Comscore Tracker

Meski Terkesan Cuek, Ini 5 Ciri Teman yang Benar-benar Memedulikanmu

Apakah sahabatmu termasuk?

Setiap orang pasti ingin mempunyai teman yang bisa peduli satu sama lain. Saat kamu jatuh ia selalu ada, saat kamu butuh support ia akan berusaha mendukungmu, dan saling peduli bagaimanapun keadaan kita.

Namun, nyatanya mencari teman yang seperti ini sangatlah sulit, hingga kadang kita terjebak teman yang toksik. Tapi bukan berarti gak bisa menemukan tipe teman seperti ini ya. Nah, berikut lima tanda teman yang benar-benar memedulikanmu dan patut kamu pertahankan! 

1. Saat kamu sedang gak baik-baik saja, ia berusaha jadi sosok yang selalu ada

Meski Terkesan Cuek, Ini 5 Ciri Teman yang Benar-benar Memedulikanmupexels/Huy ProShoot

Saat kamu sedang sedih, saat diuji cobaan yang berat, ia gak akan meninggalkan namun tetap mendukungmu. Karena, biasanya kalau sedang sedih atau kesusahan, jarang ada orang yang selalu ada untuk kita, kecuali orang terdekat.

Namun, jika temanmu melakukan hal itu tandanya ia memang benar-benar peduli bagaimanapun kondisimu. Sebenarnya tidak menuntut teman untuk selalu ada kok, namun mengupayakan untuk ada. Artinya kalau gak bisa ada disamping kita ia akan tetap mendukungmu dari kejauhan. Sebab kamu pun sadar semakin dewasa seseorang pasti punya kesibukan atau prioritasnya masing-masing. 

2. Suportif dalam suka dan duka

Meski Terkesan Cuek, Ini 5 Ciri Teman yang Benar-benar MemedulikanmuIlustrasi pertemanan (pexels.com/@fauxels)

Tidak semua teman akan tetap ada untuk kita saat kamu sedih, down dan merasa gak baik-baik saja. Bahkan, kebanyakan teman itu datang kalau cuma butuhnya doang, kalau keperluan pribadinya selesai langsung deh jadi amnesia. Namun, giliran kamu yang mengalami masa-masa sulit, dia seakan ogah-ogahan untuk membantumu. 

Tapi, kalau sebaliknya kamu punya sahabat yang suportif dalam suka maupun duka, selamat artinya kamu punya teman yang benar-benar peduli. So, pertahankan sahabat seperti ini. 

3. Kalau kamu salah, dia akan mengingatkanmu

Meski Terkesan Cuek, Ini 5 Ciri Teman yang Benar-benar MemedulikanmuPexels.com/Mental Health America

Tidak semua orang bisa mengingatkan dalam hal kebaikan. Bahkan, teman sendiri saja kalau kita melakukan kesalahan, kadang cuma diam nggak berusaha menegur atau menasihati. Namun, kalau kamu punya teman yang mana saat kamu melakukan kesalahan, saat kamu melakukan hal-hal yang tidak semestinya dilakukan, dia mengingatkanmu secara langsung, tanda ia orang yang benar-benar peduli. 

Dia tidak ingin kamu terjebak oleh hal yang menyesatkan, ia ingin kamu tetap berjalan di jalan yang baik. So, jadilah teman yang saling mengingatkan satu sama lain, ya! 

Baca Juga: 5 Jenis Curhat Gak Sehat yang Harus Dihindari, Bikin Toksik Bro! 

4. Berusaha mengerti apa ketertarikan dan kebutuhanmu

Meski Terkesan Cuek, Ini 5 Ciri Teman yang Benar-benar MemedulikanmuIlustrasi komunitas, pertemanan, hubungan sosial. (Unsplash.com/Priscilla Du Preez)

Teman yang benar-benar peduli ia akan selalu berusaha mengerti apa sih ketertarikan atau hobi kita. Meskipun kalian punya hobi yang berbeda, tapi ketika kamu menceritakan tentang hobi, tentang kesukaan dalam hidup kamu, dia akan berusaha untuk menjadi pendengar yang baik. 

Dia akan merespon dan sebisa mungkin untuk jadi teman yang enak diajak ngobrol. Meskipun kamu sendiri kurang update tentang hal tersebut. 

5. Berusaha untuk menyempatkan waktu

Meski Terkesan Cuek, Ini 5 Ciri Teman yang Benar-benar MemedulikanmuIlustrasi pertemanan (pexels.com/@Helena Lopes)

Memang, semakin dewasa seseorang, prioritas atau tujuan hidupnya akan berbeda. Ada yang sibuk terhadap karier, fokus cita-cita, ada yang sudah berumah tangga, sehingga untuk sekadar nongkrong atau ketemu bareng saja gak sempat. 

Namun, teman yang benar-benar peduli ia akan berusaha menyempatkan waktu disela-sela kesibukannya, meski itu hanya sesekali. Ya, intinya silaturahmi dan hubungan kalian masih terjalin dengan sangat baik sampai saat ini. 

Itulah lima ciri teman yang benar-benar memedulikanmu. Jadi, kalau kamu punya teman yang seperti ini jaga baik-baik ya, jangan sampai kehilangan sosoknya. 

Baca Juga: 5 Alasan Kamu Gak Boleh Jadi Pria yang Plinplan dalam Bersikap

Ruhil Sabrina Photo Verified Writer Ruhil Sabrina

find me on instagram : @ruhilsabrina

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Wahyu Kurniawan

Berita Terkini Lainnya