Comscore Tracker

Bro, 10 Sikap Ini Wajib Kamu Miliki agar Layak Disebut Gentleman 

Bukan cuma tampan dan mapan

Sebenarnya, gentleman itu sikap yang bagaimana sih ? Apakah indikatornya diukur dari ketampanan dan kemapanan semata? Berikut ini uraian sepuluh sikap yang wajib dimiliki seorang pria agar pantas disebut gentleman.

1. Terhormat 

Bro, 10 Sikap Ini Wajib Kamu Miliki agar Layak Disebut Gentleman unsplash.com/hardinidwi

"Gentleman is a man of honour."

Sikap terhormat seorang gentleman dapat dilihat dari caranya berbicara, bersikap, dan bergaul. Gentleman sangat mengenal dirin, tujuan hidup, dan apa keinginannya.

Dia gak punya waktu untuk bergosip membicarakan keburukan orang lain. Sebab, ia memahami setiap manusia mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing dan ia tahu cara menghargainya.

2. Pemberani 

Bro, 10 Sikap Ini Wajib Kamu Miliki agar Layak Disebut Gentleman unsplash.com/Angelo Pantazis

Sikap pemberani gak melulu tentang berkelahi. Pria yang sering tawuran belum tentu bisa disebut gentleman. Sikap pemberani lain yang wajib dimiliki gentleman adalah berani menyuarakan pendapat. Pria yang selalu no comment bisa menunjukkan kesan kurang cerdas. Sementara, gentleman selalu punya pandangan terhadap suatu hal.

Meskipun ia tahu pendapatnya berlawanan dengan kebanyakan orang, dia gak akan takut bersuara. Sebab, setiap pemikirannya lahir dari nilai-nilai yang ia yakini. He will do what he wants to do, bukan hanya untuk menyenangkan orang lain.

3. Berpikir sebelum bertindak 

Bro, 10 Sikap Ini Wajib Kamu Miliki agar Layak Disebut Gentleman unsplash.com/bruce mars

Bersikap gentleman berarti gak ceroboh dan grasak-grusuk. Sebelum bertindak, ia tentu telah mempelajari dan merencanakan tindakannya dengan matang. Sikap dan keputusan yang diambil akan ia pertimbangkan dengan saksama.

Ia memahami bahwa setiap tindakan diikuti dengan konsekuensi masing-masing sehingga penting untuk memikirkan baik, buruk, dan dampak dari keputusannya untuk diri sendiri dan orang lain. Sebab, seorang pria gentleman pantang menyesali keputusannya.

4. Menyeimbangkan fisik dan mental 

Bro, 10 Sikap Ini Wajib Kamu Miliki agar Layak Disebut Gentleman unsplash.com/lopezrobin

Gentleman bukan hanya soal badan berotot dan perut rata doang. Rutin fitness gak serta-merta membuat kamu menjadi gentleman. Gentleman menyadari kesehatan mental berpengaruh besar pada hidupnya.

Seorang pria gentleman harus bisa mengontrol emosinya dalam semua situasi. Sikap ini hanya bisa dilakukan bila pikirannya dalam keadaan baik. Maka dari itu, keseimbangan fisik dan mental adalah kunci utamanya.

5. Memanfaatkan waktu untuk belajar hal baru

Bro, 10 Sikap Ini Wajib Kamu Miliki agar Layak Disebut Gentleman unsplash.com/@craftedbygc

Bila pria lain mengisi waktu kosong dengan sepenuhnya bermain game, gentleman lebih memilih untuk meningkatkan kemampuan dan pengetahuannya. Menjadi gentleman bukan berarti gak boleh bermain game, lho. Hanya saja, ia tahu bagaimana membagi waktu kosong.

Gentleman tahu bahwa dunia ini sangat luas dan masih banyak yang bisa ia eksplorasi. Hal ini bisa menjadi jalan untuk mengenali potensi terpendam yang dimiliki. Belajar hal baru juga menambah pengalaman yang bisa diceritakan di kemudian hari.

