Comscore Tracker

6 Dampak Buruk Jika Kamu Gak Mau Keras Sama Diri Sendiri

Hidup jangan terlalu dibawa santai terus, bro!

Memang dalam hidup ini kamu gak boleh terlalu keras terhadap diri sendiri karena akan berdampak buruk bagi kesehatan fisik dan mental. Akan tetapi, bukan berarti kamu lantas jadi lembek atau lemah, alias sama sekali gak mau menekan diri sendiri untuk jadi lebih baik.

Sesungguhnya bersikap keras dalam memperlakukan diri sendiri itu penting sekali dalam menghadapi kehidupan yang keras ini. Dan, ada risiko dan konsekuensi yang harus kamu tanggung jika kamu sendiri gak mau bersikap keras terhadap diri sendiri dari sekarang, seperti poin-poin berikut ini. Simak!

1. Terjebak dalam zona nyaman yang membuatmu gak berkembang

6 Dampak Buruk Jika Kamu Gak Mau Keras Sama Diri SendiriIlustrasi orang bekerja (Unsplash/Tim Gouw)

Ingatlah selalu bahwa zona nyaman itu sejatinya adalah jebakan yang bisa membuatmu terlena. Untuk bisa keluar darinya, wajib untukmu bersikap keras terhadap diri sendiri sehingga memunculkan tekad yang sangat kuat untuk maju dan berkembang. Sekaligus berhasil keluar dari segala macam kenyamanan yang selama ini kamu rasakan.

Akan tetapi, jika kamu gak pernah mau bersikap keras pada diri sendiri, maka kamu akan terus-menerus berada di dalamnya. Sehingga sudah dipastikan hidupmu akan jalan di tempat, sama sekali gak ada perkembangan yang berarti.

2. Sangat susah untuk mapan secara finansial

6 Dampak Buruk Jika Kamu Gak Mau Keras Sama Diri SendiriIlustrasi uang (Pexels/Karolina Grabowska)

Kehidupan saat ini gak bisa dipisahkan dari yang namanya uang dan kemapanan finansial. Hal itu menjadi sesuatu yang mutlak diperlukan kalau mau hidupmu aman dan nyaman tanpa beban. Untuk mencapainya, mau gak mau kamu harus menekan diri sendiri untuk menambah pundi-pundi uang dengan giat sekaligus menggunakannya dengan bijak.

Jika kamu sendiri maunya bekerja hanya sesuai passion atau minat bakat tanpa adanya keinginan yang kuat untuk mencoba peluang karier yang penghasilannya menjanjikan apalagi kalau terbiasa hidup boros dalam menggunakan uang, maka kamu akan sangat susah untuk mapan dan sukses secara finansial. Bahkan, bukan mustahil kamu akan jatuh terpuruk. 

3. Hidupmu pasti akan kacau balau karena terbiasa hidup santai

6 Dampak Buruk Jika Kamu Gak Mau Keras Sama Diri SendiriIlustrasi hidup berantakan (Unsplash/Luis Villasmil)

Kehidupan di dunia yang kompleks dan serba realistis menuntutmu untuk selalu serius dalam menjalaninya. Jangan sampai hidupmu berjalan dengan sangat kacau gara-gara kamu sendiri terbiasa santai banget dalam menjalani hidup.

Kamu hanya menghabiskan waktu untuk memanjakan diri dan melakukan hal yang gak ada gunanya sama sekali. Kamu juga malas menekan diri sendiri untuk hidup lebih disiplin dan serius padahal kalau kamu mau bersikap keras terhadap diri sendiri, hidupmu pasti akan lebih terarah.

Baca Juga: 5 Pola Pikir yang Mengancam Masa Depanmu, Hindari Bro!

4. Kurang tangguh dan gak tahan banting dalam dunia kerja

6 Dampak Buruk Jika Kamu Gak Mau Keras Sama Diri SendiriIlustrasi kantor (Unsplash/Alex Kotliarskyi)

Selain dalam menjalani kehidupan sehari-hari, di dunia kerja pun kamu harus bersikap keras alias gak boleh yang namanya santai terhadap diri sendiri. Terlebih jika dunia kerja itu identik dengan persaingan yang sangat ketat dan semuanya serba pragmatis.

Jika kamu gak mau keras sama dirimu sendiri, maka kamu akan susah beradaptasi bahkan akan sangat mudah menyerah dan putus asa saat dihadapkan dengan banyaknya masalah dan tekanan di sana. Ditambah, kalau kamu terlalu sayang sama diri sendiri sampai gak mau memaksakan diri untuk mengikuti aturan dan budaya kerja di kantor, bisa-bisa kamu dipecat karena performa dan attitude kamu yang gak sesuai harapan mereka.

5. Kelak kaget mendapati dirimu sudah jauh tertinggal dari orang lain

6 Dampak Buruk Jika Kamu Gak Mau Keras Sama Diri SendiriIlustrasi pria merenung (unsplash.com/Sayo Garcia)

Memang benar bahwa hidup di dunia ini bukan untuk ajang perlombaan, tetapi bukan berarti kamu bisa kelewat sayang sama diri sendiri. Karena, jika kamu sendiri bersikap seperti itu, maka kamu akan sedih, malu, bahkan minder ketika bertemu orang-orang yang sebaya bahkan yang lebih muda darimu. Entah itu teman atau saudaramu yang sudah sukses dan mapan sementara kamu masih jauh di dasar sana.

Untuk mengejar mereka saja, rasanya kamu malu karena sudah ketinggalan banget. Kamu baru sadar bahwa bersikap keras dan terkesan kejam terhadap diri sendiri adalah kunci kesuksesan mereka sehingga berada di posisi saat ini.

6. Mimpi-mimpimu gak akan pernah terwujud

6 Dampak Buruk Jika Kamu Gak Mau Keras Sama Diri SendiriIlustrasi pasangan sedih (Pexels/Alex Green)

Setiap orang boleh dan bahkan bebas untuk bermimpi. Tetapi, kamu harus berani tega dan keras sama dirimu sendiri kalau mau apa yang diimpikan bisa lekas terwujud. Jangankan soal mimpi dan cita-cita, untuk bisa hidup layak pun kamu harus memperlakukan diri sendiri sekeras mungkin.

Sebab jika gak, jangan harap ini semua akan terwujud. Kamu harus tahu, di balik kesuksesan yang mereka raih, mereka berani merelakan waktu santai entah untuk diri sendiri atau dengan orang-orang terkasih untuk membanting tulang melampaui batas diri mereka sendiri.

Di dalam kehidupan dunia yang keras ini, mau gak mau kamu dituntut untuk harus keras dalam menyikapinya, jangan malah santai banget, dalam hal ini karena dunia ini bisa memperlakukanmu dengan sangat berat dari yang kamu kira. Tapi ingat, jangan terlalu keras dalam memperlakukan dirimu karena hal ini bisa berakibat sangat fatal, lho. Jadi usahakan jangan berlebihan dalam menyikapi sesuatu.

Baca Juga: 5 Dampak Buruk Kalau Kamu Terlalu Percaya dengan Diri Sendiri

Wimantyo Resi H. Photo Verified Writer Wimantyo Resi H.

Hanya orang biasa yang ingin melihat dunia.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Wahyu Kurniawan

Berita Terkini Lainnya