Comscore Tracker

5 Tips Atasi Rasa Jenuh pada Hubungan yang Sudah Terjalin Lama

Kalau bosan itu bilang, jangan ngilang ya, bro!  

Kamu pernah gak merasakan hubunganmu dengan pasangan mencapai titik bosan dan jenuh? Hubungan tersebut terasa sangat hambar, kosong dan tidak ada semangat lagi untuk menjaganya.

Perasaan bosan tersebut sebenarnya wajar-wajar saja kok, mengingat namanya hubungan pasti ada fase pasang surutnya apalagi hubungan itu sudah lama kamu jalin. Namun, jangan biarkan rasa bosan tersebut dijadikan alasan untuk putus, lebih baik kamu atasi dengan lima cara berikut ini. Apa saja? Simak sampai bawah!

1. Melakukan aktivitas baru yang belum pernah kalian coba  

5 Tips Atasi Rasa Jenuh pada Hubungan yang Sudah Terjalin LamaIlustrasi pasangan (unsplash.com/@Jonathan Borba)

Cara pertama yaitu coba lakukan aktivitas baru bersama pasangan. Bisa jadi penyebab hubunganmu terasa membosankan karena kalian sering melakukan rutinitas yang sama dan tanpa sadar membuat kalian terjebak dalam zona nyaman. Karena terlalu nyaman inilah akhirnya membuat hubunganmu terasa jalan di tempat dan tidak mengalami perkembangan.

Maka dari itu, coba deh cari aktivitas baru yang belum pernah kalian coba sebelumnya, misalnya dengan melakukan kegiatan sosial, hingga berpetualang berdua. So, kenapa nggak kamu coba?

2. Merencanakan petualangan berdua

5 Tips Atasi Rasa Jenuh pada Hubungan yang Sudah Terjalin LamaIlustrasi pasangan (pexels.com/Gustavo Fring)

Mungkin selama menjalin hubungan kegiatan kalian hanya diisi dengan jalan-jalan ke mal, makan malam di restoran, atau nonton bioskop saja. Maka, nggak heran kalau dilakukan secara berulang hubunganmu jadi membosankan.

Coba mulai sekarang rencanakan petualangan berdua dengan mengunjungi tempat yang belum pernah kalian datangi. Misalnya dengan melakukan perjalanan outdoor, atau bagi kalian yang sama-sama menyukai tantangan bisa naik gunung, coba permainan arung jeram, snorkeling dan aktivitas petualangan lainnya.

3. Perbaiki komunikasi

5 Tips Atasi Rasa Jenuh pada Hubungan yang Sudah Terjalin LamaIlustrasi pasangan (pexels.com/Снежана)

Sebelum masalahmu melebar ke mana-mana, lebih baik kamu perbaiki dulu komunikasimu dengan pasangan. Karena bisa jadi hubunganmu renggang karena kalian jarang komunikasi berdua, lama tidak telepon, atau tengah sibuk dengan urusan masing-masing sehingga komunikasi kalian jadi terganggu. 

Ingat ya komunikasi merupakan salah satu kunci yang bisa membuat hubungan bertahan. Jadi sempatkan waktu kalian untuk bertemu dan ngobrol berdua.

Baca Juga: 5 Akibat Buruk Cowok yang Suka Mengumbar Keburukan Pasangan  

4. Jangan lupakan waktu untuk urusan pribadi  

5 Tips Atasi Rasa Jenuh pada Hubungan yang Sudah Terjalin LamaIlustrasi pria (pexels.com/@Vlada Karpovich)

Ini nih yang banyak dilupakan orang saat menjalin hubungan, yaitu tidak memiliki waktu lagi untuk urus pribadi atau me time. Saat menjalin hubungan pasti kamu ingin selalu dekat dengan pasangan, ingin selalu ada di sampingnya, hingga sering lupa untuk menyisihkan waktu sendiri.

Kebersamaan terus menerus tanpa tahu waktu inilah yang bisa mengakibatkan rasa bosan itu muncul. Maka dari itu, luangkan waktumu untuk aktivitas personal dengan menekuni hobi, membaca atau kegiatan yang lain. Dengan begitu akan membuat suasana hatimu menjadi lebih fresh dan bisa memunculkan rasa rindu pada pasangan.

5. Memberikan kejutan

5 Tips Atasi Rasa Jenuh pada Hubungan yang Sudah Terjalin LamaIlustrasi pasangan (pexels.com/@Anna Shvets)

Supaya hubunganmu lebih berwarna sesekali berilah dia kejutan. Memberi kejutan tidak harus menunggu saat hari spesial tiba seperti saat ulang tahun atau anniversary saja, tapi di hari-hari biasa seperti ini bisa kamu lakukan. Kejutan tersebut nggak harus mewah, hadiah sederhana dengan membuatkan dia masakan atau kue favorit untuk bekal ke kantor bisa deh kamu coba.

Itulah lima cara mengatasi rasa jenuh pada hubungan yang sudah terjalin lama. Selamat membaca, semoga tips di atas bisa membantumu, ya!

Baca Juga: 5 Dampak Buruk Kalau Kamu Terlalu Percaya dengan Diri Sendiri

Ruhil Sabrina Photo Verified Writer Ruhil Sabrina

find me on instagram : @ruhilsabrina

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Wahyu Kurniawan

Berita Terkini Lainnya