu dan pasangan tidak kehilangan jati diri dan bergantung pada pasangan.

5. Pentingnya mempunyai empati

5 Kriteria Pasangan Hidup yang Bikin Kualitas Hubungan Jadi Sehatilustrasi pasangan yang harmonis (unsplash.com/Chermiti Mohamed)

Empati adalah tentang mendengarkan, mendalami serta mempelajari apa yang kamu rasakan. Mempunyai pasangan dengan rasa empati menjadi hal yang penting untuk kualitas hubungan kalian dan juga orang-orang di sekitar. Hubungan yang sehat seharusnya tak hanya bermanfaat bagi orang yang menjalin relasi, melainkan juga teman-teman, keluarga, dan lingkungan di sekelilingnya.

Nah, itulah kriteria pasangan hidup yang membuat kualitas hubungan menjadi sehat. Tentu kamu menginginkan pasangan hidup untuk selamanya, kan?

Baca Juga: 5 Tips Merespons Pasangan yang Belum Mampu Bersikap Dewasa

Ratna Herlina Photo Verified Writer Ratna Herlina

At least God's Plan is always much better than mine.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Wahyu Kurniawan

Berita Terkini Lainnya