Comscore Tracker

5 Tanda Kamu Telah Melewati Patah Hati dengan Dewasa, Tidak Dendam!

Apa kamu sudah melewatinya?

Mungkin banyak orang akan sepakat bahwa patah hati merupakan salah satu fase hidup yang cukup berat. Gak semua orang bisa berhasil melewatinya dengan dewasa. Gak jarang rasa patah hati justru menumbuhkan dendam maupun kompetisi di hati seseorang. 

Sering kamu sepelekan, nyatanya ada beberapa tanda yang menunjukkan bahwa kamu telah melewati patah hati dengan dewasa, lho. Bukan dari seberapa cepat move on, berikut ini lima tandanya untukmu. Keep reading! 

1. Kamu tidak berkeinginan bersaing dengan mantanmu

5 Tanda Kamu Telah Melewati Patah Hati dengan Dewasa, Tidak Dendam!ilustrasi bertemu mantan (pexels.com/Felicity Tai)

Jika selepas putus kamu menganggap mantan sebagai seorang saingan, itu tandanya kamu belum melewati patah hati dengan dewasa. Persaingan yang kamu ciptakan tersebut bisa berasal dari rasa cemburu maupun rasa cinta yang coba kamu alih bentukkan. Alhasil, kamu gak rela melihat mantanmu lebih bahagia setelah putus denganmu. 

Jika patah hatimu telah kamu sikapi dengan dewasa, kamu gak akan merasa terusik dengan kehidupan mantanmu sekarang. Kamu paham benar bahwa kisahmu dan mantan bukanlah hal yang harus terus-terusan kamu bahwa hingga masa depan. Alih-alih menganggapnya saingan, kamu justru terlihat santai bahkan mampu dengan tulus mendoakan. 

2. Kamu tidak menyalahkan diri sendiri

5 Tanda Kamu Telah Melewati Patah Hati dengan Dewasa, Tidak Dendam!Ilustrasi pria sedih banyak masalah (Unsplash.com/whoislimos)

Awal-awal patah hati wajar rasanya jika kamu menyalahkan diri sendiri. Terlebih jika perpisahan kalian memang terjadi karena kesalahan yang kamu perbuat. Kamu mungkin merasa bahwa kebodohanmu yang mengantarkan hubungan kalian di jurang perpisahan.

Namun, hal tersebut pasti akan berhenti kamu lakukan jika kamu telah melewati patah hati dengan dewasa. Lambat laun kamu pasti menyadari bahwa menyalahkan diri sendiri gak berguna apa-apa selain membuatmu tambah tersiksa. Daripada bergelut dengan rasa sedih tak berujung, kamu kini fokus memperbaiki diri untuk kehidupan sekarang. 

3. Kamu tidak membenci dan menyimpan dendam di hati

5 Tanda Kamu Telah Melewati Patah Hati dengan Dewasa, Tidak Dendam!Unsplash.com/Andrea Piacquadio

Siapa yang setelah putus justru menanggap mantan sebagai musuh? Gak baik, semakin dendam itu dipupuk nantinya dampaknya justru merusak tubuh. Gak menutup kemungkinan rasa dendam itu juga yang justru membuatmu sulit melupakannya. 

Marah kepada mantan boleh-boleh saja asal tidak lama-lama hingga menyimpan dendam di dada. Seburuk apapun kelakuan mantanmu di masa lalu, itu sudah menjadi catatan yang terlewat. Untuk apa kamu membenci hal yang sudah kamu lewatkan? Kamu harus ingat bahwa masih ada masa depan yang bisa kamu perjuangkan. 

Baca Juga: 5 Tanda Kamu Tetap Bisa Bahagia, meski Baru Putus Cinta

4. Kamu mampu menjadikan kisah patah hatimu sebagai pelajaran hidup

5 Tanda Kamu Telah Melewati Patah Hati dengan Dewasa, Tidak Dendam!Seorang pria sedang tersenyum (Pexel.com/Andrea Piacquadio)

Gak semua orang, lho bisa menjadikan kisah patah hatinya sebagai pelajaran. Makanya gak sedikit yang mengulangi patah hati yang sama di kisah percintaan berikutnya. Itu semua karena rasa sakitnya hanya diubah menjadi rasa benci tanpa mau melihat diri dan memilih introspeksi. 

Saat kamu mampu melewati patah hati dengan dewasa, nantinya kamu gak hanya menganggap patah hati sebagai hal buruk. Kamu justru tertantang untuk menelusuri sisi lain dari kesedihan yang kamu rasakan sebelumnya. Rasa itu hadir karena kamu mau belajar dan menyadari bahwa kamu memiliki banyak nilai yang tidak perlu membuatmu hancur akibat patah hati. 

5. Kamu mampu mengelola kegalauanmu dengan baik

5 Tanda Kamu Telah Melewati Patah Hati dengan Dewasa, Tidak Dendam!ilustrasi sekumpulan orang yang hobi membaca (pexels.com/cottonbro)

Tanda selanjutnya bahwa kamu telah melewati patah hati dengan dewasa adalah kamu mampu mengelola kegalauanmu dengan baik. Kamu gak lagi tertarik update kata-kata sedih di story media sosial. Kamu juga paham untuk gak melewati kesedihanmu dengan berdiam diri di dalam kamar dan meratap setiap hari. 

Alih-alih membuat dirimu tambah terpuruk, kamu memilih untuk pergi travelling, memanjakan diri dengan membeli makanan enak, hingga kembali aktif mengerjakan hobi-hobimu. Setelah mampu melewati patah hati dengan dewasa nantinya kamu memiliki pandangan yang lebih luas terhadap suatu masalah. Kamu gak lagi memandang masalah berdasarkan besar kecilnya tetapi bagaimana cara menyelesaikannya. 

Itulah lima tanda bahwa kamu telah melewati patah hati dengan dewasa. Gimana, ada tandanya pada dirimu gak?

Baca Juga: 5 Cara Atasi Kesepian yang Terjadi Setelah Putus Cinta, Yuk Mulai! 

Yulia Nor Annisa Photo Verified Writer Yulia Nor Annisa

Tulislah agar tidak melupa | Banjarmasin, South Borneo

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Wahyu Kurniawan

Berita Terkini Lainnya