Comscore Tracker

Jadi Pria Lebih Peka, 5 Cara Memberi Support pada Teman yang Bersedih

Jadilah sahabat dalam suka dan duka #IDNTimesMen

Dalam hidup tidak ada ceritanya kalau kita ingin enak-enaknya aja. Pasti akan mengalami rasa senang dan sedih yang beriringan. Beragam masalah pasti akan dialami oleh setiap orang pun termasuk temanmu yang sedang mengalami kesulitan tersebut. 

Ketika ia mengalami masa sulit, kamu sebagai sahabat janganlah diam saja. Tanyakan keadaannya dan hiburlah dia, supaya beban yang ia rasa bisa sedikit teratasi. Mungkin dari kita masih banyak yang bingung bagaimana cara memberi dukungan kepada teman yang sedang punya masalah. Untuk itu, baca artikelnya di bawah ini sampai habis! 

1. Kalau sedang curhat dengarkan dengan seksama

Jadi Pria Lebih Peka, 5 Cara Memberi Support pada Teman yang BersedihIlustrasi pria ngobrol (Unsplash/Lilibeth Bustos Linares)

Kadang ketika seseorang lagi ada banyak masalah ia hanya memerlukan teman yang mau mendengarkan ceritanya. Memerlukan sosok untuk berbagi cerita tanpa menghakimi terhadap masalah yang sedang ia alami.

Maka, ketika temanmu sedang bercerita atau curhat dengarkan, jangan memotong obrolan dan beri masukan terbaik jika ia meminta pendapat darimu. Biarkan ia lepas berbicara karena dengan begitu ia akan merasa sedikit lega.

2. Jangan pernah mengecilkan masalah yang ia alami

Jadi Pria Lebih Peka, 5 Cara Memberi Support pada Teman yang BersedihIlustrasi pria ngobrol (Pexels/nappy)

Apa hal yang paling menyebalkan ketika kita berbagi masalah dengan orang lain? Ya, benar sekali ada saja manusia yang suka mengecilkan masalah yang kita alami. Biasanya ia selalu bilang "kamu masih mending, lah aku?", capek hati menghadapi tipe teman yang seperti ini.

Makanya ketika temanmu sedang lagi banyak masalah, janganlah sekali-kali mengecilkan persoalan yang ia alami. Sebab kita tidak tahu seberapa besar usaha dan sulitnya ia menghadapi masalah tersebut

3. Berikan waktu untuk sendiri dulu

Jadi Pria Lebih Peka, 5 Cara Memberi Support pada Teman yang BersedihIlustrasi pria menyendiri (pexels.com/@VisionPic .net)

Kadang untuk menyelesaikan persoalan kita hanya perlu waktu untuk menyendiri. Waktu untuk merenung dan berpikir guna mencari solusi terbaik dari setiap masalah tersebut.

Oleh karena itu ketika temanmu sedang punya masalah namun belum mau bercerita, janganlah kamu paksa. Beri dia waktu untuk sendiri dulu, setelah ia siap untuk bercerita dengarkan apa yang ia katakan.  

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Pria Harus Pandai dalam Mengambil Keputusan Sendiri

4. Ajak dia hangout untuk mencari hiburan

Jadi Pria Lebih Peka, 5 Cara Memberi Support pada Teman yang BersedihIlustrasi pria berlibur (pexels.com/@matheusferrero)

Terlalu berat dalam memikirkan masalah bisa membuat kita jadi tertekan dan stres. Maka dari itu ketika ada teman yang sedang lagi ada masalah kamu bisa menghiburnya dengan mengajak hangout sebentar untuk mencari hiburan.

Kamu bisa mengajaknya jalan-jalan ke mal, makan bareng, atau melakukan kegiatan apa saja yang bisa membuat hati dan pikirannya membaik. Hal terpenting dia akan melupakan sejenak permasalahannya.

5. Tanyakan padanya bagaimana cara agar kamu bisa membantunya

Jadi Pria Lebih Peka, 5 Cara Memberi Support pada Teman yang BersedihIlustrasi ngobrol(pexels.com/nappy)

Cara terakhir untuk menghibur teman yang sedang punya banyak masalah yaitu dengan memberi sikap perhatian. Bentuk perhatian tersebut dengan bertanya padanya bagaimana kamu bisa membantunya dalam menyelesaikan masalah. Tanyakan apa yang ia inginkan, dan beri dukungan terbaik. Satu hal yang harus kamu ingat jadilah sahabat terbaik dengan selalu ada untuknya baik suka maupun duka. 

Itulah tadi lima cara memberi support pada teman ketika sedang ada masalah. Jadi mulai sekarang jangan diam saja ketika temanmu mengalami masa sulit. Semoga tips di atas bisa membantumu. 

Baca Juga: 5 Dampak Buruk jika Kamu Sering Berbicara Negatif pada Diri Sendiri

Ruhil Sabrina Photo Verified Writer Ruhil Sabrina

find me on instagram : @ruhilsabrina

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Wahyu Kurniawan

Berita Terkini Lainnya