Comscore Tracker

5 Cara Cowok Menyibukkan Diri Saat Jadi Pengangguran, Tetap Semangat!

Kalau kamu bagaimana?

Semua orang pasti tidak ingin mengalami masa-masa sulit menjadi seorang pengangguran. Namun terkadang perlu suatu keikhlasan untuk menjalani proses tersebut walau dengan terpaksa. Seperti ketika banyak orang mengalami PHK yang membuat mereka kehilangan, dan hal ini dialami juga oleh sebagian besar cowok.

Walau sedih dan sering kali bingung harus melakukan apa, mereka harus bisa menjalaninya dengan baik. Melewati setiap proses yang ada hingga nantinya kembali mendapatkan pekerjaan yang lebih baik. Berikut beberapa cara yang sering dilakukan cowok untuk menyibukkan diri di saat mereka terpaksa menjadi seorang pengangguran.

1. Memperdalam kemampuan yang dimiliki

5 Cara Cowok Menyibukkan Diri Saat Jadi Pengangguran, Tetap Semangat!ilustrasi memperbaiki kendaraan (pexels.com/andreapiacquadio)

Menjadi pengangguran bukan suatu alasan untuk tidak produktif dan tidak mau mengembangkan diri. Justru saat-saat tersebut sebaiknya bisa dimanfaatkan dengan suatu hal yang positif. Seperti apa yang dilakukan sebagian cowok dengan pemikiran terbuka.

Banyak dari mereka yang justru memanfaatkan momen saat menganggur demi bisa memperdalam kemampuan yang ia miliki. Misalnya saja dengan rutin melakukan pelatihan sesuai keterampilan yang ia minati. Hal ini demi mendukung mereka untuk bisa mendapatkan pekerjaan lagi ke depannya.

2. Belajar dan mau mencoba hal baru

5 Cara Cowok Menyibukkan Diri Saat Jadi Pengangguran, Tetap Semangat!ilustrasi memasak (pexels.com/losmuertoscrew)

Cara lain yang dilakukan cowok demi bisa menyibukkan diri saat jadi pengangguran ialah belajar dan mau mencoba hal baru. Bisa saja nantinya peluang mendapatkan penghasilan dari hal baru yang mereka pelajari ini. Tidak melulu harus mendapatkan pekerjaan yang sama dengan sebelumnya.

Misalnya saja ketika mereka mau berusaha untuk belajar usaha atau berdagang online. Ke depannya bisa saja usaha tersebut maju hingga membuat mereka mendapat banyak penghasilan. Jadilah pengangguran yang produktif ya, Bro!

3. Mengubah hobi jadi penghasilan

5 Cara Cowok Menyibukkan Diri Saat Jadi Pengangguran, Tetap Semangat!ilustrasi pria (pexels.com/kampusproduction)

Cara lain yang juga dilakukan cowok demi bisa menyibukkan diri saat menganggur dengan cara mau mengubah hobi jadi penghasilan. Hal ini sudah banyak dilakukan cowok, bahkan tidak sedikit dari mereka mampu sukses. Apa kamu juga tertarik dengan hal ini?

Selain bisa mendapatkan penghasilan, percayalah jika apa yang kamu lakukan dengan senang hati pasti punya hasil terbaik. Kamu pasti akan merasa bahagia menjalaninya. Jadi tidak usah galau, coba kenali apa hobi kamu saat ini dan buat hobi tersebut menghasilkan ya, Bro!

Baca Juga: 5 Sisi Baik Sikap Kompetitif Pria dalam Mencapai Cita-Cita

4. Mencari pekerjaan baru

5 Cara Cowok Menyibukkan Diri Saat Jadi Pengangguran, Tetap Semangat!ilustrasi bekerja (pexels.com/kampusproduction)

Mencari pekerjaan baru juga menjadi kesibukan lain yang dilakukan cowok saat ia terpaksa menjadi pengangguran. Hal ini ia lakukan dengan harapan mendapat pengganti pekerjaan sebelumnya. Memang semua itu butuh kerja keras dan sebuah kesabaran. 

Mereka bisa mulai dengan menghubungi teman dan menanyakan pekerjaan untuknya, atau banyak sekarang situs untuk mencari kerja secara online. Sebaiknya, dalam tahap ini mereka bisa membarenginya dengan memperbaiki keterampilan sebelumnya atau belajar keterampilan baru. Ke depannya jika ada perusahaan yang membutuhkan sesuai dengan kriteria yang ia miliki, ia sudah siap untuk bersaing dengan banyak pelamar lainnya.

5. Memperbanyak teman

5 Cara Cowok Menyibukkan Diri Saat Jadi Pengangguran, Tetap Semangat!ilustrasi pertemanan (pexels.com/divaplavalaguna)

Dengan memperbanyak teman juga menjadi salah satu yang kerap dilakukan cowok demi bisa menyibukkan diri pada saat menjadi seorang pengangguran. Namun, teman yang sebaiknya mereka pilih adalah orang yang mampu mendukung dirinya mendapatkan pekerjaan baru atau bahkan mendirikan usaha. Tidak hanya teman untuk menemaninya hura-hura saja.

Pada saat menganggur, pastinya kondisi keuangan kamu juga berpengaruh, dan hal ini penting sekali untuk memilih teman yang tidak hanya mementingkan hura-hura. Pastikan pula kamu tidak terbawa arus pertemanan yang membuat kamu malas bekerja karena merasa nyaman jadi pengangguran. Bisa-bisa semangat untuk usaha maupun bekerja kendor, nih!

Isi dengan banyak hal positif ketika kamu sedang dalam proses menerima kenyataan jika harus menjadi seorang pengangguran. Jangan menyerah untuk berusaha kembali bekerja atau memulai usaha ya, Bro!

Baca Juga: 5 Sikap yang Harus Diubah agar Kamu Jadi Pria yang Pantang Menyerah

Rinda Ratna  Dewi Photo Verified Writer Rinda Ratna Dewi

IG @rindaratna22

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Wahyu Kurniawan

Berita Terkini Lainnya