Comscore Tracker

5 Tips Mencukur Rambut Sendiri di Rumah, Mudah Kamu Coba Bro!

Pas banget buat dicoba di saat pandemik seperti ini

Potong rambut jadi kegiatan rutin yang selalu dilakukan setiap cowok beberapa bulan sekali. Namun, di saat pandemik seperti ini, rasa khawatir dan takut terkadang menghantui ketika keluar rumah. Nah, solusinya adalah dengan coba mencukur rambut sendiri di rumah. 

Gak serumit yang dipikirkan, ini 5 tips mencukur rambut sendiri di rumah, Bro!

1. Potong rambut di kamar mandi

5 Tips Mencukur Rambut Sendiri di Rumah, Mudah Kamu Coba Bro!unsplash.com/@bittersweetmachiatto

Tempat paling aman dan mudah dibersihkan saat kamu selesai potong rambut sendiri di rumah adalah kamar mandi. Kamu juga bisa melakukannya di depan wastafel, agar lebih mudah dan ringkas saat proses pemotongan rambut. Sampah potongan rambut yang tercecer gak akan terlalu berantakan dan bertebaran ke mana-mana.  

2. Gunakan dua kaca untuk mempermudah proses pemotongan

5 Tips Mencukur Rambut Sendiri di Rumah, Mudah Kamu Coba Bro!unsplash.com/@wildfernstudio

Seolah-olah jadi tempat potong rambut ala barbershop di mall, kamu juga harus menyiapkan dua kaca di bagian depan dan belakang. Keberadaan kaca di dua bagian ini untuk memudahkan kamu melihat sejauh mana rambut yang dipotong bisa terbentuk sempurna. Kamu juga bisa memakai kaca tambahan yang dipegang di tangan. Jadi, potongannya bisa terkontrol dengan rapi.

Baca Juga: 6 Panduan Keramas yang Efektif untuk Rambut Cowok, Catat Bro!

3. Tentukan model potongan rambut yang kamu inginkan

5 Tips Mencukur Rambut Sendiri di Rumah, Mudah Kamu Coba Bro!unsplash.com/@adrianputz

Sebelum mulai memotong rambut, pastikan juga untuk mengetahui seperti apa model potongan yang kamu inginkan, Bro. Kalau perlu, pelajari dan ikuti video tutorial langkah-langkah pemotongan rambut yang harus kamu lakukan. Jangan memotong rambut secara asal tanpa rencana, bisa-bisa penampilan rambutmu jadi berantakan.

4. Lembapkan rambut sebelum dipotong

5 Tips Mencukur Rambut Sendiri di Rumah, Mudah Kamu Coba Bro!unsplash.com/@shttefan

Biar rambut kamu lebih mudah dan gak sulit dipotong, lembapkan rambut dengan hair mist atau air biasa. Semprot rambut hingga setengah basah, lalu potong secara perlahan. Cara ini akan sangat membantu khususnya bagi kamu pemilik rambut yang tebal dan sulit diatur. 

5. Pilih alat pencukur rambut yang sesuai 

5 Tips Mencukur Rambut Sendiri di Rumah, Mudah Kamu Coba Bro!Ilustrasi Alat Pencukur Rambut (IDN Times/Mardya Shakti)

Jangan hanya mengandalkan gunting, tapi pilih alat cukur yang bisa kamu gunakan dengan nyaman. Sehingga bisa membentuk model rambut sesuai dengan seleramu. Ada banyak jenis pencukur rambut dengan mata pisau yang beragam. Kamu bisa membandingkan harga dan kualitas terlebih antar produk pencukur rambut lebih dulu sebelum membelinya. 

Di tengah situasi yang kurang kondusif seperti sekarang, memotong rambut sendiri di rumah menjadi pilihan yang cukup bijak. Jangan takut mencoba dan pastikan untuk mempersiapkan segala kebutuhannya dengan teliti ya, Bro!

Baca Juga: 7 Rekomendasi Gel Rambut Terbaik, Bikin Gaya Rambut jadi Makin Stylish

Alee Shaby Photo Verified Writer Alee Shaby

to moon and back.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Edwin Fajerial

Berita Terkini Lainnya