Comscore Tracker

5 Cara Cowok untuk Bantu Sahabatnya Mengembangkan Potensi Diri

Teman bantu teman, caranya begini!

Mempunyai sahabat yang sukses dan mampu mengembangkan diri memang sebuah kebanggaan tersendiri. Seorang cowok sering kali punya sikap dan perlakuan yang berbeda demi membantu sahabat yang sedang sibuk dengan usahanya.

Banyak juga dari para cowok yang tidak ingin sahabatnya jatuh dalam kehidupan baik itu karier dan pekerjaan. Makanya, gak sedikit dari mereka yang memberikan pertolongan dengan beberapa sikap dan cara agar sahabatnya tersebut dapat mengembangkan potensi yang ada di dalam dirinya.

Adapun beberapa bentuk dukungan yang kerap mereka berikan kepada sahabatnya bisa kamu baca di bawah ini. Simak sampai habis!

1. Tak pelit memberi kritik dan saran

5 Cara Cowok untuk Bantu Sahabatnya Mengembangkan Potensi Diriilustrasi bicara (pixabay.com/jamesoladujoye)

Salah satu cara yang dilakukan seorang cowok saat memberi dukungan pada teman yang sedang mengembangkan diri dengan mampu memberi saran serta kritik atas apa yang sedang mereka lakukan. Karena cowok lebih cenderung santai dan tidak cepat terbawa perasaan sehingga saran dan kritik menjadi hal yang sudah biasa dilakukan demi kebaikan.

Tidak hanya selalu memberikan pujian, cowok tahu banget apa yang sahabat mereka butuhkan pastinya. Bahkan, ia tidak akan pelit untuk memberikan ilmu agar sahabatnya dalam meraih kesuksesan dengan potensi yang dimilikinya.

2. Memberi kepercayaan penuh pada sahabatnya

5 Cara Cowok untuk Bantu Sahabatnya Mengembangkan Potensi DiriIlustrasi pertemanan (pexels.com/ivansamkov)

Sebuah kepercayaan penuh juga menjadi bentuk lain dari dukungan seorang cowok kepada sahabatnya saat sahabatnya tersebut sedang mengembangkan dirinya. Walau jauh dari tindakan ikut campur, namun semua dukungannya mampu membuat sahabatnya merasa lebih percaya diri.

Kepercayaan yang diberikan akan berperan baik, nantinya jika gagal setidaknya sahabat tersebut punya pengalaman berharga yang akan menjadikannya sosok yang lebih baik. Ia akan semakin paham bagaimana mengembangkan potensinya karena pelajaran dan pengalaman yang didapatinya itu.

3. Siap jika dimintai pertolongan

5 Cara Cowok untuk Bantu Sahabatnya Mengembangkan Potensi DiriIlustrasi pertemanan (pexels.com/nappy)

Walau terkesan cuek dan memberikan kebebasan pada sahabat yang sedang berjuang mengembangkan dirinya, siapa sangka jika seorang cowok ternyata selalu siap membantu jika ia dimintai tolong. Tidak tanggung-tanggung, sebagian besar justru penuh dengan totalitas dengan segala kemampuan yang ada dalam dirinya.

Baik bantuan tenaga, pikiran atau bahkan material mereka tidak akan melewatkan kesempatan terbaik itu. Namun, bukan berarti ia tidak memerhatikan dan mengawasi kamu. Jadi manfaatkan dengan baik pertolongan yang diberikan olehnya.

Baca Juga: 5 Sikap Ini Bisa Bikin Kamu Jadi Pria yang Cool, Lakukan Bro!

4. Mengenalkannya pada lingkungan pertemanan yang positif

5 Cara Cowok untuk Bantu Sahabatnya Mengembangkan Potensi Diriilustrasi pertemanan (pexels.com/creativevix)

Dukungan lainnya yang kerap diberikan seorang cowok pada sahabatnya yang sedang berusaha mengembangkan dirinya ialah mengenalkan pada lingkungan pertemanan yang positif. Karena dengan banyaknya pertemanan yang dijalin, diyakini dapat memperluas pengalaman serta peluang sahabat mereka untuk lebih maju lagi.

Mereka sadar betul akan hal tersebut. Tinggal gimana sahabat yang ditolongnya memanfaatkan peluang tersebut untuk mengembangkan potensi yang dimilikinya agar dapat meraih kesuksesan. 

5. Siap jadi penyimpan rahasia yang baik

5 Cara Cowok untuk Bantu Sahabatnya Mengembangkan Potensi Diriilustrasi pria (pexels.com/andreapiacquadio)

Ternyata cowok mampu menyimpan rahasia dengan baik ketika dirinya dimintai bantuan oleh siapa pun termasuk sahabatnya sendiri. Pastinya proses menuju pengembangan diri yang lebih baik itu tidak mudah dan sering kali ada rintangan serta masalah yang muncul. Cowok mampu menjadi pendukung sahabat mereka dengan baik karena mampu menjadi pendengar sekaligus penyimpan rahasia yang sahabat sampaikan. 

Dengan sikap berbeda yang ditunjukkan seorang pria demi mendukung sahabatnya sebaiknya perlu kita perhatikan dengan baik. Walau punya kesan yang cuek, namun cowok memang sangat menjunjung tinggi sekali persahabatan. 

Baca Juga: 6 Pola Pikir yang Harus Ditanamkan Seorang Pria jika Ingin Sukses

Rinda Ratna  Dewi Photo Verified Writer Rinda Ratna Dewi

IG @rindaratna22

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Wahyu Kurniawan

Berita Terkini Lainnya