Comscore Tracker

Catat! 5 Cara Mudah agar Bisa Menjadi Pendengar yang Baik

Banyak hal baik yang akan kamu dapatkan, Bro

Menjadi seorang pendengar yang baik mungkin terlihat mudah untuk dilakukan. Namun, dalam praktiknya masih banyak orang yang belum bisa menjadi seorang pendengar yang baik.

Maka dari itu, jika kamu ingin menjadi pendengar yang baik, beberapa cara mudah di bawah ini bisa kamu coba, Bro. Yuk, simak ulasannya berikut ini.

1. Jangan menyela atau memotong pembicaraan, biarkan dia menyelesaikannya terlebih dahulu

Catat! 5 Cara Mudah agar Bisa Menjadi Pendengar yang Baikilustrasi percakapan dari cuplikan drama Korea Mr. Queen (Dok. tvN via dramabeans.com)

Jika kamu menyela orang ketika sedang berbicara, hal tersebut bisa membuatnya sakit hati, lho. Kamu dapat menahan diri untuk tidak menyela atau memotong omongannya. Meskipun kamu merasa apa yang dia katakan salah.

Ketika dia sudah selesai berbicara, kamu bisa mengatakan hal yang mengganggumu sedari tadi. Namun, perlu diingat usahakan untuk tidak menyakiti hatinya dengan perkataanmu.

2. Usahakan untuk selalu menjaga eye contact dengannya

Catat! 5 Cara Mudah agar Bisa Menjadi Pendengar yang Baikilustrasi percakapan dari cuplikan drama Korea Youth of May (Dok. KBS 2 via dramabeans.com)

Pernahkah kamu melihat mata lawan bicaramu ketika dia sedang berbicara? Jika pernah atau bahkan selalu, hal tersebut baik dan lanjutkanlah. Namun, jika kamu belum pernah melakukannya, cobalah untuk melakukan hal tersebut, Bro.

Jika kamu tidak percaya diri untuk melihat mata lawan bicaramu, kamu menyiasatinya dengan melihat bagian wajah di antara matanya. Hal tersebut akan membantu agar kamu bisa melakukan eye contact dengan lawan bicaramu.

Baca Juga: Stop Adu Nasib! Lakukan 5 Hal Ini agar Jadi Pendengar yang Baik

3. Jangan bandingkan masalahnya dengan masalahmu atau bahkan meremehkannya

Catat! 5 Cara Mudah agar Bisa Menjadi Pendengar yang Baikilustrasi percakapan dari cuplikan drama Korea True Beauty (Dok. tvN via dramabeans.com)

Setiap orang pasti punya masalah masing-masing, hal ini memang benar adanya. Ketika kamu sedang mendengarkan orang lain curhat mengenai permasalahan hidupnya. Kamu jangan membandingkannya dengan permasalahanmu atau permasalahan orang lain.

Tentu jika kamu melakukan hal tersebut akan membuatnya makin sedih dan terpuruk. Hal yang perlu kamu lakukan adalah mendengarkannya meskipun kamu belum tentu bisa memberikan solusi.

4. Ketika dia sedang bercerita, kamu jangan melakukan hal lain

Catat! 5 Cara Mudah agar Bisa Menjadi Pendengar yang Baikilustrasi percakapan dari cuplikan drama Korea Youth of May (Dok. KBS 2 via dramabeans.com)

Dia akan merasa diperhatikan jika kamu fokus kepadanya ketika sedang berbicara denganmu. Maka dari itu, jangan sekali-kali kamu mencoba untuk melakukan hal lain ketika ia sedang berbicara.

Tunda dulu kegiatanmu dan dengarkan dia berbicara dengan cermat. Jika ada hal yang sangat mendesak, kamu bisa meminta izin sebentar untuk melakukannya, Bro.

5. Berikan respons agar dia merasa diperhatikan dan didengar meskipun hanya dengan mengangguk

Catat! 5 Cara Mudah agar Bisa Menjadi Pendengar yang Baikilustrasi percakapan dari cuplikan drama Korea Mr. Queen (Dok. tvN via dramabeans.com)

Meskipun respons yang kamu berikan hanya dengan mengangguk atau kata "ya, oke, baiklah," itu lebih baik daripada tidak sama sekali. Dengan begitu dia akan merasa diperhatikan dan didengarkan ketika sedang berbicara.

Namun, kamu juga bisa memberikan respons yang kepada lawan bicara. Hal tersebut akan membuatnya lebih senang.

Menjadi seorang pendengar yang baik memang sulit jika dipraktikkan. Meskipun begitu, bukan tidak mungkin ke depannya kamu bisa menjadi seorang pendengar yang baik. Semoga cara di atas bermanfaat, Bro.

Baca Juga: 5 Manfaat Positif Menjadi Pendengar yang Baik, Penting untuk Kamu Tahu

R. Wuzan Photo Verified Writer R. Wuzan

🏖️

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya