Comscore Tracker

5 Tips Beri Good Impression Saat Interview Kerja, Pelamar Kerja Cek!

Yang lagi cari kerja wajib tahu

Bagi pelamar pekerjaan, mendapatkan kesempatan untuk melakukan interview kerja adalah satu hal yang sangat penting. Setelah mengirim lamaran pekerjaan dan menunggu, panggilan interview hal yang ditunggu-tunggu.

Tetapi, banyak dari para pelamar kerja yang kurang mempersiapkan diri untuk proses ini. Memberikan kesan yang baik pada pewawancara kerja adalah hal penting agar kita berpeluang besar mendapatkan pekerjaan yang diinginkan. Berikut beberapa tips agar kamu mendapat kesan baik di mata pewawancara.

1. Persiapan dan tepat waktu

5 Tips Beri Good Impression Saat Interview Kerja, Pelamar Kerja Cek!Ilustrasi pencari kerja (pexels.com/AneteLusina)

Lakukan persiapan sebelum interview kerja, karena ini adalah hal yang sangat penting. Cobalah untuk latihan menjawab pertanyaan yang kemungkinan ditanyakan. Selain itu, cari tahu latar belakang dari perusahaan atau instansi yang memberikan kesempatan interview.

Datang 15-30 menit sebelum jadwal yang telah ditentukan. Hal ini menunjukan antusias dan integritas sebagai seorang kandidat. Siapkan beberapa salinan resume, buku catatan kecil, dan pena untuk mencatat.

Berpenampilan rapi, bersih, dan sehat. Siapkan segala hal minimal sehari sebelum interview, dari hal yang penting hingga berpikir baju dan sepatu apa yang harus dipakai. Hal ini agar tidak lagi memikirkan hal lain di hari interview.

2. Bersikap hangat, tenang, dan fokus

5 Tips Beri Good Impression Saat Interview Kerja, Pelamar Kerja Cek!ilustrasi interview kerja (pexels.com/TimaMiroshnichenko)

Cari tahu sebelum interview nama pewawancara, baik nama lengkap, ejaan, dan gelarnya. Ketika tiba waktu bertemu, berusahalah untuk bersikap hangat dengan menjabat tangan dan menyapa pewawancara dengan menyebut namanya.

Tetap tenang dan fokus pada saat interview, menjaga ketenangan akan membuat kamu lebih nyaman dalam menghadapi interview kerja. Jaga kontak mata dengan pewawancara dan dengarkan baik-baik setiap arahan dan pertanyaan yang ditanyakan.

3. Menjaga bahasa tubuh dan tata cara bicara

5 Tips Beri Good Impression Saat Interview Kerja, Pelamar Kerja Cek!ilustrasi interview kerja (pexels.com/TimaMiroshnichenko)

Bahasa tubuh adalah salah satu bentuk komunikasi, maka dari itu penting untuk memperhatikan bahasa tubuh. Bagaimana berjalan, duduk, dan ketika menghadapi pewawancara. Tata bahasa juga harus memiliki sopan santun agar terlihat kamu menghormati orang lain dan proses interview tersebut.

Berusahalah untuk menjaga bahasa tubuh yang mencerminkan kepercayaan diri, antusias, dan energi baik. Menjaga kontak mata hangat namun tegas, tidak membungkuk, dan condongkan tubuh sedikit ke depan ketika pewawancara sedang bicara untuk menunjukan ketertarikan terhadap pesan yang disampaikan.

Baca Juga: 8 Tips Memilih Pakaian untuk Interview Kerja agar Terlihat Profesional

4. Jujur dalam menjawab pertanyaan

5 Tips Beri Good Impression Saat Interview Kerja, Pelamar Kerja Cek!ilustrasi interview kerja (pexels.com/MartProduction)

Perhatikan jawaban yang akan diberikan pada setiap pertanyaan, tidak perlu melebih-lebihkan jawaban. Jujur dalam menjawab dan tunjukan loyalitas pada perusahaan dengan tidak bicara buruk tentang sekolah, perguruan tinggi, perusahaan, atau kolega sebelumnya.

Buat jawaban yang mendukung keahlian dan kelebihan sehingga perusahaan yakin bahwa kamu cocok dengan posisi ini dan menerima kamu untuk bekerja di perusahaan tersebut. Selama menjawab pertanyaan, tunjukkan rasa kepercayaan diri agar pewawancara terkesan bahwa kamu memang orang yang optimis.

5. Menindaklanjuti interview

5 Tips Beri Good Impression Saat Interview Kerja, Pelamar Kerja Cek!ilustrasi selesai interview (pexels.com/TimaMiroshnichenko)

Di penghujung interview ajukan satu atau dua pertanyaan kepada pewawancara yang menunjukan keingintahuan yang besar tentang perusahaan dan posisi yang diinginkan. Ucapkan terima kasih atas kesempatan interview yang menyenangkan dan tegaskan kembali minat untuk posisi tersebut.

Tutup interview dengan sikap optimis dan nada positif serta antusias, tanyakan kepada pewawancara apa langkah selanjutnya setelah interview selesai. Kamu mungkin akan melakukan interview lanjutan apabila menunjukan kesan baik pada interview pertama.

Itulah beberapa tips yang dapat kamu lakukan agar interview kerja kamu memberikan kesan baik bagi pewawancara. Jangan menyerah dan latihan terus, ya!

Baca Juga: 7 Tips Fashion Pria untuk Wawancara Kerja, Jangan Sampai Salah Outfit!

Ayu Ruswandi Photo Verified Writer Ayu Ruswandi

Mailrosemary1@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Wahyu Kurniawan

Berita Terkini Lainnya