Comscore Tracker

5 Cara Cowok Salurkan Emosi Negatif pada Suatu Hal Positif

Gak bikin rugi!

Dalam hidup, kita tidak selalu bahagia dan dalam keadaan baik-baik saja tanpa adanya suatu masalah. Terkadang kehadiran masalah baik dalam dirinya sendiri maupun dengan orang lain membuat seseorang diselimuti emosi negatif.

Hal ini sering juga terjadi pada seorang cowok. Emosi negatif yang disalurkan pada suatu hal yang kurang tepat akan merugikan diri sendiri pastinya.

Emosi negatif seperti marah, kesepian, iri, kesal, sedih, putus ada dan masih banyak lagi lainnya memang perlu ditangani dengan baik. Lantas, bagaimana cara cowok salurkan emosi negatif pada suatu hal yang positif? Simak penjelasan berikut ini.

1. Memilih olahraga ketika dirinya sedang kesal dengan sesuatu

5 Cara Cowok Salurkan Emosi Negatif pada Suatu Hal Positifilustrasi olahraga (pexels.com/timamiroshniche)

Ketika seorang cowok diselimuti rasa kesal hingga timbul kemarahan, mereka sering kali melampiaskan dengan emosi yang berlebihan seperti berantem. Namun sebaiknya, emosi negatif seperti tersebut harus bisa dihindari.

Salah satu cara yang bisa dilakukan ialah dengan berolahraga. Karena dengan berolahraga, selain kebugaran tubuh selalu terjaga juga demi bisa membuat dirinya tenang.

Emosi bisa disalurkan dengan cara positif seperti berlari supaya rasa kesal dalam diri berkurang. Atau bahkan jika sebelumnya merasa malas dan ingin bertengkar dengan seseorang, kamu bisa melampiaskannya dengan menjalani olahraga tinju atau sejenisnya lho, bro!

2. Menikmati hobi ketika hatinya sedang sedih dan kacau

5 Cara Cowok Salurkan Emosi Negatif pada Suatu Hal Positifilustrasi bermain game (pexels.com/rodnaeproduction

Perasaan sedih dan kacau karena punya banyak masalah sejatinya wajar terjadi pada siapapun tidak terkecuali seorang cowok. Namun emosi negatif seperti ini sebaiknya bisa disalurkan dengan cara positif. Salah satu caranya adalah dengan menikmati hobi supaya perasaan sedih cepat pergi.

Misalnya saja ketika seorang cowok punya hobi naik gunung bersama teman-teman mereka. Pada saat punya masalah hingga membuat dirinya sedih dan merasa kacau, ia bisa memilih untuk merencanakan pendakian bersama teman. Dengan hobi tersebut, rasa sedih mereka perlahan membaik dan berganti dengan kegembiraan dengan pengalaman seru selama naik gunung.

Baca Juga: 5 Alasan Cowok Fokus Pada Solusi Daripada Penyebab Masalah

3. Bekerja lebih giat ketika mulai merasa iri terhadap kesuksesan orang lain

5 Cara Cowok Salurkan Emosi Negatif pada Suatu Hal Positifilustrasi pria (pexels.com/ekaterinabalov)

Salah satu bentuk emosi negatif dalam diri ialah perasaan iri hati terhadap apapun dan siapapun. Hal ini juga kerap dialami oleh seorang cowok ketika melihat kesuksesan orang lain. Namun sebaiknya, emosi negatif tersebut bisa tersalurkan dengan baik tanpa membawa kerugian.

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menyalurkan emosi negatif tersebut dengan mau bekerja lebih giat ketika mulai merasa iri dengan kesuksesan orang lain. Tunjukkan jika kamu juga mampu sukses seperti mereka, bahkan lebih dari mereka. Jangan sampai perasaan iri justru membuat produktivitas kamu menurun ya, bro.

4. Berdoa dan pasrah pada Tuhan ketika muncul rasa putus asa

5 Cara Cowok Salurkan Emosi Negatif pada Suatu Hal Positifilustrasi pria (pexels.com/nithinkhajotia)

Salah satu bentuk emosi negatif yang sering muncul dalam diri seorang cowok ialah rasa putus asa. Namun mereka tahu cara menyalurkan pada suatu hal yang positif. Salah satu cara tersebut ialah dengan lebih banyak berdoa dan pasrah terhadap Tuhan.

Dengan berdoa dan menyerahkan semua pada Tuhan, perasaan jadi lebih tenang. Ia bisa melakukan banyak hal lainnya yang lebih produktif untuk dirinya. Jadi, jangan terlalu diambil pusing nantinya ya, bro.

5. Tak malu mencari banyak teman ketika merasa kesepian

5 Cara Cowok Salurkan Emosi Negatif pada Suatu Hal Positifilustrasi pertemanan (pixabay.com/free-photos)

Cara selanjutnya bagi seorang cowok demi bisa menyalurkan emosi negatif dalam dirinya, adalah dengan tidak malu mencari banyak teman ketika kesepian. Tidak bisa dimungkiri jika rasa kesepian dalam diri yang tidak ditangani dengan baik bisa menjerumuskan ke dalam hal yang membuat rugi diri sendiri.

Ketika mendapatkan banyak teman, rasa kesepian tersebut akan mudah teratasi. Tidak hanya bisa mengatasi rasa kesepian, dengan banyak teman akan menjadi jalan untuk kesuksesan kamu ke depan.

Teman yang banyak akan menjadi jembatan untuk memperoleh banyak ilmu, pengalaman dan juga koneksi dalam suatu hubungan dengan orang banyak. Tidak ada ruginya sama sekali bukan ketika kamu mau memperbanyak teman, bro?

 

Dengan bisa menyalurkan emosi negatif pada suatu hal yang positif akan membawa suatu kebaikan untuk diri sendiri. Sepertinya cara tersebut di atas yang sering dilakukan oleh seorang cowok sudah tepat adanya, bro!

Baca Juga: 5 Cara Cowok Bersiap Diri Menyambut Pasangan yang Ingin Diajak Serius

Rinda Ratna  Dewi Photo Verified Writer Rinda Ratna Dewi

IG @rindaratna22

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya