Comscore Tracker

Masih Baper Sama Mantan? Coba Atasi dengan 5 Cara Ini, Bro!

Saatnya kamu berhenti baper dengan mantan, ini caranya!

Siapa nih yang masih suka baper dengan mantan pacar? Udah berusaha untuk move on, tiba-tiba masih suka kepikiran, berkeinginan untuk menjalin pertemanan tapi masih suka kebawa perasaan.

Kalau seperti ini siapa yang repot? Memang sih perasaan itu gak mudah dihilangkan, apalagi kalau masa-masa baru putus cinta. Namun tenang saja, berikut lima cara mengatasi rasa baper pada mantan yang bisa kamu lakukan. Penasaran? Simak penjelasannya sampai beres!

1. Memutus kontak sementara waktu

Masih Baper Sama Mantan? Coba Atasi dengan 5 Cara Ini, Bro!Ilustrasi memegang handphone (pexels.com/@ekaterina-bolovtsova)

Cara pertama atasi rasa baper pada mantan pacar yaitu dengan memutus kontak untuk sementara waktu. Gak ada salahnya untuk berhenti berhungan dengannya, jika ia mengajak ketemu jangan mau dulu, jika ia menghubungi terus jangan kamu respon.

Bukan maksud memutus silaturahmi atau jalinan pertemanan kalian, namun untuk mengurangi baper berlebihan. Karena bagaimanapun kalian sekarang sudah bukan pasangan, namun telah jadi mantan. Maka, menjaga hati supaya gak baper adalah pilihan yang terbaik. 

2. Jika memutuskan berteman, beri batasan di antara kalian

Masih Baper Sama Mantan? Coba Atasi dengan 5 Cara Ini, Bro!pasangan sedang duduk berdua (pexels.com/@Jonathan Borba)

Memutus dan menghilangkan perasaan pada seseorang itu gak mudah. Setiap orang butuh waktu masing-masing. Maka, jika saat ini kamu sudah berdamai dengan keadaan dan memutuskan untuk menjalin pertemanan dengannya, tetap beri batasan di antara kalian. 

Jangan teleponan berjam-jam, jangan berbalas pesan romantis, apalagi curhat tentang masalah pribadi. Tetapkan batasan yang jelas, supaya gak timbul rasa baper yang bisa mengulik kisah masa lalu kalian. 

3. Stop stalking media sosial

Masih Baper Sama Mantan? Coba Atasi dengan 5 Cara Ini, Bro!Ilustrasi cowok megang handphone (Pexels/Lisa Fotios)

Siapa nih yang suka stalking mantan pacar? Sepertinya kebiasaan satu ini pernah dilakukan hampir semua orang. Stalking sekarang dia sedang dekat dengan siapa, kesibukannya saat ini ngapain saja, apakah sudah ada pacar baru, dan lainnya. 

Mungkin sekali dua kali gak masalah, namun kalau keseringan, niat hati pertama kali cuma ingin tahu malah kebawa perasaan. Doi update status galau atau posting foto kenangan masa lalu kalian, langsung deh jadi kepikiran. Maka berhenti saja untuk kepo tentang kehidupannya, supaya hatimu bisa terjaga. 

Baca Juga: Jangan Jadian Dulu kalau Kamu Mengalami 5 Hal Ini, Risiko Salah Pilih!

4. Jangan melibatkan mantan untuk urusan pribadi

Masih Baper Sama Mantan? Coba Atasi dengan 5 Cara Ini, Bro!laki-laki dan perempuan(pexels.com/blue bird)

Cara selanjutnya menghilangkan perasaan baper pada mantan yaitu, dengan tidak melibatkan mantan untuk urusan pribadi. Setelah putus mungkin kalian masih berteman baik suka berbagi cerita, curhat sana sini dan berhubungan baik sebagai teman. 

Namun, meski begitu jangan pernah melibatkan urusan pribadimu pada mantan, ya. Komunikasi sewajarnya saja, namun jangan izinkan dia masuk ke dalam hidupmu. Karena jika hal itu dilakukan bisa membuat kalian jadi terbawa suasana, hingga pada akhirnya gagal move on lagi. 

5. Berdamai dengan masa lalu

Masih Baper Sama Mantan? Coba Atasi dengan 5 Cara Ini, Bro!wanita sedang duduk (pexels.com/@ Porapak Apichodilo)

Ternyata perasaan baper pada mantan meski kalian sudah berhenti berhubungan, gak mudah juga dihilangkan. Ya wajar sih, sebab kita sendiri juga gak bisa menghidupkan dan mematikan perasaan tersebut. Namun kamu bisa mengantisipasinya dengan coba berdamai dengan masa lalu. 

Gak apa-apa kalau masih baper, akui saja perasaan tersebut. Namun, harus sadar keadaan kalian sudah berbeda, kamu dan dia sudah gak ada hubungannya lagi. So, terima saja apa yang telah terjadi saat ini. Jadikan masa lalu sebagai pelajaran untuk jadi pribadi yang lebih baik. 

Rasa baper pada mantan kadang memang sulit dihilangkan. Namun kamu bisa mencoba cara di atas supaya gak kebawa perasaan lagi padanya. 

Baca Juga: 5 Alasan yang Bikin Cowok Jadi Insecure dalam Menjalani Hubungan

Ruhil Sabrina Photo Verified Writer Ruhil Sabrina

find me on instagram : @ruhilsabrina

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Wahyu Kurniawan

Berita Terkini Lainnya