Comscore Tracker

Pikir Ulang jika Ingin Berpindah-Pindah Kerja, Ini 5 Alasannya!  

Gak selamanya sering berpindah tempat kerja itu baik  

Berpindah-pindah tempat kerja dari satu perusahaan ke perusahaan lainnya memang ada untung dan ruginya. Hal semacam ini terkadang bisa menjadikan seseorang banyak mendapat pengalaman baru dan juga bisa jadi batu loncatan karir, terutama bagi fresh graduate dan masa di mana masih sangat produktif.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, karena tidak semua hal positif bisa selalu kita dapat ketika sering berpindah-pindah tempat kerja. Terutama untuk cowok yang kelak harus bertanggung jawab kepada keluarganya dalam hal nafkah. Faktor usia misalnya, bisa mempengaruhi seseorang menjadi kurang produktif dan dapat merugikan jika sering berpindah-pindah tempat kerja. Ini alasan tidak selamanya berpindah-pindah tempat kerja itu baik untuk karir kamu.

1. Kurang bisa fokus terhadap jabatan impian yang diincar

Pikir Ulang jika Ingin Berpindah-Pindah Kerja, Ini 5 Alasannya!  ilustrasi pria (pexels.com/andreapiacquadio)

Di usia yang semakin dewasa dan tidak muda lagi ini memang perlu kehati-hatian, khususnya mengenai karir dan masa depan. Usahakan hindari berpindah-pindah tempat kerja yang akan membuatmu kurang bisa fokus mengejar jabatan impian yang diincar.

Setiap kali pindah tempat kerja dan jadi anak baru lagi, butuh waktu untuk bisa beradaptasi lagi dan juga merintis karir dari awal. Ketika kita fokus pada pekerjaan di satu perusahaan, kita akan lebih maksimal mencapai karir impian.

2. Banyak lulusan baru yang pasti akan jadi sainganmu

Pikir Ulang jika Ingin Berpindah-Pindah Kerja, Ini 5 Alasannya!  ilustrasi bekerja (pexels.com/moosephotos)

Berpindah-pindah tempat kerja bisa jadi hal yang baik untuk mereka pada usia sangat produktif atau seorang fresh graduate. Untuk mereka yang berusia lanjut, agaknya kurang begitu baik. Pasalnya, pasti banyak lulusan baru yang akan menjadi saingannya nanti.

Memang tidak seharusnya kita takut kalah bersaing, tetapi pada kenyataannya biasanya seorang fresh graduate akan mempunyai ide-ide baru yang kreatif, hal ini akan membuat kita sedikit harus bekerja lebih keras untuk bisa bersaing dengan mereka jika posisi kita juga sebagai karyawan baru.

3. Belum tentu kamu akan cepat diangkat di tempat baru

Pikir Ulang jika Ingin Berpindah-Pindah Kerja, Ini 5 Alasannya!  ilustrasi pria (pexels.com/gretahoffman)

Terkadang jika kita pindah tempat kerja, pasti akan ada aturan dan kebijakan baru yang harus kita patuhi. Salah-salah justru lebih buruk dari perusahaan sebelumnya. Sebaiknya cobalah untuk mempertimbangkan kembali jika kamu sering pindah-pindah tempat kerja. Apalagi di usia yang bisa dibilang sudah cukup matang, usia di mana seharusnya kamu sudah bisa memantapkan diri pada satu pilihan di mana kamu akan bekerja.

Hal ini secara tidak langsung juga akan mempengaruhi keuangan kita. Misalnya saja ketika di tempat lama kita bekerja sudah menjadi karyawan tetap dengan gaji dan tunjangan yang lebih, ketika kita berpindah kerja terkadang tidak akan dapat tunjangan yang sama karena status kita yang masih karyawan baru.

Baca Juga: 5 Alasan Kamu Gampang Pindah Tempat Kerja, Bolak-balik Resign

4. Bukan hal yang mudah lagi untuk memulai dari awal

Pikir Ulang jika Ingin Berpindah-Pindah Kerja, Ini 5 Alasannya!  ilustrasi pusing (pexels.com/kellylacy

Bukan hal yang mudah bagi seseorang untuk bisa merintis karir mulai dari awal. Terkadang perlu usaha lebih keras supaya bisa menonjol dari yang lain. Ketika usiamu sudah lanjut, sebaiknya pertimbangkan kembali jika ingin berpindah-pindah tempat kerja.

Sadar atau tidak, kamu akan mulai lagi untuk merintis dari nol apa yang sebenarnya sudah kamu perjuangkan lama di tempat kerja sebelumnya. Bisa jadi kebiasaan yang sudah membuatmu nyaman di tempat kerja sebelumnya akan mengurangi semangat dalam merintis karir barumu kembali.

5. Bakal kehilangan fasilitas dan tunjangan dari kantor lama

Pikir Ulang jika Ingin Berpindah-Pindah Kerja, Ini 5 Alasannya!  ilustrasi pria (pexels.com/andreapiacquadio)

Dengan berpindah ke tempat kerja yang baru dengan meninggalkan tempat kerja lama yang mungkin belum tentu bisa membuatmu nyaman, kamu akan kehilangan fasilitas dan tunjangan dari kantor lama yang bisa jadi lebih menjanjikan.

Pastinya ada perbedaan antara fasilitas dan tunjangan antara karyawan baru dan yang sudah lama ketika bekerja. Jika kamu ingin berpindah-pindah tempat kerja, pertimbangkan baik-baik hal semacam ini.

Itulah lima alasan mengapa kamu harus berpikir ulang jika ingin berpindah-pindah tempat kerja di usia yang tidak muda lagi. Usia yang bisa dibilang cukup matang dan sudah banyak, mungkin di antaranya ada yang sudah berkeluarga. Karena itu, perlu adanya pertimbangan yang lebih ketika ingin berpindah-pindah tempat kerja.

Rinda Ratna  Dewi Photo Verified Writer Rinda Ratna Dewi

IG @rindaratna22

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kalyana Dhisty

Berita Terkini Lainnya