Comscore Tracker

7 Tips Kencan Pertama Anti Grogi, Perhatikan Bro!

Kencan pertama menentukan kelanjutan hubungan

Kencan pertama menjadi momen krusial bagi kamu yang sedang mendekati seorang cewek. Biasanya rasa grogi datang menghampiri saat kamu akan melangsungkan kencan pertamamu, apalagi cewek tersebut sudah lama kamu idam-idamkan.

Kesan pertama dalam kencan bisa memengaruhi kelanjutan hubungan kamu lho, Bro. Sehingga kencan pertama harus diusahakan semaksimal mungkin agar kencan-kencan berikutnya bisa terlaksana.

Agar kencan pertama kamu gak gagal, berikut IDN Times berikan tujuh tips ampuh yang bisa membantu kencan pertama kamu. Perhatikan baik-baik!

1. Berpenampilan menarik tanpa terlihat berlebihan

7 Tips Kencan Pertama Anti Grogi, Perhatikan Bro!Ilustrasi penampilan pria pada kencan pertama (pixabay/Free-Photos)

Memang ada yang berkata untuk tidak melihat seseorang dari penampilannya saja, namun akan lebih sempurna jika penampilan dan sikap kamu sama baiknya, bukan? Jadi mempersiapkan penampilan untuk kencan pertama itu wajib kamu lakukan.

Pakai pakaian yang membuat kamu tampil lebih percaya diri dan terlihat paling menarik. Sesuaikan juga dengan tempat dan waktu di mana kamu akan melangsungkan kencan pertama.

Potong rambut jika dirasa rambut kamu sudah terlalu panjang dari biasanya. Serta jangan lupa gunakan parfum untuk menghindari bau badan. Potong kuku dan pastikan mulut terbebas dari bau juga.

2. Tentukan tempat kencan yang sudah kamu pahami

7 Tips Kencan Pertama Anti Grogi, Perhatikan Bro!Ilustrasi pria berkencan dengan wanita (pexels/Jep Gambardella)

Salah satu faktor keberhasilan kencan pertama bisa datang dari pemilihan tempat kencan yang tepat. Sebagai orang yang mengajak kencan, sebaiknya kamu sendiri yang menentukan tempat di mana kamu ingin mengajak si dia kencan. 

Tipsnya agar tidak gagal, pilihlah tempat kencan yang kamu sendiri sudah sangat akrab dan sering kamu kunjungi. Misalnya jika kamu mengajak kencan di sebuah restoran, pilihlah restoran yang kamu sudah hafal di mana tempat duduk yang paling nyaman, dan kamu juga sudah paham menu apa yang paling enak di restoran tersebut. Sehingga kamu tidak terlihat bingung saat mengajaknya makan malam di restoran tersebut.

Pengetahuan yang kamu miliki tentang tempat kencan tersebut juga bisa menjadi bahan obrolan. Misalnya kamu bisa mengatakan padanya bahwa menu yang khas di restoran tersebut adalah ayam bakar, maka kamu bisa menawarkan gebetan kamu untuk sekadar membuka obrolan.

3. Simpan dulu ponselmu untuk fokus ke obrolan

7 Tips Kencan Pertama Anti Grogi, Perhatikan Bro!Ilustrasi kencan pertama pria (pexels/cottonbro)

Di era yang penuh teknologi saat ini, gak bisa dipungkiri orang-orang sulit lepas dari ponselnya. Namun demi kelancaran kencan pertamamu, sebaiknya simpan dulu ponsel kam. Matikan nada dering ponsel, dan simpan di saku agar kamu gak tergoda untuk membukanya saat sedang berada di dekat gebetan kamu.

Cobalah untuk fokus mengobrol tanpa membuka ponsel sama sekali. Kesampingkan dulu kerjaan atau ajakan teman di grup WhatsApp untuk konsentrasi penuh ke kencan pertama kamu. Si dia bakal merasa diduakan jika kamu sibuk sendiri dengan ponsel.

Nah, baru jika obrolan sudah berjalan cukup lama, dan nampaknya si dia sudah mulai membuka ponsel duluan, kamu juga boleh mencuri waktu untuk sekadar cek notifikasi di ponsel kamu. Intinya jangan sampai kamu membuka ponsel duluan sebelum sempat mengobrol banyak dengan si dia ya, Bro!

Baca Juga: 7 Hobi Cowok yang Bikin Cewek Kesengsem, Catat Bro!

4. Jangan ceritakan perempuan lain di hadapannya

7 Tips Kencan Pertama Anti Grogi, Perhatikan Bro!Ilustrasi kencan pertama pria (pexels/Dziana Hasanbekava)

Seorang cewek yang mau diajak kencan bisa menjadi tanda bahwa dia membuka hati untuk kamu. Sehingga jangan kecewakan dia karena kamu membicarakan mantan atau cewek lain di hadapannya, Bro.