Baca Juga: 5 Alasan Masuk Akal Mengapa Kamu Harus Menghindari Kebiasaan Berutang

6. Nyaman menjadi diri sendiri 

Bro, 10 Sikap Ini Wajib Kamu Miliki agar Layak Disebut Gentleman unplash.com/@christianbuehner

Gak ada yang namanya standar kebahagiaan di dunia ini karena setiap orang merasakannya berbeda. Namun, hal dasar untuk merasa bahagia adalah menjadi diri sendiri. Seorang pria gentleman tahu siapa dirinya dan apa tujuan hidupnya. Semua yang ia miliki, kelebihan, dan kekurangannya menjadikan ia pribadi yang percaya diri.

Gentleman gak menyamakan dirinya dengan orang lain, apalagi memakai topeng untuk menutupi dirinya. Sikap menerima ini bisa menjadi motivasi untuk selalu memberikan yang terbaik untuk diri sendiri.

7. Konsisten dan berkomitmen 

Bro, 10 Sikap Ini Wajib Kamu Miliki agar Layak Disebut Gentleman unsplash.com/@matheusferrero

Sikap dan sifat konsisten adalah salah satu indikator seseorang memiliki integritas. Sementara, gentleman sudah pasti harus berintegritas tinggi. Gentleman gak pernah mengumbar janji palsu. Setiap ucapannya dibuktikan dengan tindakan. Jika ia mengatakan akan berhenti merokok, ia akan benar-benar melakukannya walaupun butuh usaha keras.

Begitu juga dalam sebuah hubungan asmara, sekali pria gentleman berkomitmen menjalani hubungan dengan seorang perempuan, ia akan setia dan menjalaninya dengan sepenuh hati, bukan hanya cinta di awal aja, Guys. Selain dalam kehidupan pribadi, sikap ini juga sangat diperlukan di dunia profesional.

8. Punya etika 

Bro, 10 Sikap Ini Wajib Kamu Miliki agar Layak Disebut Gentleman unplash.com/@matheusferrero

Sebagai makhluk sosial, tentunya manusia gak bisa memutus interaksi dengan orang lain. Itulah pentingnya menjunjung etika dan norma dalam kehidupan bermasyarakat. Etika mencerminkan kepribadian seseorang. Pria gentleman bersikap baik bukan karena ia ingin diperlakukan dengan cara yang sama oleh orang lain, melainkan karena nilai-nilai hidup yang ia anut. Contoh kecil yang harus dimiliki pria gentleman adalah bersifat humanis dengan membiasakan diri mengucapkan kata-kata, seperti maaf, tolong, dan terima kasih.

Selain itu, seorang pria pantas disebut gentleman bila ia tahu cara bersikap sesuai tempat dan kondisinya. Sebagai tambahan, membukakan pintu dan mempersilakan orang lain berjalan duluan juga etika seorang gentleman. Sikap ini gak melulu hanya dilakukan kepada perempuan, kamu juga bisa melalukannya kepada teman sesama pria.

9. Mau mengakui kesalahan 

Bro, 10 Sikap Ini Wajib Kamu Miliki agar Layak Disebut Gentleman unplash.com/@taychilla

Gak ada seorang pun yang mau berbuat salah terlebih lagi disalahkan. Namun, sebagai makhluk yang tidak sempurna, wajar bila manusia melakukannya. Yang membedakan adalah sikap mengakui kesalahan tersebut karena gak semua orang berani melakukannya.

Seorang gentleman gak pernah malu mengakui kesalahannya dan juga tidak gengsi untuk meminta maaf. Justru, kesalahan ini ia jadikan pelajaran agar gak terulang lagi di masa yang akan datang.

10. Menerima kekalahan 

Bro, 10 Sikap Ini Wajib Kamu Miliki agar Layak Disebut Gentleman unplash.com/@jtylernix

Gak ada yang salah dengan kegagalan, tapi akan menjadi salah jika kamu gak mau mencoba lagi. Setidaknya, itulah salah satu nilai hidup seorang gentleman. Misalnya ia kalah dalam kompetisi. Ia gak malu untuk bersalaman mengucapkan selamat kepada lawannya. Sikap ini bukti bahwa ia dewasa dan berlapang dada.

Dari uraian ini, kita bisa menarik kesimpulan bahwa pria gentleman gak dilihat dari penampilan fisiknya aja, melainkan dibuktikan dengan sikap dan tindakan. Jadi, apa kamu pantas disebut gentleman?

Baca Juga: 5 Kebiasaan Bertengkar yang Berisiko Merusak Hubungan Pernikahanmu

Ratumas Ovvy Photo Verified Writer Ratumas Ovvy

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya