Comscore Tracker

5 Tips Tingkatkan Motivasi Diri untuk Capai Target yang Diinginkan 

Kamu bisa, bila konsisten!

Setiap orang biasanya mempunyai caranya sendiri dalam membuat dirinya termotivasi, untuk setiap pekerjaan yang ia lakukan. Walaupun terkadang tidak mudah untuk meningkatkan motivasi dalam mencapai target hidup, namun sesungguhnya banyak hal yang bisa dilakukan.

Kamu hanya perlu melakukannya secara konsisten dan percaya bahwa dengan usaha, kamu bisa mencapainya. Berikut adalah beberapa tips yang dapat meningkatkan motivasimu untuk mencapai hal yang kamu inginkan.

1. Imbalan tak boleh selalu menjadi patokan 

5 Tips Tingkatkan Motivasi Diri untuk Capai Target yang Diinginkan ilustrasi uang dolar (unsplash.com/Kostiantyn Li)

Dalam banyak pekerjaan, imbalan kerap kali menjadi motivasi dalam melakukan berbagai hal. Misalnya saja ketika seseorang mencapai target dalam suatu penjualan, mereka akan mendapatkan banyak bonus. Contoh lainnya ketika seseorang dapat menyelesaikan suatu projek, maka ia akan dipromosikan jabatannya.

Imbalan menjadi suatu hal yang cukup efektif dalam membuat motivasi seseorang meningkat. Namun, apakah hal tersebut baik untuk dijadikan alasan dalam setiap motivasi yang mereka lakukan? Tentunya tak selalu benar, jangan sampai kamu ketergantungan dengan suatu imbalan tertentu, karena tidak akan membuat diri kamu lebih berkembang.

2. Cobalah untuk menantang diri sendiri 

5 Tips Tingkatkan Motivasi Diri untuk Capai Target yang Diinginkan ilustrasi menantang diri sendiri (unsplash.com/Kristopher Roller)

Tantangan dapat menjadi salah satu hal yang bisa meningkatkan motivasimu untuk mencapai suatu hal. Ketika menemui  sebuah tugas yang mudah, yang mana telah kamu kerjakan ratusan atau bahkan ribuan kali dan kamu tak menemukan kesulitan apa pun ketika mengerjakannya, maka bukan tidak mungkin motivasimu akan mengalami penurunan. Bahkan yang terparah, kamu akan malas mengerjakannya. 

Untuk mengantisipasinya, kamu bisa mencoba untuk keluar dari zona nyaman dan menemukan motivasi baru. Hal ini dilakukan supaya kamu memperoleh pengalaman dan hasil yang baru yang mungkin bisa kamu sukai nantinya.

3. Jangan hanya membayangkan kesuksesan saja 

5 Tips Tingkatkan Motivasi Diri untuk Capai Target yang Diinginkan ilustrasi pria yang sedang tidur (unsplash.com/Tânia Mousinho)

Hanya membayangkan kesuksesan di masa yang akan datang tanpa berusaha melakukannya ibarat mimpi disiang bolong. Hal tersebut malahan menghasilkan pencapaian yang buruk.

Kemudian apa yang sebaiknya dilakukan? Alih-alih hanya membayangkan, sebaiknya kamu memanfaatkan waktu, pikiran, dan tenaga untuk membuat strategi dan perencanaan yang matang untuk memperoh target yang diinginkan. Dengan demikian, energi dan pikiranmu terpusat untuk memikirkan langkah apa yang akan dilakukan selanjutnya.

Baca Juga: 5 Cara Mencegah Burnout Akibat Pekerjaan, Perhatikan!

4. Fokus pada proses, jangan terpaku dengan hasil yang akan diperoleh 

5 Tips Tingkatkan Motivasi Diri untuk Capai Target yang Diinginkan ilustrasi pekerjaan yang fokus pada proses (unsplash.com/Patrick Perkins)

Seseorang yang terfokus hanya pada targetnya, tanpa meninjau bagaimana proses yang baik, malahan cenderung mempunyai pemikiran yang sempit dan tak berkembang. Mereka akan cenderung merasa kesulitan untuk menemukan cara-cara baru dalam memperoleh tujuan dan target yang ingin mereka capai.

Ha ini berdampak pada ruang gerak mereka yang terbatas, sehingga kegagalan bisa menimpa di kemudian hari. Lalu apa yang harus dilakukan? kamu sebaiknya menyingkirkan pemikiran sempit yang seperti demikian. Tak hanya berfokus pada hasil, kamu juga dapat mempelajari bagaimana suatu target dapat tercapai. Dengan begitu, kamu tahu cara yang tepat untuk menghasilkan sesuatu hal yang lebih baik dan efektif dalam mewujudkan target.

5. Jadikan perjalanan itu menyenangkan

5 Tips Tingkatkan Motivasi Diri untuk Capai Target yang Diinginkan ilustrasi motivasi perjalanan yang menyenangkan (unsplash.com/Clemens van Lay)

Jika kamu menyukai suatu pekerjaan yang bahkan menjadi hobi, maka kamu akan melalui permainan yang luar biasa. Sebosan-bosannya kamu dengan hobi atau hal yang kamu sukai, maka kamu akan tetap kembali ke tempat semula, yang dalam arti kamu akan terus melakukannya.

Namun, hal tersebut berbalik bila kamu membuatnya terlalu serius. Terdapat kemungkinan besar hal tersebut akan mulai membawa beban emosional yang berat dan kamu justru akan kehilangan motivasi untuk mencapai target.

Nah, itulah beberapa tips dalam meningkatkan motivasi diri untuk mencapai target yang diinginkan. Kamu pasti bisa bila konsisten!

Baca Juga: 5 Hal yang Membuat Ketegaran Seorang Cowok Runtuh, Mudah Menangis!

Ratna Herlina Photo Verified Writer Ratna Herlina

At least God's Plan is always much better than mine.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Wahyu Kurniawan

Berita Terkini Lainnya