Bicarakan hal-hal yang menarik dan fokus hanya pada satu cewek yaitu si dia saja. Meskipun dia bercerita tentang mantannya, sebaiknya kamu tahan untuk tidak ikut menceritakan mantan kamu juga. Saat kamu ditanya tentang mantan, kamu cukup menceritakannya sedikit dan membuatnya tidak tertarik untuk melanjutkan keingintahuannya tentang mantan kamu.

5. Dengarkan dia tanpa terlalu banyak membicarakan tentang diri kamu sendiri

7 Tips Kencan Pertama Anti Grogi, Perhatikan Bro!Ilustrasi kencan pertama pria (pixabay/sasint)

Cowok pendengar adalah salah satu sikap yang paling disuka oleh cewek lho, Bro. Biarkan si dia berbicara panjang lebar tentang dirinya. Jika dia memang tertarik untuk menceritakan lebih banyak tentang dirinya, coba gali terus apa pun yang berkaitan tentang kesehariannya. Ini akan membuat si dia merasa kamu sangat tertarik padanya karena ingin tahu banyak hal.

Tahan untuk membicarakan tentang diri kamu sendiri, apalagi pencapaian-pencapaian yang sudah kamu dapatkan. Kamu baru bisa menceritakannya saat dia menanyakannya kepadamu. Hindari juga menceritakan tentang diri sendiri dengan nada yang seolah menyombongkan diri, karena cewek bisa ilfil.

Sebagai gantinya, kamu bisa menyelipkan sedikit humor saat menceritakan tentang diri kamu. Sehingga, kesannya lebih rendah hati dan lebih menarik untuk didengarkan olehnya.

6. Jika kamu tidak pandai mengobrol, siapkan dulu topik pembicaraan sebelum berkencan

7 Tips Kencan Pertama Anti Grogi, Perhatikan Bro!Ilustrasi pria sedang mencari topik obrolan (pixabay/cuncon)

Gak mudah memang berbicara empat mata dengan seorang cewek yang kita sukai. Apalagi jika memang kamu tak pandai berbicara banyak hal dengan orang yang baru pertama ditemui. Agar masalah ini teratasi dan kamu gak hanya kebanyakan diam saat kencan pertama dengannya, kamu harus mempersiapkan topik pembicaraan lebih dulu sebelum mulai kencan.

Salah satu yang bisa kamu jadikan topik pembicaraan adalah tentang cewek yang kamu ajak kencan. Kamu bisa stalking sosial media miliknya dan melihat apa saja kegemaran dan aktivitasnya sehari-hari. Kamu juga bisa bertanya tentang hobi yang dia sering lakukan di sosial media. 

Namun saat kamu mulai membicarakan tentang dirinya, jangan sampai kamu terlihat sudah stalking sosial medianya terlalu dalam. Bisa-bisa cewek yang kamu ajak kencan malah jadi takut karena kamu sudah tahu banyak tentang dirinya padahal baru saja mengenal.

Cukup pancing sedikit hal-hal yang berkaitan dengan dirinya, maka biasanya cewek akan langsung merespon dan berbicara lebih banyak. Meski kamu sudah tahu apa yang cewek itu ceritakan karena sudah stalking, tetap dengarkan sambil melanjutkan pembicaraan dan biarkan pembicaraannya mengalir. 

7. Bawa santai kencan pertamamu, jangan terlalu serius

7 Tips Kencan Pertama Anti Grogi, Perhatikan Bro!Ilustrasi kencan pertama pria

Kencan pertama memang menentukan kelanjutan hubungan, namun kamu jangan sampai terlalu serius dan kaku saat berhadapan dengannya akibat grogi. Hilangkan pikiran negatif seperti merasa nanti si dia ilfil atau tidak suka dengan kamu saat pertama kali berkencan. Anggap kencan pertama ini sesantai kamu nongkrong dan ngobrol dengan teman yang sering kamu temui. Jalani kencan ini seperti halnya kamu sedang refreshing dari kesibukan pekerjaan atau perkuliahan.

Kamu harus ingat, bahwa kencan pertama ini adalah saat di mana kamu membangun momen pertama yang menyenangkan bersamanya, jangan dulu berpikir kamu bisa langsung mendapatkan hatinya untuk jadi pacar kamu. Perlu waktu agar masing-masing dari kalian memantapkan diri ke jenjang pacaran melalui kencan-kencan selanjutnya. Hal yang utama adalah mengondisikan kencan pertama ini lancar agar bisa menuju ke kencan kedua dan seterusnya terlebih dahulu.

Perasaan grogi memang gak bisa dibendung, namun kamu juga perlu tahu, bahwa si dia juga bisa saja sama groginya dengan kamu saat kencan pertama. Semoga dengan tips-tips ini kencan pertama kamu berhasil, dan harapan kamu untuk memilikinya juga semakin dapat diwujudkan.

Baca Juga: 5 Hal yang Biasanya Bikin Cowok Gak Percaya Adanya Cinta Sejati 

Rijalu Ahimsa Photo Verified Writer Rijalu Ahimsa

Member IDN Times Community ini sudah tidak malu-malu lagi menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Wahyu Kurniawan

Berita Terkini Lainnya