Comscore Tracker

5 Tips Menyusun Rencana agar Mencapai Target, Harus Realistis! 

Rencana tak hanya jadi wacana

Setiap manusia tentu mempunyai rencana dalam hidupnya. Untuk mencapai target yang direncanakan, maka perlu beberapa cara yang jitu agar terwujud. Tak hanya untuk urusan yang penting atau besar saja, kita dapat pula membuat rencana untuk hal-hal yang sederhana. Mulai dari kegiatan saat akhir pekan, rencana berwisata, rencana perjalanan, dan masih banyak lagi.

Untuk membuat rencana sesuai dengan keinginan, berikut ini adalah lima tips yang bisa dilakukan. Yuk, disimak sampai selesai!

1. Tentukan target atau tujuan 

5 Tips Menyusun Rencana agar Mencapai Target, Harus Realistis! ilustrasi pria yang akan membidik target (unsplash.com/Annie Spratt)

Sebelum merencanakan sesuatu, kita terlebih dahulu harus menetapkan target atau tujuan kita. Hal tersebut karena rencana merupakan langkah-langkah yang akan kita lakukan dalam mendapatkan suatu tujuan.

Target atau tujuan yang ingin kita raih akan berpengaruh terhadap rencana yang kita buat. Jika dari awal tujuan tidak jelas, maka kita juga akan mengalami kesulitan saat membuat rencana.

2. Memahami kemampuan diri 

5 Tips Menyusun Rencana agar Mencapai Target, Harus Realistis! ilustrasi pria yang memahami kemampuannya (unsplash.com/Ian Stauffer)

Saat memastikan tujuan dan membuat rencana, kita harus memahami dan mengerti kemampuan diri sendiri. Kita disarankan membuat tujuan dan rencana yang realistis yang disesuaikan dengan kemampuan kita.

Sebaiknya menghindari membuat tujuan atau rencana yang tak bisa kita lakukan. Hal yang telah kita tahu bahwa kita tak bisa melakukannya malah berpotensi membuat rencana hanya menjadi wacana karena tak dapat kita raih.

3. Menyusun rencana dengan jelas

5 Tips Menyusun Rencana agar Mencapai Target, Harus Realistis! ilustrasi penyelesaikan pekerjaan (unsplash.com/Glenn Carstens-Peters)

Bila kita ingin mewujudkan rencana kita, maka kita wajib menyusun rencana dengan jelas. Semakin jelas rencana yang kita buat, maka akan semakin memudahkan kita untuk melalui beberapa tahapan.

Kita harus memastikan langkah-langkah yang akan kita lakukan dengan rinci dan teliti, agar tidak mengalami kesulitan ketika merealisasikannya. Jika perlu kita juga membuat list apa saja rencana kita dan kemudian memberikan tanda keberhasilan saat sukses menyelesaikannya.

Baca Juga: 9 Rekomendasi Gombalan Maut untuk PDKT, Bikin Baper! 

4. Membuat skala prioritas

5 Tips Menyusun Rencana agar Mencapai Target, Harus Realistis! ilustrasi membuat skala prioritas (unsplash.com/David Iskander)

Ketika menyusun langkah-langkah dalam rencana, maka akan lebih baik saat kita membuat skala prioritas dengan menentukan mana yang paling penting dan mana yang tidak penting.

Dengan begitu, kita dapat mengetahui dan kemudian menghilangkan urusan yang tidak penting agar tidak mengganggu atau menghambat urusan lainnya yang lebih penting. Membuat skala prioritas juga memudahkan kita untuk mencapai target lebih mudah dan cepat.

5. Selalu evaluasi

5 Tips Menyusun Rencana agar Mencapai Target, Harus Realistis! ilustrasi pria yang sedang melakukan evaluasi (unsplash.com/Scott Graham)

Kita manusia hanya dapat berencana namun belum tentu dapat meraihnya karena kenyataan tidak selalu berbanding lurus dengan rencana kita. Hal tersebut membuat kita harus selalu melakukan evaluasi mengenai rencana kita.

Apakah telah berjalan dengan baik atau masih perlu memperbaiki aspek tertentu?Selain itu, kita juga perlu untuk membuat rencana alternatif atau rencana cadangan bila rencana utama kita tidak berjalan sesuai dengan rencana.

Demikian lima tips yang dapat kita lakukan ketika membuat sebuah rencana. Tips ini bisa kita praktikkan untuk membuat segala rencana dalam berbagai urusan.

Baca Juga: 5 Perilaku Buruk yang Bikin Kamu Dijuluki Lelaki Lemah, Perbaiki!  

Ratna Herlina Photo Verified Writer Ratna Herlina

At least God's Plan is always much better than mine.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Wahyu Kurniawan

Berita Terkini Lainnya