Comscore Tracker

5 Cara agar Kamu Bisa Menerima Perbedaan Pendapat, Jangan Egois! 

Belajar menjadi orang yang lebih terbuka #IDNTimesMen

Sebagai makhluk sosial, berkomunikasi merupakan sebuah hal yang pasti dilakukan setiap orang agar bisa mendapatkan sebuah informasi. Dalam berkomunikasi, biasanya seseorang akan membahas mengenai kepentingannya dengan lawan bicara. Selain itu, berkomunikasi juga identik dengan kegiatan bertukar pendapat yang tujuannya untuk menyelesaikan permasalahan.

Namun, ketika hal tersebut dipraktikkan, pasti ada sebuah perdebatan yang muncul karena dipicu oleh perbedaan pendapat. Hal itu sebenarnya wajar terjadi sebab setiap orang pasti memiliki pemikiran yang berbeda-beda dalam melihat sebuah fenomena.

Pada dasarnya tidak semua orang mau menerima sebuah perbedaan pendapat karena idealisme yang cukup tinggi. Apakah kamu juga merasakan hal demikian? Meskipun begitu, kamu juga tetap harus berusaha belajar menerima pendapat orang lain yang berseberangan denganmu. Jika kamu gak tahu bagaimana caranya, simak pembahasan ini sampai bawah!

1. Cobalah untuk merenungkan bahwa apa yang kamu pikirkan itu tidak selalu benar

5 Cara agar Kamu Bisa Menerima Perbedaan Pendapat, Jangan Egois! Ilustrasi merenung (pexels.com/andrea piacquadio)

Agar bisa menerima perbedaan pendapat, kamu harus berpikir bahwa tidak ada kebenaran yang mutlak di dunia ini. Begitu juga apa yang ada di pikiranmu, semua argumen tersebut tidak bisa dibenarkan.

Maka dari itu, terkadang kamu perlu menyadari bahwa apa yang ada di dalam pikiranmu belum tentu benar. Jika hal itu dilakukan, maka kamu pun akan berpikir dua kali sebelum menyanggah orang lain.

2. Jangan terlalu terpaku pada satu sudut pandang jika ada permasalahan yang dihadapi

5 Cara agar Kamu Bisa Menerima Perbedaan Pendapat, Jangan Egois! pria dan teman diskusi (Unsplash.com/Christin Hume)

Hal lain yang harus dilakukan agar bisa menerima pendapat orang lain adalah kamu perlu membiasakan diri untuk melihat permasalahan dari sudut pandang berbeda. Maksudnya di sini adalah kamu perlu melihat jalan pikir orang lain terlebih dahulu sebelum menyalahkannya.

Lagipula tidak terpaku dengan satu sudut pandang juga akan membuatmu menjadi seseorang yang lebih open minded. Lambat laun kamu pun akan terbiasa menghadapi perbedaan yang ada tanpa bersikap konservatif.

3. Menyadari bahwa suatu perbedaan itu adalah sebuah hal yang mutlak

5 Cara agar Kamu Bisa Menerima Perbedaan Pendapat, Jangan Egois! Ilustrasi mengobrol (pexels.com/john diez)

Tidak bisa diganggu gugat bahwa setiap orang pasti memiliki jalan pikir yang berbeda-beda dalam melihat sebuah fenomena. Kenyataan semacam itu perlu kamu sadari agar bisa menjadi seseorang yang lebih terbuka. Pada hakikatnya kamu gak bisa memaksa orang lain untuk sepaham denganmu.

Oleh karena itu coba mulai sekarang belajar menyadari terkait perbedaan yang ada. Setelah melakukan hal tersebut, kamu pun pasti akan berpikir ulang sebelum menghakimi pendapat orang lain yang berseberangan denganmu.

Baca Juga: 5 Kerugian jika Kamu Terlalu Sering Meminta Maaf, Malah Gak Bagus!

4. Coba berusaha untuk mengalahkan ego yang ada di dalam pikiranmu

5 Cara agar Kamu Bisa Menerima Perbedaan Pendapat, Jangan Egois! Ilustrasi merenung (pexels.com/michael burrows)

Salah satu hal yang dapat membuat seseorang bersikap kolot itu karena dirinya telah dikuasai ego. Orang semacam itu cenderung merasa dirinya paling benar sehingga siapapun yang berseberangan dengan pola pikirnya itu salah.

Janganlah kamu menjadi orang yang semacam itu sebab akan berdampak buruk bagi kehdiupan sosailmu. Belajarlah untuk membuang ego agar pikiran kolot semacam itu tidak menjadi patokanmu dalam menjalani hidup.

5. Jangan menggunakan emosi ketika sedang berdiskusi dengan orang lain

5 Cara agar Kamu Bisa Menerima Perbedaan Pendapat, Jangan Egois! Ilustrasi bertengkar (pexels.com/keira burton)

Hal terakhir yang harus dilakukan agar bisa menerima perbedaan adalah kamu harus menghilangkan emosi saat berdiskusi. Percayalah bahwa berdiskusi menggunakan emosi hanya akan membuatmu melakukan debat kusir. Hal tersebut pun akan membuatmu dan lawan bicara malah bertengkar.

Coba untuk belajar berdiskusi menggunakan kepala dingin. Lagipula hal semacam itu pasti dilakukan oleh seseorang yang bijaksana. Lakukan hal tersebut agar kamu bisa berpikir secara dewasa!

Menerima sebuah perbedaan memang tidak semudah membalikkan telapak tangan. Tetapi hal tersebut wajib dilakukan sebab sebuah perbedaan merupakan sesuatu yang mutlak di dunia ini. Jangan lupa segera praktikkan kelima hal di atas!

Baca Juga: Terlalu Sibuk Mencari Cuan? Lakukan 5 Hal Ini Sebelum Menyesal!

Hamas Nurhan R T Photo Verified Writer Hamas Nurhan R T

Find me on instagram as @hamasnurhan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Wahyu Kurniawan

Berita Terkini Lainnya