Comscore Tracker

5 Pertimbangan Sebelum Cowok Mau Mengakui Kesalahan pada Pasangan

Demi menjaga hubungan!

Tidak mudah bagi sebagian orang untuk bisa mengakui kesalahan pada orang lain. Terlebih ketika ia berpikir dampak yang nantinya akan diterima setelah mengakui kesalahan tersebut. Namun, sebagian cowok punya pertimbangan tersendiri ketika melakukan kesalahan.

Mengakui kesalahan pada pasangan menjadi salah satu cara terbaik yang mereka pilih. Seperti apa pertimbangan mereka saat mau mengakui kesalahan pada pasangan. Kita simak yuk penjelasan berikut ini.

1. Tak ingin jika pasangan akan membalas kesalahannya

5 Pertimbangan Sebelum Cowok Mau Mengakui Kesalahan pada Pasanganilustrasi berpikir (pexels.com/Nathan Cowley)

Kita semua sadar jika setiap manusia pasti pernah melakukan kesalahan dalam hidupnya baik disengaja maupun tidak. Namun, kesalahan tersebut sebaiknya bisa diakui, jangan malah disembunyikan begitu saja. Seperti yang cowok sering lakukan jika dirinya punya pertimbangan tersendiri sebelum mengakui kesalahan pada pasangan.

Salah satu pertimbangan mengapa mereka melakukan hal tersebut di antaranya ialah tak ingin jika pasangan membalas apa yang ia perbuat. Bukannya pengecut, tapi ia berpikir jika nantinya akan semakin membuat kacau hubungan. Sebelum pasangan mengetahui kesalahan dari orang lain, ia lebih memilih mengakuinya terlebih dahulu.

2. Ia masih berharap hubungannya langgeng

5 Pertimbangan Sebelum Cowok Mau Mengakui Kesalahan pada Pasanganilustrasi pasangan (pexels.com/andrefurtado)

Seorang cowok yang masih ingin mempunyai hubungan yang langgeng dengan pasangan akan melakukan banyak usaha. Salah satunya ketika melakukan kesalahan dan berani untuk mengakuinya pada pasangan. Pertimbangan mengapa mereka melakukan hal tersebut karena ia masih ingin hubungan dengan pasangan baik-baik saja. 

Ia punya harapan besar jika pasangan mau memaafkan kesalahan yang ia lakukan. Selanjutnya hubungan bisa diperbaiki dengan segera supaya tidak membuat masalah semakin besar dan berlarut. Tujuan mereka ini sangat baik bukan, Bro?

3. Rasa cinta yang begitu besar pada pasangan

5 Pertimbangan Sebelum Cowok Mau Mengakui Kesalahan pada Pasanganilustrasi memberi bunga (pexels.com/vjapratama)

Pertimbangan selanjutnya yang membuat seorang cowok mau mengakui kesalahannya pada pasangan karena rasa cinta yang begitu besar. Ia tak ingin kehilangan pasangan karena pasangan merasa kecewa sudah dibohongi. Daripada pasangan tahu kesalahan mereka terlebih dahulu, sebelum dijelaskan justru akan membuat marah.

Mengakui kesalahan agaknya menjadi pilihan yang jauh lebih baik dari apa pun juga. Lebih baik terlambat daripada pasangan pada ujungnya marah secara berlebihan. Mereka menyadari betul hal ini.

Baca Juga: 5 Akibat Jika Terus Menghalangi Karier Pasangan, Gak Suportif!

4. Tak ingin dicap cowok tak baik

5 Pertimbangan Sebelum Cowok Mau Mengakui Kesalahan pada Pasanganilustrasi pasangan (pexels.com/cottonbro)

Tak ingin dicap sebagai cowok tak baik juga menjadi pertimbangan selanjutnya mengapa cowok mau mengakui kesalahan pasangannya. Ia lebih baik jujur daripada disangka pembohong dan lain sebagainya. Karena pada dasarnya menjaga kepercayaan seseorang itu sulit.

Ketika ia sudah dicap sebagai cowok yang tak baik oleh pasangan, kedepannya bisa mempengaruhi hubungan. Pasangan akan mudah sekali tidak percaya jika ia melakukan kesalahan sekecil apa pun. Mereka paham betul hal yang seperti ini.

5. Ingin menjaga kepercayaan pasangan

5 Pertimbangan Sebelum Cowok Mau Mengakui Kesalahan pada Pasanganilustrasi pasangan (pexels.com/losmuertoscrew)

Demi sebuah pertimbangan demi menjaga kepercayaan pasangan juga cowok pikirkan ketika melakukan kesalahan. Mereka lebih baik mengakui setiap kesalahan yang ada daripada nantinya pasangan tidak percaya terhadapnya. Bisa saja pasangan merasa dibohongi atau bahkan dikhianati atas semua kesalahan yang belum diungkapkan tadi.

Baik kesalahan yang disengaja maupun tidak disengaja, memang perlu suatu kejujuran jika ingin terus dipercaya. Tindakan sebagian besar cowok seperti diatas sepertinya memang sudah benar. Apa kamu sendiri setuju dengan hal ini, Bro?

Mengakui kesalahan dan berusaha untuk mempertimbangkan jika hal tersebut sudah menjadi pilihan yang tepat juga merupakan sisi dewasa seorang cowok. Kamu bisa jadi inspirasi banyak orang, nih!

Baca Juga: 5 Cara Dewasa Sikapi Perbedaan Pendapat dengan Pasangan

Rinda Ratna  Dewi Photo Verified Writer Rinda Ratna Dewi

IG @rindaratna22

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Wahyu Kurniawan

Berita Terkini Lainnya