Comscore Tracker

Gak Melulu Buruk, Ini 5 Hal yang Akan Didapat Jika Kamu Bermain Game

Tetapi jangan berlebihan, ya! #IDNTimesMen

Game merupakan sebuah hal yang banyak digandrungi oleh banyak orang, terutama pria. Namun banyak orang yang beranggapan bahwa bermain game hanya akan menimbulkan dampak buruk bagi diri sendiri. Anggapan tersebut sebenarnya kurang tepat sebab sebaiknya kita harus bisa melihat dari sisi yang lainnya.

Bermain game itu juga memiliki dampak positifnya jika kamu bisa mengimbangi dengan kegiatan lainnya. Namun yang harus diingat adalah kamu gak boleh lupa waktu. Untuk penjelasan terkait dampak positif apa saja yang dimaksud saat bermain game, Simak pembahasan ini, ya!

1. Kemampuanmu dalam berbahasa asing pasti akan meningkat

Gak Melulu Buruk, Ini 5 Hal yang Akan Didapat Jika Kamu Bermain GameIlustrasi bermain game (pexels.com/RODNAE Production)

Salah satu hal yang akan didapat jika bermain game adalah kemampuanmu dalam berbahasa asing akan meningkat. Hal itu karena kamu akan disuguhkan oleh konten dengan bahasa asing di dalam game. 

Mau tidak mau kamu wajib memahaminya jika ingin menyelesaikan game tersebut. Maka dari itu jika ingin belajar bahasa asing secara autodidak, bermain game adalah salah satu alternatif yang bisa kamu lakukan.

2. Kamu akan berlatih untuk bisa berpikir cepat

Gak Melulu Buruk, Ini 5 Hal yang Akan Didapat Jika Kamu Bermain GameIlustrasi bermain game (pexels.com/joseph redfield)

Dalam sebuah game, pasti ada beberapa quest yang harus diselesaikan. Di dalam quest tersebut, pasti ada batasan waktu yang ditentukan agar permainan bisa lebih seru. Hal tersebut tentunya akan membuat kemampuanmu dalam berpikir cepat pasti akan meningkat.

Kemampuan tersebut tentunya sangat cocok bila diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Apalagi dalam masalah karier, setiap perusahaan pasti membutuhkan orang-orang yang bisa berpikir secara cepat dan solutif.

3. Kamu akan mudah menentukan strategi saat ingin melakukan sesuatu

Gak Melulu Buruk, Ini 5 Hal yang Akan Didapat Jika Kamu Bermain GameIlustrasi game (pexels.com/matilda wormwood)

Bermain game itu tidak melulu soal kesenangan, namun harus ada strategi penunjangnya. Ketika bermain game, kamu dituntut untuk bisa menyelesaikan beberapa tantangan sehingga dapat memenangkannya. Kamu perlu strategi yang jitu agar kemenangan berada di tanganmu.

Kemampuan untuk memikirkan strategi pasti akan kamu dapatkan saat bermain game. Kamu pasti sudah terbiasa memilih bagaimana strategi yang cocok agar game itu bisa terselesaikan. Hal itu tentunya bakal bermanfaat banget di kehidupan nyata, lho!

Baca Juga: 5 Kegiatan Berlebihan yang Bisa Memengaruhi Kestabilan Finansial

4. Kamu akan menjadi seorang problem solver yang baik

Gak Melulu Buruk, Ini 5 Hal yang Akan Didapat Jika Kamu Bermain GameIlustrasi bermain game (pexels.com/RODNAE Production)

Sebelumnya telah disebutkan bahwa di dalam game, kamu pasti akan menemukan berbagai macam quest yang harus diselesaikan. Berbagai macam permasalahan pasti akan kamu hadapi agar bisa memenangkan game.

Kamu pasti akan memiliki kemampuan problem solving yang baik sebab sudah terbiasa menghadapi hal-hal rumit. Hal itu tentunya pasti akan sangat berguna saat kamu menjalani kehidupan nyata.

5. Kamu bakal mendapatkan teman-teman baru yang berasal dari berbagai background

Gak Melulu Buruk, Ini 5 Hal yang Akan Didapat Jika Kamu Bermain GameIlustrasi bermain game (pexels.com/RODNAE Production)

Game merupakan platform yang tidak memiliki batasan teritorial bagi para player-nya. Dengan adanya hal tersebut, kamu pasti akan mudah menemukan teman-teman baru yang berasal dari berbagai negara. Hal itu tentunya akan sangat menguntungkanmu dalam hal bersosialisasi.

Maka dari itu jika bermain game, jangan pernah ragu untuk berkenalan dengan orang-orang baru. Percayalah bahwa mereka pasti akan membuatmu merasa senang bahkan bisa saja malah membantumu jika kamu berada pada masa-masa sulit.

Bermain game itu tidak selamanya berdampak buruk, kok! Intinya adalah kamu harus bersikap bijak dalam mengelola waktu agar semuanya bisa seimbang. Setuju, Bro?

Baca Juga: Wajib Dilakukan! 8 Cara Menjadi Pria Idaman yang Disukai Perempuan

Hamas Nurhan R T Photo Verified Writer Hamas Nurhan R T

Find me on instagram as @hamasnurhan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Wahyu Kurniawan

Berita Terkini Lainnya