Comscore Tracker

5 Hal yang Membuat Cowok Sulit untuk Menerima Pujian dari Orang Lain

Mereka punya alasannya tersendiri!

Mendapat pujian dari orang lain merupakan suatu hal yang membahagiakan pastinya bagi kita semua. Namun ternyata ada sebagian orang yang sulit untuk menerima pujian orang lain tersebut. Hal ini banyak pula dirasakan oleh seorang cowok dalam kesehariannya.

Mereka melakukan hal tersebut pastinya punya alasan tersendiri. Jika kamu penasaran, ada sedikit penjelasan pada beberapa poin berikut ini. Simak, yuk!

1. Sifatnya yang terlalu perfeksionis

5 Hal yang Membuat Cowok Sulit untuk Menerima Pujian dari Orang Lainilustrasi bekerja (pexels.com/mikhailnilov)

Pujian adalah salah satu bentuk apresiasi dan kekaguman atas sesuatu yang orang lain lakukan. Jika seorang cowok mendapat pujian, pastinya ada banyak hal istimewa dalam dirinya.

Hal ini perlu sekali disyukuri dengan baik karena tidak semua orang mendapatkannya. Namun bagi sebagian cowok justru ada yang merasa sulit untuk menerima pujian dari orang lain.

Hal ini lantaran mereka punya sifat perfeksionis dalam diri. Sifat perfeksionis ini membuat mereka kurang peduli dengan pujian karena selalu merasa apa yang ia lakukan kerap belum sempurna baginya. 

2. Suka berprasangka buruk pada orang lain

5 Hal yang Membuat Cowok Sulit untuk Menerima Pujian dari Orang Lainilustrasi bicara (pexels.com/keiraburton)

Seorang cowok yang juga suka berprasangka buruk pada orang lain kerap menjadi cowok yang sulit untuk menerima pujian. Baginya pujian tersebut mungkin saja tidak tulus dan punya maksud tersendiri. Sebaiknya jauhi sifat yang demikian karena bisa membuat orang lain merasa tidak nyaman dengan kamu.

Berprasangka buruk pada orang lain justru akan menyulitkan diri kamu sendiri. Rasa tidak bahagia kerap muncul karena dihantui pikiran negatif tersebut. Jangan sampai membuat hidup kamu tidak bahagia nih nantinya.

Baca Juga: 5 Tips Menjadi Cowok Maskulin yang Positif, Cobain Bro!

3. Merasa minder dan sulit percaya kemampuannya

5 Hal yang Membuat Cowok Sulit untuk Menerima Pujian dari Orang Lainilustrasi bekerja (pexels.com/antonishkraba)

Ketika seorang cowok mudah merasa minder dengan kemampuannya, ada beberapa akibat yang bisa ditimbulkan. Salah satu akibat tersebut di antaranya ialah merasa sulit untuk menerima pujian dari orang lain.

Ia merasa kemampuan yang ia miliki belum cukup layak untuk dipuji. Sebaiknya hal ini tidak terjadi terus-menerus karena kamu sejatinya perlu menghargai diri kamu sendiri.

Rasa minder hanya akan membuat kamu kurang berkembang nantinya. Percayalah jika orang lain saja berani memuji, itu pertanda jika memang kamu sendiri punya suatu keistimewaan bro!

4. Supaya dirinya tidak cepat puas

5 Hal yang Membuat Cowok Sulit untuk Menerima Pujian dari Orang Lainilustrasi bekerja (pexels.com/oliadanilevich)

Dengan alasan supaya dirinya tidak cepat puas, seorang cowok juga sulit untuk menerima pujian. Apapun yang ia lakukan, ia ingin hasilnya baik dan sesuai apa yang diharapkan serta impikan. Meskipun orang lain merasa kagum dengan hasil yang ia capai, ia tidak gampang besar kepala.

Ia menjadikan hal tersebut sebagai penambah semangat untuk terus berkembang lebih baik lagi. Pujian tidak akan menghentikannya untuk terus berusaha mencapai apa yang menurutnya terbaik. Salut nih dengan tipe cowok seperti ini! 

5. Pengalaman sebelumnya yang pernah dikecewakan

5 Hal yang Membuat Cowok Sulit untuk Menerima Pujian dari Orang Lainilustrasi marah (pexels.com/anreapiacquadio)

Pengalaman buruk terkadang menimbulkan suatu trauma tersendiri bagi seseorang, tidak terkecuali seorang cowok. Tidak dalam hal apapun, bahkan termasuk ketika mereka pernah dikecewakan orang lain dengan sebuah pujian.

Hal ini menjadikannya sulit untuk menerima pujian dari orang lain. Misalnya saja ketika ia pernah menerima pujian dari seseorang yang tidak tulus terhadapnya.

Pujian tersebut pada akhirnya menghentikannya untuk berusaha jauh lebih baik lagi. Pada akhirnya ada penyesalan dalam diri karena hasilnya tidak maksimal, pengalaman tersebut membekas dalam diri hingga membuatnya trauma.

 

Itulah beberapa hal yang membuat seorang cowok sulit untuk menerima pujian dari orang lain. Apa kamu juga pernah mengalami hal seperti ini, bro? Tidak cepat puas dengan pujian memang akan membuat kamu lebih berkembang pada kenyataannya, lho!

Baca Juga: 5 Alasan Seorang Cowok Mau Menerima Perbedaan Pasangan Mereka

Rinda Ratna  Dewi Photo Verified Writer Rinda Ratna Dewi

IG @rindaratna22

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya