Comscore Tracker

Ini 7 Kesalahan yang Bikin Citramu Langsung Jelek di Mata Orang Lain 

Jangan dilakukan, fatal banget! #IDNTimesMen

Melakukan kesalahan memang merupakan hal yang manusiawi, begitu juga bila pria yang melakukannya. Tetapi, ada orang yang beranggapan bahwa kesalahan yang dilakukan seseorang berpengaruh pada citra dirinya. Nah, ada kesalahan yang sama sekali gak boleh dilakukan dan harus dihindari karena akan berakibat fatal bagi citra dirimu di mata orang lain.

Karena kalau citramu sampai jelek, selamanya kamu akan dibenci orang lain dan akan kehilangan banyak hal baik dalam hidupmu. Untuk lebih jelasnya, simak pembahasannya di bawah ini. Baca sampai habis, Bro!

1. Kerap berpenampilan gak sesuai situasi

Ini 7 Kesalahan yang Bikin Citramu Langsung Jelek di Mata Orang Lain Ilustrasi pria keren(Unsplash/Austin Wade)

Meskipun penampilan luar gak bisa dijadikan tolak ukur penilaian orang lain, tetapi kalau kamu berpenampilan seenaknya tanpa pandang situasi seperti mengenakan kaus oblong, blue jeans, dan sneakers saat menghadiri kondangan misalnya, itu adalah kesalahan fatal yang bisa membuat citramu langsung jelek.

Karena, kalau secara logika kondangan atau resepsi pernikahan itu termasuk acara formal dan pastinya si empunya acara ingin merasa dihormati sekaligus dihargai olehmu sebagai tamu. Makanya jangan diremehkan, terkadang kecil tapi fatal akibatnya!

2. Menyepelekan etika dan tata krama dengan dalih “be yourself”

Ini 7 Kesalahan yang Bikin Citramu Langsung Jelek di Mata Orang Lain ilusstrasi pria be yourself (pixabay.com/free-photos)

Gak ada salahnya untuk menjadi diri sendiri dalam hidup. Tetapi kalau kamu menjadikannya sebagai dalih pembenaran untuk bertingkah semaunya sendiri dan menganggap enteng etika dan tata krama dalam kehidupan bermasyarakat bahkan sampai merugikan orang lain, maka akibatnya jelas sangat fatal. Ini yang harus dihindari.

Dikenal sebagai sosok urakan dan buta sopan santun di mata orang lain merupakan konsekuensi yang harus ditanggung seumur hidup. Jadi biasakan dirimu berhati-hati dalam bersikap, ya!

3. Bermalas-malasan dan maunya santai dalam hidup

Ini 7 Kesalahan yang Bikin Citramu Langsung Jelek di Mata Orang Lain Ilustrasi orang mager (Pexels/RF._.studio)

Santai itu memang perlu supaya hidup tetap waras di tengah kerasnya hidup. Akan tetapi, jika sampai cenderung bermalas-malasan dan selalu santai sepanjang waktu, maka dampaknya akan sangat berbahaya untuk hidupmu sendiri.

Bermalas-malasan tentu saja akan menghancurkan masa depanmu, salah satunya dengan citramu yang jelek di mata orang lain sehingga kamu akan susah untuk mendapatkan teman bahkan pasangan hidup. Karena orang yang hidupnya serius namun santai dan suka bekerja keras itu lebih disukai.

Baca Juga: 5 Tips Mudah untuk Bantu Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Kamu

4. Terus-terusan meminta pertolongan orang lain

Ini 7 Kesalahan yang Bikin Citramu Langsung Jelek di Mata Orang Lain Ilustrasi orang minta tolong (healthyway.com)

Memang benar kalau sesama manusia harus saling tolong menolong. Akan tetapi, jika kamu terus-terusan meminta pertolongan orang lain dalam segala hal, apalagi untuk sesuatu yang sebenarnya bisa dilakukan sendiri, itu sama saja dengan menghancurkan citra dirimu sendiri di mata orang lain.

Citra dirimu sebagai sosok manja yang bisanya hanya merepotkan orang lain akan melekat selamanya dan pastinya kamu malu, kan? Kalau kamu gak mau seperti ini, cobalah untuk belajar mengandalkan diri sendiri dalam menjalani hidup karena gak ada satu pun manusia di muka bumi ini yang mau jadi tempat bergantung manusia lainnya, dan kalau bukan kamu yang bisa membantumu bertahan hidup, siapa lagi.

5. Suka membocorkan rahasia orang lain

Ini 7 Kesalahan yang Bikin Citramu Langsung Jelek di Mata Orang Lain Ilustrai pria curhat (Unsplash.com/relentlessjpg)

Membocorkan rahasia orang lain juga merupakan kesalahan yang bisa dikatakan sangat fatal buat pembentukan citra dirimu di mata orang lain. Karena, membocorkan rahasia orang ke muka umum sama saja dengan mempermalukan dirimu sendiri.

Tindakan seperti ini sangat tak etis dan terkesan menghancurkan kepercayaan orang, di mana orang lain akan merasa kalau kamu itu gak bisa menjaga rahasia dan semua orang gak akan mau  berbagi cerita denganmu. Ini akan semakin membuat citra kamu di mata orang semakin jelek.

6. Terlalu banyak mengeluh dengan alasan curhat

Ini 7 Kesalahan yang Bikin Citramu Langsung Jelek di Mata Orang Lain Ilustrasi orang curhat (pexels.com/cottonbro)

Terlalu banyak mengeluh meskipun alasannya adalah curhat adalah kesalahan yang harus dihindari karena berpengaruh sangat buruk terhadap citra dirimu kelak. Karena orang lain akan menilai baik atau buruknya kamu dari caramu menyikapi masalah. 

Alangkah baiknya kamu harus menahan diri serta melatih rasa gak enakan untuk curhat ke orang lain saat sedang ada masalah, yang mana kamu itu sudah dewasa dan seharusnya bisa mencari dan menemukan solusi atas segala permasalahanmu secara mandiri. Setuju atau gak?

7. Gak bisa mengontrol emosi, bisanya marah terus!

Ini 7 Kesalahan yang Bikin Citramu Langsung Jelek di Mata Orang Lain Pexels.com/Andrea Piacquadio

Kesalahan yang efeknya sangat fatal bagi citra dirimu di mata orang lain ialah jika kamu sama sekali gak punya kemampuan mengendalikan emosi dan hanya bisa marah-marah. Entah karena karena mood-mu sedang jelek bahkan stres karena pekerjaan atau masalah lainnya.

Sayangnya, perbuatanmu ini justru gak bisa dianggap lumrah karena biasanya orang lain akan lebih menyukai sosok yang kalem dan gak gampang tersulut emosinya sebagai sahabat, partner kerja atau bisnis, atau pasangan sehidup semati. 

Buat kamu para pria, tujuh kesalahan ini sangat fatal karena dampaknya jelas sangat berbahaya yakni citra dirimu akan langsung terlihat jelek di mata orang lain sehingga akan membuat hidupmu menjadi susah di kemudian hari. Jadi, pastikan kamu menghindari kesalahan seperti ini, ya!

Baca Juga: 15 Rahasia Kecil Pria yang Jarang Diketahui Pasangan, Benar Bro?

Wimantyo Resi H. Photo Verified Writer Wimantyo Resi H.

Hanya orang biasa yang ingin melihat dunia.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Wahyu Kurniawan

Berita Terkini Lainnya