Comscore Tracker

5 Dampak Buruk Kalau Kamu Terlalu Percaya dengan Diri Sendiri

Pede jangan berlebihan ya, bro!

Kita selalu mendengar nasihat dari orang bijak untuk lebih memercayai diri kita sendiri. Hal itu supaya bisa lebih tenang dan kuat dalam menjalani hidup yang mungkin terlalu lama memendam kekecewaan karena realita kehidupan yang kadang berlawanan dengan ekspektasi diri sendiri maupun orang lain.

Namun, segala sesuatu yang baik akan berakibat buruk bagi hidupmu jika terlalu berlebihan, termasuk soal memercayai diri sendiri. Maka dari itu, kamu harus belajar untuk percaya pada diri sendiri secukupnya saja agar hal-hal buruk itu gak kejadian sama kamu. Apa sajakah itu?

1. Kamu akan rentan salah dalam bertindak maupun memutuskan sesuatu

5 Dampak Buruk Kalau Kamu Terlalu Percaya dengan Diri SendiriIlustrasi perencanaan masa depan (Pexels/Christina Morillo)

Gak bisa dipungkiri bahwa orang yang percaya pada dirinya sendiri secara berlebihan akan cenderung melakukan sesuatu bahkan mengambil keputusan secara ceroboh dan impulsif. Ini jelas akan sangat merugikan sebab ketika dalam mengambil tindakan atau keputusan, seseorang harus mempertimbangkan dampaknya secara luas.

Coba bayangkan jika kamu terlalu yakin dan percaya pada diri sendiri atas keputusanmu tanpa berpikir untung ruginya bagi orang lain, bukankah itu sama saja dengan egois? Jadi, perhatikan banget hal ini ya, bro!

2. Kamu akan sangat susah menerima omongan orang lain

5 Dampak Buruk Kalau Kamu Terlalu Percaya dengan Diri SendiriIlustrasi pria marah (pexels.com/@Andrea Piaquadio)

Dalam menjalani kehidupan, seseorang gak akan pernah lepas dari yang namanya omongan orang lain entah itu berupa nasihat, saran atau kritik. Jika selalu menganggap negatif semua omongan orang lain, maka kamu akan susah untuk mengoreksi diri. Padahal orang lain menyampaikan hal tersebut pasti demi kebaikanmu juga.

Jika kamu terlalu percaya pada diri sendiri, gak akan ada orang yang mau berteman denganmu dan kamu pasti akan dicap sebagai sosok yang bebal dan keras kepala karena gak mau dinasihati apalagi dikritik. Makanya, mulai sekarang berhenti berlebihan dalam mempercayai diri sendiri, ya!

3. Jadi merasa benar sendiri sehingga timbul kesombongan

5 Dampak Buruk Kalau Kamu Terlalu Percaya dengan Diri SendiriIlustrasi pria sombong (Freepik.com/kues1)

Seseorang yang terlalu berlebihan dalam memercayai diri sendiri itu biasanya akan selalu merasa dirinya benar. Mereka selalu merasa bangga dengan prinsip atau apa pun yang mereka yakini kebenarannya sehingga cenderung menolak kebenaran versi orang lain.

Jika terlalu yakin dan percaya bahwa prinsipmu adalah sesuatu yang benar, maka kamu sudah menumbuhkan bibit kesombongan dalam dirimu sendiri. Kamu pasti akan dibenci semua orang karena sikapmu sendiri.

Baca Juga: 5 Alasan Kamu Gak Boleh Jadi Pria yang Plinplan dalam Bersikap

4. Kamu akan dijauhi semua orang karena sangat gampang menaruh curiga

5 Dampak Buruk Kalau Kamu Terlalu Percaya dengan Diri SendiriIlustrasi pertemanan (Unsplash.com/Devin Avery)

Memang orang yang percaya pada dirinya sendiri akan menumbuhkan kewaspadaan terhadap orang yang hendak mengusik hidupnya. Tetapi jika kamu sendiri terlalu percaya diri sendiri, maka orang lain akan menjauh darimu karena merasa risi dengan sikapmu yang sangat gampang curiga.

Jangan terlalu percaya pada diri sendiri sampai gak percaya sama orang lain. Ingatlah bahwa gak semua orang itu jahat dan masih ada orang baik dan tulus di sekitarmu. Cobalah untuk perlahan-lahan membangun rasa percaya pada orang lain karena kamu pasti akan membutuhkan mereka dalam hidupmu.

5. Dalam konteks karier, kamu akan susah berkembang

5 Dampak Buruk Kalau Kamu Terlalu Percaya dengan Diri SendiriIlustrasi bekerja bersama (Pexels/Fox)

Terlalu berlebihan dalam memercayai diri sendiri ternyata bisa berakibat fatal bagi kariermu ke depannya. Hal itu dikarenakan orang dengan sikap seperti itu biasanya akan cenderung sangat benci yang namanya kritikan, feedback negatif dan saran dari rekan kerja maupun atasan. Dan mereka gak bisa diajak bekerja dalam tim karena sifatnya yang individualistis.  

Kalau sudah begini, kamu gak akan mendapatkan kepercayaan oleh perusahaan sehingga kariermu akan mentok di situ-situ saja. Bisa saja kamu dipecat dan digantikan orang lain yang lebih profesional darimu. Nah, melihat dampak buruknya, masih mau memercayai diri sendiri secara berlebihan?

Percaya pada kemampuan maupun prinsip diri sendiri memang salah satu kunci kesuksesan, tetapi kalau sampai berlebihan justru akan membawamu pada kehancuran. Mulai sekarang, cobalah untuk memercayai dirimu sendiri secukupnya agar kamu bisa menjadi sosok yang rendah hati dan dewasa dalam hidup.

Baca Juga: Tak Selamanya Negatif, Inilah 5 Keuntungan Jadi Pria yang Baperan

Wimantyo Resi H. Photo Verified Writer Wimantyo Resi H.

Hanya orang biasa yang ingin melihat dunia.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Wahyu Kurniawan

Berita Terkini Lainnya