Comscore Tracker

5 Hobi Pria yang Tanpa Disadari Bikin Kantong Jebol, Waspada Bro!

Jangan sampai kebablasan jika memiliki hobi ini ya, bro!

Pria dan hobi memang tak bisa dipisahkan. Setiap pria setidaknya memiliki hobi yang bisa membuatnya lebih bersemangat dalam menjalani berbagai aktivitas. Namun tanpa disadari terkadang hobi yang dimiliki seorang pria bisa membuat kantong jebol.

Biasanya seorang pria memang cenderung memiliki hobi yang relatif lebih mahal dibanding perempuan. Seorang pria lebih suka membeli satu barang yang langsung mahal. Berbeda dengan perempuan yang biasanya hobi membeli barang yang relatif terjangkau namun jumlahnya banyak.

Nah, agar kantong kamu gak jebol karena kebablasan menekuni hobi, di bawah ini ada lima hobi yang ternyata tanpa disadari bisa membuat kantong jebol. Jadi, kamu bisa lebih hati-hati mengeluarkan uang untuk memenuhi kebutuhan akan hobi. Simak, bro!

1. Hobi merokok

5 Hobi Pria yang Tanpa Disadari Bikin Kantong Jebol, Waspada Bro!Ilustrasi larangan merokok (unsplash/JJ Shev)

Tak sedikit pria yang kecanduan akan rokok. Rasanya di lidah jika tidak merokok ada yang kurang. Meski harganya relatif tidak semahal membeli barang-barang hobi lain, namun hobi merokok yang bisa bikin kecanduan ternyata bisa menghabiskan cukup banyak uang. Karena seorang pria yang hobi merokok bisa setiap hari menghabiskan rokoknya, dan biaya untuk rokok jika ditotal dalam sebulan cukup membuat kantong jebol.

Jika kamu merasa hobi merokok menjadi salah satu yang membuat kantong jebol, kamu bisa berusaha mengurangi rokok. Sedikit demi sedikit tidak masalah, yang penting kamu bisa lebih berhemat. Nanti lama-lama kamu bisa terbiasa mengurangi rokok secara drastis.

2. Hobi main game online

5 Hobi Pria yang Tanpa Disadari Bikin Kantong Jebol, Waspada Bro!Ilustrasi pria sedang main gim online (unsplash/Sean Do)

Perkembangan teknologi memang semakin maju, sehingga memudahkan kita dalam bermain game online. Permainan video game online terasa menyenangkan karena kita bisa berinteraksi secara langsung dengan pemain gim lain dari berbagai negara.

Jika sudah kecanduan game online, biasanya kamu tak ragu untuk membeli berbagai macam kebutuhan game yang berbayar. Mulai dari voucher game, skin, senjata, sampai karakter game yang nilainya juga gak sedikit.

Bermain game dengan membeli berbagai macam perlengkapannya tentu boleh-boleh saja. Namun jangan sampai kebutuhan pokok kamu jadi terbengkalai karena uangnya terpakai untuk membeli keperluan game. Utamakan pengeluaran untuk kebutuhan pokok dulu ya, Bro!

3. Hobi update gadget terbaru

5 Hobi Pria yang Tanpa Disadari Bikin Kantong Jebol, Waspada Bro!Ilustrasi gadget terbaru (unsplash/Daniel Romero)

Mengikuti perkembangan teknologi memang gak ada habisnya. Beberapa minggu setelah sebuah gadget terbaru diluncurkan, selalu muncul gadget keluaran terbaru lagi yang memiliki performa lebih baik. Jika kamu hobi mengikuti perkembangan gadget ini, juga bisa membuat kantong kamu jebol.

Gak ada salahnya untuk mengikuti perkembangan teknologi. Namun hal yang harus kamu ingat adalah dengan menahan diri untuk tidak langsung update gadget terbaru.

Kamu bisa melihat terlebih dahulu spesifikasi gadget keluaran terbaru yang kamu temukan. Lalu perhatikan seberapa jauh peningkatannya dengan gadget yang kamu pakai saat ini. Jika tidak terlalu jauh, kamu bisa bersabar dulu untuk tidak buru-buru update gadget keluaran terbaru.

Selain itu kamu juga bisa menyesuaikan spesifikasi gadget keluaran terbaru dengan kebutuhanmu. Jika ternyata teknologi gadget keluaran terbaru itu tidak terlalu kamu butuhkan dalam aktivitas sehari-hari, maka kamu bisa menunda dulu untuk update gadget.

Baca Juga: 7 Hobi Cowok yang Bikin Cewek Kesengsem, Catat Bro!

4. Hobi otomotif

5 Hobi Pria yang Tanpa Disadari Bikin Kantong Jebol, Waspada Bro!Ilustrasi pria hobi otomotif (unsplash/Tyler Nix)

Hobi otomotif memang bukan hal yang murah. Beberapa pria merasa hobi otomotif juga bisa menghasilkan keuntungan karena pada mobil-mobil klasik dan langka ada nilai investasinya jika dijual kembali. Namun, jangan sampai saat kamu berniat membeli mobil klasik untuk investasi, kamu justru jadi merasa enggan menjual kembali mobil tersebut karena terlalu sayang terhadap mobilnya. Sehingga bukannya menjual kembali mobil yang kamu miliki, justru kamu memiliki keinginan untuk menambah mobil baru padahal mobil sebelumnya belum terjual.

Alangkah baiknya kamu membatasi dana untuk hobi otomotif ini, dan kamu harus disiplin dengan dana tersebut. Misalnya, kamu mematok dana untuk hobi otomotif sebesar Rp500 juta saja, maka jangan sampai mengeluarkan uang lebih dari itu untuk membeli kebutuhan hobi otomotif kamu.

5. Hobi mengikuti tren fashion

5 Hobi Pria yang Tanpa Disadari Bikin Kantong Jebol, Waspada Bro!Ilustrasi barang-barang fashion pria (unsplash/David Lezcano)

Tren fashion pria bergerak sangat cepat. Setiap musim selalu saja ada tren fashion baru yang sayang untuk dilewatkan bagi pria yang mengikuti fashion. Update yang sangat cepat ini bisa membuat kantong jebol jika kita terus mengikutinya. Ditambah lagi barang-barang fashion yang kamu beli mungkin hanya dipakai sebentar dan sudah gak terpakai lagi karena cepat ketinggalan tren.

Jika kamu merasa mengikuti tren fashion sudah sangat menipiskan kantong, kamu bisa tetap berhobi fashion namun dengan menciptakan style kamu sendiri yang gak mengikuti perkembangan tren fashion.

Dengan memiliki style ala kamu sendiri, kamu bisa lebih kreatif dengan mix and match barang-barang fashion yang kamu miliki tanpa merasa khawatir ketinggalan tren, dan kantong kamu lebih aman karena tak perlu mengeluarkan uang untuk membeli barang fashion yang baru.

Wah, ternyata tanpa disadari hobi-hobi ini bisa menguras kantong juga, ya. Tak ada salahnya memiliki hobi-hobi ini, namun kamu harus tetap bijak mengatur keuangan agar tidak membuat kantong jebol ya, Bro!

Baca Juga: 5 Hobi yang Paling Populer untuk Pria, Catat Bro!

Rijalu Ahimsa Photo Verified Writer Rijalu Ahimsa

Member IDN Times Community ini sudah tidak malu-malu lagi menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Wahyu Kurniawan

Berita Terkini Lainnya