Comscore Tracker

6 Hal yang Sebaiknya Dihindari saat Probation, Biar Karier Naik, Bro! 

Maksimalkan masa probation untuk ciptakan kesan positif

Masa probation menjadi masa percobaan pada seseorang pekerja sebelum akhirnya jadi seorang karyawan. Masa-masa tersebut menentukan bagaimana seorang pekerja tersebut ke depannya. Lama masa probation berbeda-beda, sesuai kebijakan perusahaan masing-masing. Beberapa di antaranya ada yang 3 bulan, 6 bulan, dan seterusnya.


Pada masa ini, biasanya pekerja benar-benar dinilai kinerja serta kemampuannya untuk bisa berlanjut menjadi seorang karyawan. Masa-masa perjuangan demi sebuah kelanjutan karier ke depannya. Berikut enam hal yang sebaiknya dihindari pada saat probation.

1. Bersikap tidak profesional

6 Hal yang Sebaiknya Dihindari saat Probation, Biar Karier Naik, Bro! ilustrasi pria bekerja (pexels.com/gustavofring)

Masa probation biasanya tidak berlangsung lama untuk dilewati seorang pekerja. Masa-masa ini menentukan keberlanjutan karir seseorang. Sehingga, perlu usaha terbaik dan usaha keras demi tercapainya suatu tujuan menjadi seorang karyawan.

Selalu keluarkan kemampuan terbaikmu dan hindari semua hal yang bisa menjadikanmu terlihat tidak profesional. Bekerjalah dengan baik dan jangan menunda-nunda pekerjaan. Bermalas-malasan akan menjadi salah satu yang membuatmu terkesan tidak profesional.

2. Sering melanggar aturan perusahaan

6 Hal yang Sebaiknya Dihindari saat Probation, Biar Karier Naik, Bro! ilustrasi pria (pexels.com/pressmaster)

Sebaiknya hindari melanggar aturan perusahaan jika kamu sedang dalam masa probation. Hal ini akan juga berimbas kepada kurang baiknya penilaian untukmu.

Keseringan melanggar peraturan perusahaan akan membuat atasan ragu dengan kinerjamu di masa mendatang. Artinya, baru mulai kerja saja sudah banyak membuat masalah, apalagi nanti?

Baca Juga: 5 Alasan Logis Jangan Mengejar Cinta di Awal Membangun Karier, Kenapa?

3. Tidak mencapai target yang diinginkan perusahaan  

6 Hal yang Sebaiknya Dihindari saat Probation, Biar Karier Naik, Bro! ilustrasi bekerja (pixabay.com/snapwiresnaps)

Bekerjalah dengan baik dan capai target yang diinginkan perusahaan, karena akan berpengaruh pada penilaian di masa probation. Dengan bekerja semaksimal mungkin dan selalu bisa mencapai target yang diinginkan perusahaan, secara tidak langsung akan membuatmu terus berkembang lebih baik lagi hingga pencapaian karir yang lebih tinggi.

Perusahaan tentu saja menginginkan SDM terbaik untuk bekerja di tempat mereka. Buktikan bahwa kamu salah satu orang yang pantas untuk hal tersebut.

4. Sedikit kerja tapi banyak bicara  

6 Hal yang Sebaiknya Dihindari saat Probation, Biar Karier Naik, Bro! ilustrasi bicara (pixabay.com/jamesoladujoye)

Ketika masih dalam masa probation sebaiknya bekerjalah dengan semaksimal mungkin, janganlah banyak bicara tetapi minim produktivitas. Antara kualitas kerjas, sikap serta perilaku juga akan berpengaruh dan menentukan hasil masa probation tersebut.

Walau demikian, sebenarnya tidak hanya sewaktu masa probation saja kita harus bekerja secara maksimal. Akan tetapi, harus dilakukan terus ke depannya demi kemajuan perusahaan dan menunjang karier kita ke depan.

5. Tidak menghormati atasan  

6 Hal yang Sebaiknya Dihindari saat Probation, Biar Karier Naik, Bro! ilustrasi bicara (pexels.com/martproduction)

Atasan merupakan orang yang patut kita hormati dan hargai akan segala bentuk perintah yang diberikan maupun kebijakan-kebijakan yang mereka buat. Sebagai seorang pekerja, hendaknya untuk bisa selalu menghormati atasan apapun keadaannya.

Ketika kamu tidak menghormati atasan, terlebih lagi pada masa probation, bukan tidak mungkin akan berpengaruh pada karirmu ke depan. Kamu tetap dapat menyampaikan kritik dan saran jika memang diperlukan, tapi tetap dengan mengedepankan sikap menghormati.

6. Membuat masalah dengan rekan kerja di kantor  

6 Hal yang Sebaiknya Dihindari saat Probation, Biar Karier Naik, Bro! ilustrasi dua pria bertengkar (pexels.com/keiraburton)

Ketika dalam masa probation, sebaiknya hindari semua hal yang bisa membuat kita berada dalam masalah. Salah satunya untuk tidak membuat masalah dengan rekan kerja di kantor. Hal tersebut selain bisa menghambat karirmu yang masih dalam masa probation, juga bisa membuat suasana kerja serta hubungan dengan rekan kerja menjadi tidak baik.

Itulah enam hal yang sebaiknya kamu hindari pada masa probation demi kemajuan karirmu ke depan. Semoga sukses, ya!

Baca Juga: 5 Hal yang Bikin Kamu Sulit Dapat Akselerasi Karier, Introspeksi yuk!

Rinda Ratna  Dewi Photo Verified Writer Rinda Ratna Dewi

IG @rindaratna22

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya