Comscore Tracker

5 Pola Pikir yang Mengancam Masa Depanmu, Hindari Bro!

Kalau terus merasa cukup, kapan suksesnya? 

Apakah ada orang yang menginginkan masa depan yang suram dan penuh dengan penderitaan? Tentu gak ada, kan? Pastinya, semua orang membayangkan masa depan yang cerah, gemilang dan penuh dengan kebahagiaan dan itu bisa terwujud tergantung seperti apa mindset atau pola pikir yang dipegangnya.

Tetapi, kalau kamu masih berpegang teguh pada lima pola pikir salah seperti di bawah ini, mendingan lupakan saja angan-anganmu itu. Penasaran? Yuk, mari disimak sampai habis!

1. Merasa masih ada waktu

5 Pola Pikir yang Mengancam Masa Depanmu, Hindari Bro!Ilustrasi jam tangan (Unsplash/Luke Chesser)

Salah satu alasan kenapa masa depanmu terancam suram, karena setiap kali ada peluang, kamu gak mau bergerak cepat mengambilnya. Selalu menunda-nunda setiap ada kesempatan besar datang menghampiri karena pikiranmu mengatakan 'kalau masih ada waktu, kenapa harus cepat-cepat'.

Padahal, yang namanya kesempatan dan peluang emas belum tentu datang untuk kali kedua. Bisa saja di waktu yang kamu nanti-nantikan malah gak mendapatkan hal yang sama. Kalau kamu masih saja berpegang pada pola pikir salah seperti ini, kamu akan tertinggal jauh dari orang lain. Karena orang sukses selalu berpikir bahwa semua hal dalam hidup itu harus dilakukan sekarang dan gak boleh ditunda-tunda.

2. Berpikir bahwa hidup itu harus dinikmati

5 Pola Pikir yang Mengancam Masa Depanmu, Hindari Bro!Ilustrasi bersenang-senang (Unsplash/Adam Whitlock)

Orang yang punya pemikiran seperti itu, terbiasa untuk santai dan berleha-leha dalam menjalani hidup dan gak ada satu pun niatan untuk serius. Kamu bahkan lupa, di saat sedang santai-santainya, orang lain tengah berlari sangat kencang menuju impian masing-masing.

Seiring berjalannya waktu, mereka sudah berhasil meraih kesuksesan, sementara kamu masih di situ-situ saja. Kalau gak cepat dibuang jauh-jauh, pola pikir seperti itu akan membuatmu hanya jadi penonton dari kesuksesan orang.

3. Berpikir mumpung masih muda

5 Pola Pikir yang Mengancam Masa Depanmu, Hindari Bro!Ilustrasi berlibur dengan teman-teman (Pexels/Helena Lopes)

Memelihara mindset seperti ini, membuat kamu gak mau berusaha dan bekerja keras demi masa depanmu. Hidupnya hanya dihabiskan untuk bersenang-senang dan melakukan hal yang gak bermanfaat dengan alasan ‘mumpung umur masih muda’.

Pemikiran seperti ini hanya akan membuatmu lupa bahwa dirimu gak selamanya muda terus dan masa tua pasti akan datang. Padahal, menghabiskan masa muda dengan bekerja keras dan mengurangi waktu bersenang-senang itu penting banget. Karena masa muda adalah saat yang paling tepat untuk mengumpulkan bekal untuk masa tuamu kelak.

4. Merasa bahwa passion adalah segalanya

5 Pola Pikir yang Mengancam Masa Depanmu, Hindari Bro!Ilustrasi seniman jalanan (Unsplash/Annie Spratt)

Memang memiliki passion itu penting dalam melakukan sesuatu agar gak menjadi beban. Namun jangan pernah sekali-kali merasa bahwa passion adalah segalanya di atas hal lainnya.

Mindset seperti ini hanya akan membuatmu terlalu nyaman dengan apa yang jadi kesukaanmu dan menutup diri terhadap sesuatu yang baru yang menurutmu gak sesuai dengan panggilan hatimu. Nah, kalau kamu gak mau masa depanmu ambyar, mending segera tobat, deh. Jangan pernah malu apalagi takut untuk mencoba sesuatu yang baru karena akan ada pengalaman tersendiri jika kamu berani melakukannya. 

5. Gampang berpuas diri

5 Pola Pikir yang Mengancam Masa Depanmu, Hindari Bro!Ilustrasi bersantai (Pexels/Afta Putta Gunawan)

Wajib bagi kamu untuk bersyukur atas apa yang kamu punya saat ini. Tapi, jika kamu punya mindset selalu mudah untuk berpuas diri dan merasa cukup serta gak mau menginginkan lebih perihal pencapaian hidup, maka masa depanmu bakal suram beneran.

Sikap yang demikian menunjukkan kalau kamu gak mau berkembang menjadi lebih baik lagi dan mindset ini akan membuatmu susah meraih kesuksesan di masa depan karena gak ada orang sukses yang merasa puas dengan pencapaiannya dan selalu menginginkan lebih. 

Ingatlah bahwa pola pikir juga memiliki pengaruh yang sangat besar dalam menentukan seperti apa masa depanmu kelak selain apa yang kamu lakukan. Jika kamu masih menginginkan masa depan yang cerah dan gemilang serta dipenuhi dengan sejuta kebahagiaan, pastikan kamu sudah membuang pola pikir yang telah dijelaskan di atas, ya!

Baca Juga: 5 Alasan Kuat Kamu Perlu Banting Setir dalam Karier, Jangan Ragu!

Wimantyo Resi H. Photo Verified Writer Wimantyo Resi H.

Hanya orang biasa yang ingin melihat dunia.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Wahyu Kurniawan

Berita Terkini Lainnya