Comscore Tracker

Remix Single Oh Baby, Cinta Laura Hadirkan Musik EDM yang Lebih Segar

Berkolaborasi dengan Eka Gustiwana

Sukses berkolaborasi lewat single “Markisa,” Cinta Laura Kiehl kembali menggandeng Eka Gustiwana untuk merilis lagu bergenre house music di bawah naungan label Sony Music Entertainment Indonesia. Bukan menghadirkan lagu baru, Cinta me-remix “Oh Baby” yang sempat tenar di tahun 2008 dengan menghadirkan aransemen yang lebih segar.

Keinginan membuat remix “Oh Baby” sendiri sudah terpikir oleh Cinta sejak awal 2021. Saat itu, ia sedang melakukan workshop di studio Eka dan tiba-tiba ide itu muncul begitu saja. Buat kalian yang penasaran langsung aja simak ulasannya di bawah ini.

1. Aransemen yang lebih kekinian

Cinta Laura menceritakan kalau keinginannya untuk melakukan remix sudah ada sejak 2021 lalu. Namun, setelah beberapa pertimbangan baru bisa selesai di tahun ini.

“Aku bilang ke Eka, “Lucu kali, ya, kalau kita bikin remix “Oh Baby.” Tapi, aransemennya harus kekinian dan disesuaikan dengan suara aku sekarang. Lalu, di bulan Juli 2021, kami sempat mencoba membuat empat aransemen berbeda. Ada pop, disko 1980-an, house music, dan trance. Awalnya, aku bilang ke Eka untuk pakai nuansa ala 1980-an, tapi, saat aku dengar, sepertinya bukan ini yang aku inginkan. Akhirnya, proyek itu kami tunda dulu,” ujar Cinta menceritakan proses pembuatannya.

2. Dijadikan sebagai soundtrack web series

Tertunda, bukan berarti terlupakan. Saat bertemu produser Screenplay Films dalam rangka mengerjakan sebuah web series baru berjudul Daniel dan Nicolette, Cinta pun mencoba mengajukan ide untuk memakai “Oh Baby” sebagai soundtrack serial ini, namun dengan genre yang diubah menjadi EDM.

“Pak Wicky selaku produser Screenplay Films menyambut baik ideku dan aku pun segera menghubungi Eka. Nggak sangka, mimpi kami akhirnya terwujud juga. Jujur, ini tantangan bagiku, tapi juga sangat menyenangkan,” ungkap Cinta.

3. Tiga bagian lagu

Remix Single Oh Baby, Cinta Laura Hadirkan Musik EDM yang Lebih SegarCinta Laura Kiehl (Dok.Sony Music)

Meski single ini berusia 14 tahun, namun Cinta merasa liriknya sesuai dengan tema serial yang ia bintangi, yaitu rasanya jatuh cinta dan mengejar cinta sehingga ia terpikir menjadikannya soundtrack. Perubahan dari segi aransemen agar terdengar segar dan ia percayakan hal ini sepenuhnya kepada Eka Gustiwana.

“Menurutku, penting banget membuat aransemen “Oh Baby” versi terbaru ini berbeda dari yang asli disesuaikan dengan karakter vokalku sekarang, tipe musik yang aku suka, dan vibe dari series yang aku kerjakan. Untuk itu, aku minta Eka menciptakan aransemen yang bisa menaikkan emosi seakan-akan lagu ini dibagi menjadi tiga bagian. Di awal, saat karakterku mulai jatuh cinta. Di tengah lagu, sadar bahwa dia jatuh cinta. Lalu, di akhir lagu menjadi perayaan dari momen cinta tersebut,” tegas Cinta.

Baca Juga: 9 Potret Masa Kecil Artis Cinta Laura, Bule Banget!

4. Dibantu juga dengan Kamga untuk pengarah vokal

Remix Single Oh Baby, Cinta Laura Hadirkan Musik EDM yang Lebih SegarCinta Laura Kiehl (Dok.Sony Music)

Selain berkolaborasi dengan Eka, untuk pengarah vokal, Cinta dibantu sahabat baiknya, Kamga. Sering bekerja sama dalam berbagai proyek, membuat Kamga mengerti vokal seperti apa yang diinginkan oleh Cinta untuk remix “Oh Baby” ini.

“Kamga sangat paham bahwa, saat membuat karya, aku ingin karya itu tidak hanya terdengar percaya diri dan seksi, tapi juga enak didengar dan bisa diterima. Kemampuan musiknya luar biasa. Aku seperti merasa punya dream team dengan Eka yang bisa memahami vibe dan aransemen keinginanku serta Kamga yang bisa mengeluarkan kemampuan unikku saat rekaman,” ujarnya.

5. Berharap dapat menimbulkan rasa nostalgia

Remix Single Oh Baby, Cinta Laura Hadirkan Musik EDM yang Lebih SegarArtwork Cinta Laura (Dok.Sony Music)

Dengan rilisnya “Oh Baby” dalam aransemen yang baru, Cinta berharap lagu ini bisa menimbulkan rasa nostalgia bagi orang-orang yang dulu mendengarkan versi orisinalnya sekaligus memberikan kejutan manis bahwa “Oh Baby” ternyata tetap bisa dinikmati meski dengan genre berbeda.

“Aku juga ingin orang-orang merasakan semangat yang baru, sesuai dengan aransemennya yang lebih energik, dan mendapat kebahagiaan yang sama seperti saat mendengarkan lagu aslinya. Untuk generasi baru yang kurang familiar dengan lagu ini, aku ingin mereka mendapat perasaan bahwa lagu ini terasa segar, kekinian, dan dapat dinikmati oleh semua orang. Jadi, semoga kalian menyukai lagu ini seperti aku suka dengan “Oh Baby” versi 2022 ini,” tutup Cinta.

Baca Juga: Gabriel Prince Rilis Single Kedua 'Maybe' Diproduseri Rossa!

Topic:

  • Wahyu Kurniawan

Berita Terkini Lainnya