Comscore Tracker

5 Manfaat ketika Kamu Jadi Pria yang Cerdas dalam Mengontrol Emosi

Kamu akan jadi pria yang lebih baik #IDNTimesMen

Emosi atau rasa marah yang tidak terkontrol dapat berakibat buruk pada diri sendiri dan juga orang sekitar. Sebagai seorang pria yang baik, harusnya bisa cerdas dalam mengontrol emosi ketika menghadapi masalah.

Hal ini karena sikap cerdas dalam mengontrol emosi mempunyai banyak manfaat bisa dirasakan nantinya. Manfaat seperti apa? Cek dan baca lengkapnya di bawah ini!

1. Selalu bijak dalam menyikapi masalah

5 Manfaat ketika Kamu Jadi Pria yang Cerdas dalam Mengontrol Emosiilustrasi bertengkar (pexels.com/alexgreen)

Emosi yang terkontrol membuat kamu menjadi pribadi yang dewasa dalam bertindak. Ketika ada masalah yang dihadapi, kemampuan mengontrol emosi tersebut akan membuat kamu bijak dalam menyikapi masalah.

Tidak dengan menggunakan kekerasan atau dengan hal apa pun lainnya karena meluapnya emosi yang ada. Jadi, bijaklah dalam menyikapi masalah, mau itu kecil atau besar.

2. Menghindarkan diri dari pikiran negatif

5 Manfaat ketika Kamu Jadi Pria yang Cerdas dalam Mengontrol Emosiilustrasi menangis (shvetsproduction)

Selain tidak terkontrolnya emosi dapat membuat seseorang mampu melakukan hal-hal yang merugikan juga akan memperburuk keadaan di mana kamu tidak bisa memilah antara pikiran buruk atau kenyataan. Berpikir dengan penuh emosi cenderung menuntun ke arah negatif, seperti ketika curiga pada seseorang.

Seorang yang cerdas dalam mengontrol emosi mampu melihat sisi lain dari tuduhan tersebut. Jernih dan positif dalam berpikir akan menghasilkan keputusan yang baik juga.

3. Tidak mempersulit keadaan

5 Manfaat ketika Kamu Jadi Pria yang Cerdas dalam Mengontrol Emosiilustrasi bicara (pexels.com/alexgreen)

Manfaat lainnya yang akan dirasakan ketika bisa menjadi seseorang yang mampu mengontrol emosinya ialah tidak akan mempersulit keadaan dirinya. Setiap langkahnya tertata dengan baik, terutama dalam menyelesaikan masalah.

Dirinya mampu tenang dalam menghadapi semuanya hingga kemudian bisa berpikir jalan terbaik yang akan menuntunku dalam menyelesaikan masalah.

Baca Juga: 5 Dampak Buruk jika Kamu Sering Berbicara Negatif pada Diri Sendiri

4. Mampu melewati segala masalah hidup

5 Manfaat ketika Kamu Jadi Pria yang Cerdas dalam Mengontrol Emosiilustrasi sedih (pexels.com/inzmamkhan)

Sosok yang mampu mengontrol emosi juga kerap jadi orang yang tanggung dan mampu melewati segala masalah hidup walau itu berat sekalipun. Menjadi sosok yang akan terus belajar untuk dewasa dalam hal apa pun.

Terkadang sosok yang demikian ini akan banyak dikagumi orang lain, bahkan berpotensi menjadi pemimpin. Mereka akan tahu bagaimana mengatasi masalah dengan sangat baik.

5. Melatih untuk jadi pria dewasa

5 Manfaat ketika Kamu Jadi Pria yang Cerdas dalam Mengontrol Emosiilustrasi pasangan (pexels.com/juanvergas)

Salah satu faktor yang mendukung seorang pria menjadi sosok yang dewasa ialah adanya kemampuan dalam mengontrol emosi yang baik. Ini pastinya akan membawa dampak positif dalam kehidupannya. Hanya dengan hal sederhana dalam memperbaiki diri melalui kontrol emosi yang baik, semua kebaikan bisa saja didapat. Tunggu apalagi, segera perbaiki diri mulai dari sekarang.

Banyak manfaat yang bisa dirasakan hanya dengan meningkatkan kemampuan untuk mengontrol emosi lebih baik lagi. Yuk, coba mulai dari sekarang dan rasakan manfaat yang akan kamu dapat setelahnya. Semangat, Bro!

Baca Juga: Tak Selamanya Negatif, Inilah 5 Keuntungan Jadi Pria yang Baperan

Rinda Ratna  Dewi Photo Verified Writer Rinda Ratna Dewi

IG @rindaratna22

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Wahyu Kurniawan

Berita Terkini Lainnya