Comscore Tracker

5 Hal yang Wajib Dimiliki oleh Pria Sejati sebelum Memutuskan Menikah

Apakah kamu sudah memilikinya?

Hampir setiap orang memiliki tujuan untuk menikah dengan sang pujaan hati. Bagi seorang pria, menikah merupakan sesuatu yang cukup berat sebab mereka harus berusaha matang di segala aspek. Entah itu dari segi finansial maupun mental, semuanya harus sudah tertata dengan baik.

Sebelum memutuskan untuk menikahi kekasih, seorang pria sejati wajib memiliki aspek-aspek dasar dalam diri biar bisa melakoni bahtera rumah tangga dengan bahagia. Intip ulasan berikut untuk menyelami inspirasi lebih dalam, ya!

1. Kemandirian finansial dengan cara berinvestasi

5 Hal yang Wajib Dimiliki oleh Pria Sejati sebelum Memutuskan Menikahilustrasi merenung (pexels.com/Michael Burrows)

Tidak bisa diganggu gugat bahwa kemandirian finansial merupakan aspek yang wajib dipenuhi oleh seorang pria. Menikah itu bukan hanya perkara cinta, melainkan bagaimana kamu mampu memenuhi kebutuhan pasangan.

Kemandirian finansial itu bisa saja didapatkan dengan cara berinvestasi. Kamu bisa memulainya dengan melakukan investasi-investasi sederhana seperti reksadana maupun saham. Lakukan hal ini sebelum melamar pasanganmu, Bro!

2. Mengerti bagaimana cara menghargai orang lain

5 Hal yang Wajib Dimiliki oleh Pria Sejati sebelum Memutuskan Menikahilustrasi mengobrol (pexels.com/Ketut Subiyanto)

Setiap orang pasti ingin dihargai. Untuk mencapai titik itu, kamu wajib melakukan hal tersebut kepada orang lain terlebih dahulu. Sebagai pria sejati, kamu wajib memahami bagaimana aspek menghargai.

Hal ini bukan hanya berguna bagi hubunganmu, melainkan akan bermanfaat untuk kehidupan sosialmu setelah menikah. Kamu bakal mengerti bagaimana memperlakukan keluarga dari kedua belah pihak.

Baca Juga: 5 Skill yang Perlu Diasah sebagai Persiapan Membina Pernikahan

3. Memiliki pekerjaan yang layak sebagai modal menjadi pemimpin keluarga

5 Hal yang Wajib Dimiliki oleh Pria Sejati sebelum Memutuskan Menikahilustrasi bekerja (pexels.com/ArtHouse Studio)

Tidak hanya berinvestasi, kamu juga wajib memiliki pekerjaan yang layak untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Investasi itu sifatnya lebih ke jangka panjang. Sementara, pekerjaan yang layak itu untuk pemenuhan short-term.

Jika saat ini kamu masih belum punya pekerjaan yang oke, pertimbangkan terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk menikah. Sekali lagi, kamu harus ingat bahwa nikah itu juga butuh uang agar bisa bertahan bahagia.

4. Punya kemampuan menyelesaikan pekerjaan rumah tangga

5 Hal yang Wajib Dimiliki oleh Pria Sejati sebelum Memutuskan Menikahilustrasi pekerjaan rumah (pexels.com/Blue Bird)

Ketika nanti sudah punya rumah sendiri, setiap ada kerusakan sepele bakal menjadi tanggung jawabmu dan istri. Sebagai sosok pria, kamu harus punya kemampuan memperbaiki segala hal atau melakukan pekerjaan rumah tangga.

Jika saat ini kamu belum bisa menyambungkan kabel, belajarlah kepada teman atau ayahmu. Percayalah bahwa ilmu-ilmu tersebut akan bermanfaat banyak bagi keluarga kecilmu nanti meski terlihat sepele.

5. Kemampuan berbaur dengan orang-orang yang lebih tua

5 Hal yang Wajib Dimiliki oleh Pria Sejati sebelum Memutuskan Menikahilustrasi mengobrol (pexels.com/PNW Production)

Terakhir, kamu wajib banget punya kemampuan berbaur dengan seseorang yang lebih tua. Hal tersebut bakal berguna ketika nanti kamu sudah tinggal di kawasan komplek atau pedesaan. Mau tidak mau kamu diharuskan untuk berbaur.

Dengan begitu, kamu harus mengerti kunci dari bersosialisasi dengan orang yang lebih tua. Intinya, kamu wajib menjadi sosok pendengar yang baik dan jangan merasa sok pintar. Alhasil, mereka bakal menghargaimu.

Dari kelima hal di atas, mana saja, nih, yang sudah kamu miliki? Sebagai pria sejati, persiapkan mulai dari sekarang sebelum kamu memutuskan menikah, ya!

Baca Juga: 5 Kesalahan Mendasar saat Kamu Persiapan Pernikahan

Hamas Nurhan R T Photo Verified Writer Hamas Nurhan R T

Find me on instagram as @hamasnurhan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya