Comscore Tracker

Jangan Salah Paham, Ini 7 Beda Posesif dan Protektif, Bro!

Jangan posesif, jangan...

Pernah gak sih cewek kamu protes gegara kamu terlalu posesif? Kalau iya, sebaiknya kamu butuh introspeksi biar dia gak salah paham lagi. Apakah kamu itu protektif atau posesif? Dua hal itu adalah yang berbeda. Sebagai pasangan kamu harus banget protektif, tapi justru gak boleh posesif. 

Biar kamu gak salah paham, berikut ini adalah 7 perbedaan posesif dan protektif yang harus kamu tahu. Coba deh cek, sebenarnya kamu termasuk yang mana, bro?

1. Protektif bersifat melindungi, posesif hanya peduli tentang kepemilikan

Jangan Salah Paham, Ini 7 Beda Posesif dan Protektif, Bro!imdb.com

Yang jadi acuan perbedaan penting antara protektif dan posesif sebenarnya adalah masalah kepemilikan itu sendiri. Kalau protektif, kamu tidak akan menganggap cewekmu sebagai barang yang sudah kamu beli sehingga bisa kamu bawa kemana-mana.

Kamu akan menghargainya dan mendahulukan keselamatannya, apa yang membuatnya bahagia. Sedangkan posesif hanya peduli pada fakta ‘siapa milik siapa’ sehingga membuatmu jadi parno tidak jelas.

2. Protektif tidak sampai melarang, posesif membatasi dengan ketat

Jangan Salah Paham, Ini 7 Beda Posesif dan Protektif, Bro!imdb.com

Mengecek handphone, menginterogasi setiap kali cewekmu pergi sendiri atau juga menelepon tiap menit adalah sikap yang tidak sopan. Kalau kamu sayang padanya, maka kamu tidak akan menempatkannya pada posisi seperti dalam kandang. Sebaliknya kamu akan membuatnya bahagia.

3. Protektif memantau tanpa ikut campur, posesif terlibat terlalu jauh

Jangan Salah Paham, Ini 7 Beda Posesif dan Protektif, Bro!imdb.com

Sampai-sampai kamu mau ikut kemanapun pasanganmu pergi itu sudah tidak bisa dibilang hubungan sehat. Kamu bukan hanya tidak mempercayainya sebagai pasanganmu tapi kamu juga tidak percaya dengan dirimu sendiri. Kamu terlalu takut posisimu akan tergantikan padahal ketakutanmu tidak beralasan.

4. Protektif mempercayai, posesif mencurigai

Jangan Salah Paham, Ini 7 Beda Posesif dan Protektif, Bro!imdb.com

Kalau kamu protektif, kamu akan percaya saat dia memberikan penjelasan padamu. Sebaliknya, kamu akan curiga dan menganggap dia bermain di belakangmu sehingga tanpa sadar memojokkannya dan menyuruhnya mengakui hal yang tidak dia lakukan. Sadarlah, kamu hanya paranoid saja, segeralah berubah.

5. Protektif akan biasa saja saat tahu kamu sedang menjalankan aktivitas, posesif akan memberikanmu banyak pertanyaan

Jangan Salah Paham, Ini 7 Beda Posesif dan Protektif, Bro!imdb.com

Memberondongnya dengan pertanyaan tiada habis menjadi indikasi jelas kalau kamu memang posesif. Apalagi ketika sudah jelas cewekmu sedang di mana, tandanya dia memang harus melakukan aktivitasnya. Dunianya bukan hanya tentang kamu, kamu dan kamu saja.

6. Protektif memberikan kesempatan, posesif menahan terus-menerus

Jangan Salah Paham, Ini 7 Beda Posesif dan Protektif, Bro!imdb.com

Kalau kamu suka membuat cewekmu selalu bersamamu seharian penuh tanpa memberikannya kesempatan untuk jalan dengan teman-temannya, tandanya kamu memang cowok posesif. Jangan sampai cewekmu kabur dulu baru kamu sadar, bahwa semua orang butuh waktu untuk dirinya sendiri.

7. Protektif tidak akan melarang pertemanan dengan lawan jenis, posesif dengan keras melarangnya

Jangan Salah Paham, Ini 7 Beda Posesif dan Protektif, Bro!imdb.com

Kalau kamu termasuk protektif, maka pasti kamu akan menyadari bahwa cewekmu berhak berteman dengan siapa saja termasuk lawan jenis sekalipun. Sedangkan jika posesif, kamu tidak akan membiarkannya berteman dengan lawan jenis dengan alasan apa pun. Hal ini sudah tidak sehat, kamu hanya pacar, bukan orangtua, jadi melarang seseorang untuk berteman dengan orang lain adalah hal yang keterlaluan.

Setelah tahu bedanya, segera cari tahu kamu itu termasuk yang mana. Kalau memang posesif, jangan lanjutkan lagi. Cewekmu pasti akan merasa tercekik menjalin hubungan jika kamu tidak bisa memberinya ruang untuk bernafas.

Semua orang butuh waktu untuk dirinya sendiri dan kamu harus ingat bahwa dunia cewekmu itu tidak terpatok padamu melulu. Berikan dia kesempatan melakukan apapun yang dia mau.

Topic:

  • Erina Wardoyo

Just For You