Comscore Tracker

5 Tips Atasi Hilang Fokus Saat Sedang Bekerja, Jaga Konsentrasimu!

Jangan sampai pekerjaanmu terganggu karena ketidakfokusanmu

Hilang fokus saat sedang bekerja merupakan salah satu musuh yang harus dihadapi para pekerja. Mengapa? Karena saat hilang fokus sedang melanda, maka akan timbul rasa malas untuk melanjutkan pekerjaan yang ada akibat merasakan tekanan yang begitu banyak. Jika sudah seperti itu, maka akan membuatmu merasa tidak nyaman untuk kembali bekerja demi menyelesaikan pekerjaan yang sedang kamu kerjakan tersebut. 

Jadi, kamu harus bisa mengatasi hilang fokus agar pekerjaanmu tidak terbengkalai dan menganggu produktivitasmu di dalam bekerja. Jika kamu menunda dan meninggalkan pekerjaanmu, maka akan membuat pekerjaanmu semakin menumpuk, kamu juga akan semakin tertekan karena dikejar deadline. Belum lagi jika itu pekerjaan tim, maka bisa menghambat pekerjaan anggota tim lainnya saat pekerjaan kalian saling berkaitan satu sama lain. Oleh karena itu, atasi hilang fokusmu dengan lima tips ini. 

1. Istirahatkan pikiran dan tubuhmu sejenak

5 Tips Atasi Hilang Fokus Saat Sedang Bekerja, Jaga Konsentrasimu!Ilustrasi mencari motivasi dalam diri (www.paxals/Andrea Piacquadio)

Salah satu penyebab hilang fokus saat sedang bekerja adalah karena kamu terlalu lelah. Apalagi jika ditambah dengan kurang tidur dan kurang asupan makanan yang bergizi serta dihadapkan pada banyaknya pekerjaan yang harus kamu selesaikan, maka tentunya akan semakin memperparah lelahmu. Jika sudah seperti itu, rasa lelah tersebut akhirnya membuatmu menjadi hilang fokus saat bekerja. 

Mungkin di pagi hingga siang hari kamu masih bisa mengikuti ritme pekerjaanmu dengan baik karena kondisi tubuhmu yang masih segar dan fit, namun saat sudah menjelang sore hari kamu akan mulai merasakan lelah dan akhirnya hilang fokus. Jadi, jangan paksakan dirimu untuk terus melanjutkan pekerjaan yang sedang kamu kerjakan. Jauh lebih baik jika kamu mengistirahatkan pikiran dan tubuhmu sejenak. Baru setelah itu kamu lanjutkan kembali pekerjaanmu. 

2. Memilah pekerjaan dengan baik, terutama yang sulit dan rumit

5 Tips Atasi Hilang Fokus Saat Sedang Bekerja, Jaga Konsentrasimu!ilustrasi memilah pekerjaan (pexels.com/Michael Burrows)

Hilang fokus juga bisa terjadi saat kamu kewalahan mengerjakan pekerjaan yang banyak, sulit dan rumit. Kamu memaksakan dirimu untuk bisa menyelesaikannya dengan segera, padahal kamu sudah mulai merasa sulit berkonsentrasi dengan baik. Nah, di situlah letak permasalahannya, karena sulit berkonsentrasi merupakan peringatan awal sebelum kamu benar-benar kehilangan fokus dalam bekerja. 

Jadi, jika dirasa kamu tidak sanggup melakukannya, maka jangan memaksakan dirimu dan otakmu untuk terus mengerjakan pekerjaan yang rumit dan sulit tersebut. Apalagi jika jadwal deadline-nya masih jauh, maka sebaiknya kamu tunda dulu. Pilahlah pekerjaanmu dengan baik, kerjakan pekerjaan yang lebih mudah dan ringan dulu agar bisa membantumu mendapatkan kembali konsentrasimu, sehingga fokusmu juga tetap terjaga. 

