Comscore Tracker

5 Keputusan Terbaik yang Bisa Kamu Lakukan untuk Masa Depan Cerah

Kejar masa depanmu!

Saat menginjak dewasa kita sudah seharusnya bisa mengambil keputusan sendiri untuk diri kita. Mengambil keputusan juga tidak boleh asal. Harus banyak pertimbangan yang dilakukan agar keputusan yang diambil tidak salah.

Keputusan terbaik yang diambil bisa menghasilkan hal bermanfaat untukmu. Di samping itu, keputusan juga bisa memberikan masa depan yang cerah asalkan keputusan yang kamu ambil adalah keputusan yang tepat. Nah, berikut lima keputusan terbaik yang bisa kamu lakukan untuk masa depan yang lebih cerah. 

1. Mulailah melatih mental jadi wirausaha atau pebisnis

5 Keputusan Terbaik yang Bisa Kamu Lakukan untuk Masa Depan Cerahilustrasi wirausaha (pexels.com/Ahactacnr)

Melatih mental menjadi wirausaha penting dilakukan untuk mengetahui sebagaimana rasa penasaran dan ingin suksesmu. Menjadi wirausaha juga melatih mentalmu untuk bisa menghadapi berbagai macam karakter customer yang tidak bisa ditebak.

Keputusan ini bisa kamu coba agar nantinya melatih mentalmu jadi kuat dan menumbuhkan jiwa wirausaha dalam dirimu. Sehingga, apabila kamu cocok dan berhasil dibidang ini maka kamu sudah melakukan keputusan yang tepat dan telah membuktikannya dengan baik.

2. Mulailah hidup mandiri dan tentukan jalan hidupmu sendiri

5 Keputusan Terbaik yang Bisa Kamu Lakukan untuk Masa Depan Cerahilustrasi pria mandiri (pexels.com/Karolina Grabowska)

Jika ingin menjadi lebih bertanggung jawab terhadap diri sendiri maka hal yang patut kamu lakukan adalah tentukan jalan hidupmu sendiri. Jangan pernah diatur untuk melakukan suatu hal yang tidak kamu sukai.

Selain itu, cobalah untuk hidup mandiri. Latihlah dirimu untuk tidak bergantung kepada orang lain. Buatlah dirimu kuat sehingga mampu berdiri di atas kakimu sendiri.

3. Berhentilah membandingkan hidupmu dengan orang lain

5 Keputusan Terbaik yang Bisa Kamu Lakukan untuk Masa Depan Cerahilustrasi pria berdiri (pexels.com/Alex Green)

Sering kali kita sudah kalah duluan sebelum memulai usaha karena sifat suka membandingkan hidup. Membandingkan hidupmu dengan hidup orang lain itu salah besar, ini justru jadi bumerang yang hanya menghabiskan semangatmu.

Maka berhentilah membandingkan hidupmu dengan hidup orang lain. Setiap orang memiliki tujuan dan kadar usaha berbeda beda. Lebih baik fokus dengan proses pencapaian dan perubahan yang sudah kamu buat.

Baca Juga: 5 Bentuk Insecure Cowok yang Sering Dialami Pada Lingkungan Pertemanan

4. Maksimalkan kemampuan skill yang kamu miliki

5 Keputusan Terbaik yang Bisa Kamu Lakukan untuk Masa Depan Cerahilustrasi pria dengan robot (pexels.com/Pavel Danilyuk)

Sebelumnya pahami dulu dirimu memiliki kelebihan apa? Setelah mengindentifikasi apa kelebihanmu, kamu bisa memaksimalkannya agar bisa bermanfaat untukmu. Cara memaksimalkan kemampuan bisa dengan terus berlatih.

Tidak ada salahnya juga mengikuti pelatihan berbayar khusus untuk skill yang kamu miliki agar lebih berkembang. Skill tidak akan berkembang jika kamu hanya mengandalkan skill dasar saja yang ada pada dirimu, tapi skill dasar tersebut harus dimaksimalkan.

5. Pilihlah circle yang tepat untuk belajar dan maju bersama

5 Keputusan Terbaik yang Bisa Kamu Lakukan untuk Masa Depan Cerahilustrasi kerjasama (pexels.com/Tima Miroshnichenko)

Keputusan penting lainnya yang bisa kamu lakukan adalah memilih circle yang tepat. Circle yang tepat adalah mereka yang sama-sama memiliki ambisi dan tujuan yang sama denganmu. 

Memiliki circle yang mau belajar dan maju bersama adalah suatu keuntungan yang bagus guna mendukung langkahmu untuk mendapatkan masa depan yang cerah. Maka pilihlah orang-orang yang punya semangat sama denganmu.

Memiliki masa depan yang cerah adalah impian yang hampir semua orang miliki, namun impian hanya tinggal impian jika tidak mau mewujudkannya. Langkah paling mudah mewujudkannya adalah mengambil keputusan yang tepat, dan keputusan yang tepat adalah keputusan yang dilaksanakan.

Baca Juga: 6 Hobi Cewek yang Dibenci Cowok, Bisa Bikin Ilfeel!

Witri Wahyuni Photo Verified Writer Witri Wahyuni

Daripada numpuk dikepala, mending ditulis aja!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Wahyu Kurniawan

Berita Terkini Lainnya