Comscore Tracker

7 Hal yang Sebaiknya Tidak Dilakukan Ketika Teman Sedang Sedih 

Jangan biarkan temanmu merasa kesepian #IDNTimesMen

Ketika temanmu sedang dihadapkan dengan permasalahan yang membuatnya sedih, memang membuatmu menjadi merasa empati terhadapnya. Sesama teman memang sudah biasa untuk saling bercerita. Namun perlu diingat, berhati-hatilah dalam bertindak dan berbicara karena orang yang sedang bersedih hatinya mudah terluka dan sensitif.

Makanya, kamu perlu menyambutnya dengan baik dan tidak membuatnya makin terpuruk dengan kesedihannya. Sebaiknya jangan lakukan tujuh hal ini ketika temanmu sedang sedih. Kemungkinan justru dia akan makin sedih, atau kesal dengan kamu. Jangan biarkan itu terjadi!

1. Jangan memaksanya untuk berhenti menangis 

7 Hal yang Sebaiknya Tidak Dilakukan Ketika Teman Sedang Sedih Ilustrasi pria menangis (unsplash.com/claudiawolff)

Ketika seseorang dalam keterpurukan biasanya akan meluapkan emosi dengan cara menangis. Memberitahu bahkan memaksa seseorang untuk berhenti menangis, bukan cara yang tepat untuk meredam situasi kesedihan yang sedang dirasakannya.

Sebaiknya, biarkan temanmu menyalurkan seluruh kesedihan melalui tangisannya hingga perasaannya menjadi lebih baik. Setelah itu baru ajak bicara. Bila belum siap, tidak apa-apa, biarkan dia tenang dulu.

2. Jangan membujuk untuk melakukan sesuatu hal sampai terkesan memaksa

7 Hal yang Sebaiknya Tidak Dilakukan Ketika Teman Sedang Sedih Ilustrasi pria sedih (pixabay/doodleroy)

Saat seseorang dalam kesedihan, memang semangatnya bisa menurun sehingga tidak memedulikan kondisi tubuhnya sendiri. Sebagai temannya, kamu bisa membujuknya untuk mengingatkan jangan terlambat makan dan jaga pola tidurnya. Apabila dia menghiraukanmu, coba untuk memberikan perhatian kepadanya secara lebih, seperti membawakannya makanan.

Cobalah untuk lebih sabar menghadapinya, namun jangan menuntut dan memaksanya. Ketika seseorang dipaksakan untuk melakukan sesuatu hal yang tidak diinginkannya, malah akan membuatnya semakin tertekan. Sebaiknya, ingatkan secara halus agar ia merasa ada yang memerhatikan.

3. Jangan mencoba memberikan nasihat kalau tidak diminta 

7 Hal yang Sebaiknya Tidak Dilakukan Ketika Teman Sedang Sedih Ilustrasi pria sedang berbincang (Pexels/Pressmaster)

Setiap permasalahan seseorang memang memiliki penanganan yang berbeda. Sebagai temannya, sebaiknya tanyakan terlebih dahulu apakah ia membutuhkan nasihatmu atau hanya ingin didengar saja.

Terkadang, ketika seseorang sedang sedih yang mereka butuhkan hanya butuh ditemani. Apabila temanmu meminta nasihat, coba berikan komentar yang positif agar ia bisa bangkit dari keterpurukannya.

4. Jangan meremehkan masalah yang sedang ia hadapi

7 Hal yang Sebaiknya Tidak Dilakukan Ketika Teman Sedang Sedih ilustrasi pria sedang menghibur (pexels.com/Mental Health America)

Perlu diingat, setiap orang memiliki kemampuan dan mental yang berbeda-beda. Mungkin kamu pernah mengalami permasalahan seperti temanmu saat ini. Namun, kamu bisa menghadapinya sendiri tanpa perlu bersedih yang berlebihan.

Karena hal tersebut, kamu meremehkannya dan menganggap permasalahan itu sepele yang seharusnya bisa diselesaikan secara mudah seperti kejadianmu waktu itu. Daripada kamu hanya meremehkan temanmu sendiri, lebih baik bantu cari solusi agar ia bisa menyelesaikan masalahnya. Dengan cara seperti itulah yang bisa membantunya bangkit dari kesedihannya.

Baca Juga: 5 Cara Mengatasi Sifat Ceroboh pada Pria, Wajib Kamu Lakukan!

5. Jangan menyela selagi dia bercerita 

7 Hal yang Sebaiknya Tidak Dilakukan Ketika Teman Sedang Sedih Pria sedang ngobrol (Pexels.com/nappy)

Ketika seseorang sedang bersedih, memang butuh keberanian untuk mengungkapkannya atas permasalahannya kepada orang lain. Oleh karena itu, coba hargai temanmu dengan mendengarkan isi ceritanya tanpa menyela, walaupun kamu tahu maksud dari permasalahan yang sedang dihadapinya.

Setelah itu, kamu bisa beri tanggapan yang sesuai dengan topik permasalahannya. Ungkapkan dengan seolah memberi nasihat, bukan mengguruinya apalagi memarahinya.

6. Jangan membicarakan tentang kesedihanmu 

7 Hal yang Sebaiknya Tidak Dilakukan Ketika Teman Sedang Sedih ilustrasi pria bersedih (pexels.com/Alex Green)

Ketika kamu juga sedang memiliki kesedihan, sebaiknya tidak perlu dibicarakan kepada temanmu yang masih dalam kondisi terpuruk. Temanmu pastinya tidak ingin melihatmu merasakan kesedihan yang sama sepertinya.

Oleh karena itu, hindari perbincangan seputar kesedihanmu sampai ia merasa kondisinya lebih baik. Biarkan dia tenang sampai sudah siap untuk diajak berbicara dengan pikiran yang jernih.

7. Jangan membiarkannya mengisolasi diri

7 Hal yang Sebaiknya Tidak Dilakukan Ketika Teman Sedang Sedih ilustrasi pria sedih (pixabay.com/StockSnap)

Mengisolasi di dalam kamar atau menutup diri dari orang lain bukan solusi yang tepat untuk menghapus semua kesedihan. Apalagi membiarkannya menyendiri hingga waktu yang lama. Karena hal tersebut akan membuat kesedihannya makin berlarut-larut.

Kamu sebagai temannya, coba luangkan waktumu untuk mengajaknya berdiskusi santai atau menonton serial film kesukaannya agar bisa menyembuhkan rasa kesedihannya. Selain itu, ajak ia untuk keluar kamar dan menghirup udara segar agar pikirannya bisa menjadi lebih rileks.

Mungkin kamu tidak menyadari sikap dan cara berbicaramu membuat perasaan temanmu semakin terluka ketika ia sedang bersedih. Oleh karena itu, coba berikan perhatian dan dengarkan kebutuhannya untuk menyembuhkan dari rasa sedihnya.

Baca Juga: 7 Ciri Pria Bermental Tangguh yang Bikin Perempuan Terpikat! 

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Wahyu Kurniawan

Berita Terkini Lainnya