3. Jangan memaksakan diri untuk multitasking jika kamu tidak terbiasa

5 Tips Atasi Hilang Fokus Saat Sedang Bekerja, Jaga Konsentrasimu!ilustrasi multitasking (pexels.com/Karolina Grabowska)

Sebenarnya tidak masalah saat kamu multitasking dengan maksud untuk menyelesaikan banyak pekerjaan, namun selama itu kamu mampu dan bisa melakukannya. Jika ternyata itu malah membuatmu hilang fokus karena menghadapi banyak hal sekaligus, maka janganlah paksakan dirimu untuk multitasking. Misalnya, seperti kamu yang sedang membalas email sambil berbicara dengan customer di telepon. 

Selain mengerjakan beberapa hal secara sekaligus dan bersamaan, pikiranmu juga akan terbagi antara memberikan penjelasan kepada customer dan menjawab pertanyaan di email. Atau saat kamu sedang meeting, kamu sambil mengecek proposal pekerjaanmu yang lain, maka kamu akan membagi pikiranmu, yaitu mendengarkan dan menganalisa permasalahan yang di bahas di dalam meeting dengan melakukan kroscek proposal pekerjaanmu tersebut. Jadi, jika kamu tidak terbiasa untuk multitasking, tentunya hal tersebut bisa membuatmu hilang fokus.

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Bahagia Itu Pilihan, Semua Tergantung Dirimu! 

4. Membuat manajemen waktu yang tepat dan cocok untukmu

5 Tips Atasi Hilang Fokus Saat Sedang Bekerja, Jaga Konsentrasimu!ilustrasi membuat manajemen waktu (pexels.com/Ono Kosuki)

Cobalah untuk membuat manajemen waktu yang tepat dan cocok untuk semua pekerjaanmu. Dengan begitu kamu bisa mengatur waktu dan pekerjaanmu dengan baik. Karena hilang fokus saat sedang bekerja juga terjadi saat kamu tidak memiliki manajemen waktu yang baik. 

Oleh karena itu, jangan biarkan kehilangan fokus dalam bekerja sering terjadi padamu, apalagi jika membuatmu menjadi menunda-nunda semua pekerjaan yang ada. Jika sudah seperti itu, maka akan membuatmu menjadi malas dan tidak bisa berkembang. Yaitu membuatmu menjadi sulit dalam memecahkan masalah di dalam pekerjaan sehari-harimu maupun kamu yang mengalami hambatan dalam hal perkembangan karier. 

5. Meredam atau menghindari gangguan-gangguan yang terjadi di sekitarmu

5 Tips Atasi Hilang Fokus Saat Sedang Bekerja, Jaga Konsentrasimu!ilustrasi bergosip saat jam kerja (pexels.com/Felicity Tai)

Jika kamu merasa hilang fokus akibat kondisi lingkungan yang membuatmu tidak kondusif, seperti ada gangguan-gangguan yang terjadi di sekitarmu, maka kamu harus meredam dan menghindari kondisi tersebut agar fokusmu bisa terjaga kembali. Memaksakan bertahan dalam situasi dan kondisi tersebut tidak akan membantumu menyelesaikan masalah yang membuatmu kehilangan fokus. Misalnya jika kamu mengalami gangguan karena ruang kerjamu berisik, maka kamu bisa menghindarinya dengan pindah ke ruangan kerja lain yang lebih sepi.

Atau kamu bisa meredam suara bising tersebut dengan mendengarkan musik. Namun, tentunya musik yang membantu mood-mu kembali baik dan semangat kerja kembali, serta tidak mengganggu konsentrasimu dalam bekerja. Jika perlu, kamu juga bisa mengatakan secara langsung bahwa kamu terganggu apabila suara berisik tersebut akibat rekan kerjamu yang sedang bergosip di jam kerja. 

Hilang fokus saat kerja jika dibiarkan begitu saja akan membuat mood-mu buruk, hingga menjadi sulit bagimu untuk melanjutkan pekerjaan. Jika keadaan tersebut terus terjadi dan berlangsung terus-menerus, maka akan menganggu produktivitasmu di dalam bekerja. Oleh karena itu, atasilah segera hilang fokusmu dalam bekerja dengan lima tips di atas. 

Baca Juga: 5 Bedanya Kerja Keras vs Kerja Cerdas, Lebih Efektif Mana?

Shella Rafika Sari Photo Verified Writer Shella Rafika Sari

.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Wahyu Kurniawan

Berita Terkini Lainnya