Comscore Tracker

5 Alasan Pria Banyak Menekuni Hobi Bonsai, Bikin Happy Bro!

Ternyata mengandalkan tenaga fisik juga 

Siapa bilang kegiatan merawat tanaman identik dengan kaum hawa saja? Nyatanya, ada lho jenis kegiatan merawat tanaman yang identik dilakukan pria, seperti bonsai contohnya. Coba saja lihat para penggiat bonsai di seluruh dunia, ternyata banyak dari mereka merupakan kalangan pria dengan berbagai rentang usia.

Kalo dipikir-pikir, kenapa ya banyak dari pria menyukai jenis kegiatan merawat tanaman dalam pot asal China yang juga dikenal berkembang pesat di Jepang bernama bonsai tersebut? Yuk simak alasannya di bawah ini!

1. Kegiatan luar ruangan 

5 Alasan Pria Banyak Menekuni Hobi Bonsai, Bikin Happy Bro!Ilustrasi bonsai (Unsplash/Vitor Monthay)

Penghobi bonsai biasanya senang sekali berkegiatan di luar ruangan. Hal ini jelas berkaitan dengan perawatan rutin tanaman bonsai seperti menyiram, membentuk, memangkas, mengganti media tanam pada pot.

Selain itu ada juga mencari ide bentuk bonsai di tahap berikutnya, hingga menikmati koleksi bonsai yang dimiliki dari dekat. Jadi, memang kegiatannya cukup membuat hati senang, sih! 

2. Berpetualang di alam

5 Alasan Pria Banyak Menekuni Hobi Bonsai, Bikin Happy Bro!Ilustrasi bonsai (Pexels/Quang Nguyen Vinh)

Bagi sebagian orang, kegiatan bonsai terkadang juga berurusan dengan alam liar seperti hutan, perbukitan, tebing dan tempat lainnya yang jarang dilalui orang. Hal ini biasanya dilakukan ketika seseorang membutuhkan bahan tanaman yang layak digunakan dalam pembuatan bonsai.

Beberapa kegiatan perburuan di alam tersebut bisa dilakukan dengan cara mengambil bibit pohon yang tumbuh di sekitar induk, mengambil bijian yang jatuh untuk disemai nantinya, cangkok, stek, hingga mendongkel atau mengambil bahan tanaman yang ada di tanah untuk dibawa pulang.

Meski begitu, perlu diingat bahwa para pemburu tersebut biasanya memiliki pengetahuan dan etika pengambilan bahan tanaman bonsai dari alam, seperti mengerti bahwa tanaman itu dilindungi atau tidaknya, izin pihak berwenang jika diperlukan, hingga pertimbangan terkait kelestarian ekosistem yang ada.

3. Membutuhkan fisik yang prima

5 Alasan Pria Banyak Menekuni Hobi Bonsai, Bikin Happy Bro!Ilustrasi bonsai (Unsplash/Paola Canas Valadez)

Bonsai biasanya dikategorikan dengan berbagai ukuran, dari ukuran sangat kecil berukuran kurang atau sampai 15 cm hingga yang jumbo berukuran lebih dari 100 cm. Artinya, bagi yang ingin memiliki bonsai berukuran besar, tentu akan berpengaruh juga pada ukuran pot dan isi media tanam di dalamnya.

Karena itu, jangan heran kalau untuk mengangkat satu buah bonsai besar diperlukan alat pengangkut khusus atau membutuhkan lebih banyak tenaga pria lainnya agar dapat mengangkat bonsai tersebut bersama-sama, ketika diperlukan.

Baca Juga: 6 Cara Menanam Bonsai dengan Tampilan Menarik dan Umur Panjang

4. Karakter sesuai pohon bonsai beragam

5 Alasan Pria Banyak Menekuni Hobi Bonsai, Bikin Happy Bro!Ilustrasi bonsai (Unsplash/Devin H)

Dalam bonsai tak ada bentuk yang sama antara satu pohon dengan pohon lainnya. Semua pohon memiliki karakter atau khasnya masing-masing. Dari beragam keunikan karakter pohon yang ada, beberapa penggiat bonsai ada yang menyukai pohon yang terkesan gagah, keras, terbentuk seperti terpelintir, atau memiliki guratan khas.

Di mana, semua ciri tersebut kerap diidentikan dengan sisi maskulin dalam diri seorang pria. Sementara itu, ada juga penghobi bonsai lainnya yang mencari sisi keanggunan dan lekuk elok yang tampil pada karakter pohon bonsai tertentu.

5. Jaringan pertemanan luas 

5 Alasan Pria Banyak Menekuni Hobi Bonsai, Bikin Happy Bro!Ilustrasi pertemanan (Pexels/Stephan Seeber)

Karena memiliki hobi yang sama, banyak dari penggiat bonsai dengan latar belakang yang beragam itu akhirnya saling terhubung untuk saling bertukar informasi seputar bonsai, melakukan perawatan bonsai bersama, hingga bertukar jenis pohon. Hasil pertemanan itu juga dapat terlihat dari banyaknya pameran bonsai rutin yang diselenggarakan dan dihadiri para penghobi bonsai dari berbagai daerah lainnya, lho.

Nah, jadi itulah beberapa alasan kenapa merawat tanaman dalam pot satu ini banyak dilakukan para pria. Kalau menurut kamu, alasan apa lagi yang membuat pria menyukai bonsai?

Baca Juga: 7 Bonsai Tertua di Dunia, Usia Ratusan Tahun Bahkan Lebih

Rizky Gura Saputra Photo Writer Rizky Gura Saputra

Sebisa mungkin berupaya menebar manfaat.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Wahyu Kurniawan

Berita Terkini Lainnya