Comscore Tracker

5 Tanda Kamu Harus Mengakhiri Hubungan, Tak Ada Kejelasan!

Saatnya untuk mengakhiri hubungan yang terasa hambar

Perjalanan hubungan asmara tak selalu mulus. Pada awal hubungan biasanya akan terasa membahagiakan. Namun, di pertengahan jalan bisa jadi hubungan terasa berbeda dengan mulai banyaknya konflik.

Banyak hal dari pasangan yang tidak bisa diterima, seperti kebiasaannya, hobinya, hingga sifat-sifat buruknya. Saat sudah berdiskusi yang bertujuan memperbaiki hubungan malah tak berjalan lancar, maka bisa jadi perpisahan menjadi jalan terbaik, dari pada terus menerus saling menyakiti. Berikut beberapa tanda kamu harus mengakhiri hubunganmu bersama pasangamu.

1. Dikhianati 

5 Tanda Kamu Harus Mengakhiri Hubungan, Tak Ada Kejelasan!ilustrasi hati yang retak (istockphoto.com/Valentina Shilkina)

Jika dalam perjalanan hubungan asmara salah satu dari kalian pernah mengkhianati, maka sebaiknya kalian mengintropeksi diri. Bisa jadi memang kesalahan dari kedua belah pihak yang kurang perhatian atau sibuk dengan dunianya sendiri.

Namun, bila kamu sudah memberikan maaf dan ia masih mengulangi kesalahan yang sama, maka bisa jadi itu bukan kesalahanmu melainkan memang hal tersebut telah menjadi sifat buruk yang ia miliki.

Bila kamu berada dalam kondisi seperti ini, maka sebaiknya kamu segera mengakhiri hubungan. Hal ini supaya kamu tak menyakiti dirimu sendiri dan mengorbankan perasaanmu untuk kembali dengan berbagai pengkhianatan yang mungkin akan berulang.

2. Hubungan yang terasa hambar 

5 Tanda Kamu Harus Mengakhiri Hubungan, Tak Ada Kejelasan!ilustrasi pasangan yang bertikai (istockphoto.com/Charday Penn)

Hubungan yang terasa hambar ibarat seperti masakan yang tak diberi bumbu. Tentu saja tidak ada rasanya dan tidak terasa enak. Hubungan yang seperti ini membuat kamu bertanya-tanya, karena kamu tak merasakan bahagia dan kamu pun juga tak merasakan kesedihan. 

Terkadang, ada juga pasangan yang hanya bertengkar dan tak menemukan solusi dari segala pertikaan yang ada, yang malahan menimbulkan toxic relationship. Bila memang ini yang terjadi, maka sebaiknya kamu berpisah dan mungkin kalian bisa menjalin pertemanan saja. 

3. Kehilangan kepercayaan

5 Tanda Kamu Harus Mengakhiri Hubungan, Tak Ada Kejelasan!ilustrasi pasangan yang bertikai (istockphoto.com/PeopleImages)

Dalam hubungan asmara, kepercayaan menjadi komponen penting dalam mempertahankan dan memperkuat hubungan. Apalagi bagi kamu yang sedang menjalankan LDR. 

Namun, jika di antara kalian sudah kehilangan kepercayaan, maka bisa jadi tidak ada yang perlu dipertahankan. Jika salah satu di antara kalian bersikukuh mempertahankan hubungan, yang ada malah konflik yang berkepanjangan. Hubungan yang seperti ini, malah berpotensi besar untuk menyakiti satu sama lain.

Baca Juga: 10 Cara Meminta Maaf kepada Pacar, Buktikan dengan Tindakan

4. Hubungan yang tidak sehat

5 Tanda Kamu Harus Mengakhiri Hubungan, Tak Ada Kejelasan!ilustrasi pasangan yang bertikai (istockphoto.com/fizkes)

Tujuan dari membangun hubungan asmara adalah untuk kebahagiaan bersama. Namun, bila kamu terjebak dalam hubungan yang tidak sehat dan tidak membuatmu bahagia, maka kamu sebaiknya harus melepaskan diri dari hubungan ini.

Misalnya saja kamu mengalami beberapa kekerasan fisik atau pelecehan verbal yang membuat fisik dan mentalmu merasa lelah. Jika kamu meneruskan hubungan tersebut, maka bisa jadi psikis kamu yang akan terganggu.

5. Tidak mempunyai kejelasan

5 Tanda Kamu Harus Mengakhiri Hubungan, Tak Ada Kejelasan!ilustrasi pasangan yang bertikai (istockphoto.com/PeopleImages)

Setiap hubungan yang sehat, selalu mengarah pada pernikahan. Bagi yang sudah menikah, tentu ingin mewujudkan hubungan yang saling membahagiakan, percaya, dan juga saling membutuhkan.

Namun, jika pasanganmu tak pernah memiliki pemikiran untuk menjalin hubungan lebih serius, maka sebaiknya kamu meninggalkannya. Sedangkan, bagi kamu yang telah menikah, bila kamu dan dia tak memiliki goal dalam hubungan, maka kamu bisa membicarakannya dan mendiskusikannya bersama.

Misalnya saja membicarakan tentang mempunyai anak, membangun rumah bersama, atau mendirikan bisnis bersama. Akan tetapi, bila dia hanya memikirkan diri sendiri dan tidak ingin diganggu dengan kehidupannya, maka saatnya kamu berpikir untuk meninggalkannya.

Nah, beberapa tanda di atas bisa membuatmu berpikir untuk mengakhiri hubungan. Karena menjalin hubungan yang tak jelas, hanya akan membuang-buang waktumu saja.

Baca Juga: 5 Hal yang Wajib Dimiliki oleh Pria Sejati sebelum Memutuskan Menikah

Ratna Herlina Photo Verified Writer Ratna Herlina

At least God's Plan is always much better than mine.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Wahyu Kurniawan

Berita Terkini Lainnya