Comscore Tracker

5 Cara Mengatasi Bau Badan, Sederhana tetapi Sering Dilupakan

Atasi bau badan pakai cara ini, bro!

Memiliki bau badan yang menyengat tentu saja merupakan hal yang ingin dihindari oleh kebanyakan orang, termasuk para pria. Sebab, hal ini bisa menurunkan kepercayaan diri dan produktivitas. Orang-orang di sekitar juga akan merasa terganggu.

Lalu apakah kamu termasuk orang yang memiliki bau badan menyengat? Dan, apakah kamu merasa tidak nyaman? Jika iya, berarti kamu perlu menyimak lima cara mengatasi bau badan yang sederhana namun sering dilupakan. Penasaran? Baca artikelnya sampai selesai!

1. Mandi dua kali sehari dan ganti pakaian ketika berkeringat

5 Cara Mengatasi Bau Badan, Sederhana tetapi Sering DilupakanIlustrasi pria sedang mandi (pexels.com/Monstera)

Penting untuk mandi dua kali sehari agar tidak terjadi penumpukan keringat terlalu lama yang bisa menimbulkan bau. Sebetulnya ini adalah cara yang cukup simpel, tapi cukup banyak orang yang malas melakukannya.

Jadi tak heran kalau tubuhmu mengeluarkan bau tidak sedap, jika kamu relatif malas mandi atau membersihkan diri. Lakukan ini secara rutin, jangan sampai orang di sekitar jadi terganggu.

2. Gunakan deodoran

5 Cara Mengatasi Bau Badan, Sederhana tetapi Sering DilupakanIlustrasi memakai deodoran (pixabay.com/DaModernDaVinci)

Bau badan berasal dari kombinasi keringat dan bakteri. Jika salah satunya dihilangkan, maka tidak akan terjadi yang namanya bau badan. Saat kamu memilih produk deodoran, kamu pasti akan menemukan tulisan deodoran dan antiperspirant, deodoran saja, atau antiperspirant saja pada beberapa produk. Produk yang mengandung masing-masing dari ketiga hal tersebut memiliki fungsi yang berbeda-beda.

Deodoran hadir untuk membunuh bakteri-bakteri yang bercampur dengan keringat, sehingga jika kamu memakai produk yang hanya mengandung deodoran, kamu pasti akan mengalami basah ketiak dan tidak berbau. Lalu antiperspirant berguna untuk menahan keringat yang akan keluar, sehingga ketiakmu akan tetap kering. Nah, selanjutnya kamu bebas memilih, ingin menggunakan produk yang hanya mengandung deodoran, antiperspirant, atau kombinasi keduanya.

3. Kurangi makan makanan yang berbau menyengat

5 Cara Mengatasi Bau Badan, Sederhana tetapi Sering DilupakanIlustrasi memasak makanan sehat (089photoshootings)

Ternyata makanan sangat memengaruhi bau badan. Sebagai contoh, biasanya orang yang vegetarian memiliki bau badan yang tidak terlalu menyengat jika dibandingkan dengan mereka yang sering banget mengonsumsi daging.

Maka dari itu, jika ingin terhindar dari bau badan, kamu harus memerhatikan makanan yang masuk ke tubuhmu. Lalu merokok dan mengonsumsi alkohol sebaiknya juga kamu hindari.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Deodoran Merek Lokal untuk Pria, Sudah Pernah Coba?

4. Kelola stres

5 Cara Mengatasi Bau Badan, Sederhana tetapi Sering DilupakanIlustrasi pria sedang stres (Unsplash/Nik Shuliahin)

Orang yang sedang stres cenderung memiliki bau yang lebih menyengat. Agar terhindar dari bau badan, kamu bisa belajar mengelola stres dengan berbagai macam cara.

Sebagai contoh, kamu bisa melakukan pernapasan perut, mendengarkan musik yang kamu sukai, memijat kepala secara perlahan, olahraga, atau menulis apa yang kamu rasakan, dan masih banyak cara lainnya. Hal terpenting, kamu harus me nghindari dan mengatasi stres.

5. Konsultasi ke dokter

5 Cara Mengatasi Bau Badan, Sederhana tetapi Sering DilupakanIlustrasi dokter (Publicdomainpictures/George Hodan)

Ini adalah opsi terakhir jika kamu merasa cara-cara sebelumnya tidak bekerja. Bisa jadi ada suatu penyakit tertentu yang kamu alami, sehingga harus diperiksa dan ditangani oleh dokter yang berpengalaman di bidangnya.

Itu tadi lima cara yang dapat kamu lakukan agar terhindar dari bau badan. Semoga cara-cara di atas bisa membantu membuatmu lebih nyaman dengan dirimu sendiri. Selamat mencoba!

Baca Juga: 5 Rekomendasi Deodoran Merek Lokal untuk Pria, Sudah Pernah Coba?

Addini Safitri Photo Verified Writer Addini Safitri

Hope what I share can be useful for you. Be my friend on Instagram: @addini_sft

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Wahyu Kurniawan

Berita Terkini Lainnya