Comscore Tracker

5 Tips Perawatan Sederhana Rambut Hidung, Biar Tetap Percaya Diri!

Yuk, dicoba! Biar gebetan makin terpukau dengan penampilanmu

Pernah gak sih, kamu sedang bercermin, lalu mengetahui rambut hidungmu terlalu panjang? Nah, kejadian seperti ini memang banyak dialami oleh cowok. Rambut hidung memang sebaiknya kamu rawat agar keberadaannya itu tak merusak penampilan dan kepercayaan dirimu.

Bingung bagaimana cara merawat bulu hidung? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini, Bro. Sederhana dan gak sulit dicoba, kok!

1. Rapikan rambut hidung secara teratur minimal satu bulan sekali

5 Tips Perawatan Sederhana Rambut Hidung, Biar Tetap Percaya Diri!unsplash.com/@alexkixa

Rambut hidung berfungsi untuk menyaring kotoran dan memperlancar proses pernafasan. Jika rambut hidung telah terlalu panjang, maka sudah saatnya untuk mencukurnya. Lakukan pencukuran ini minimal satu bulan sekali.

Tapi ingat, jangan mencukur atau merapikannya hingga terlalu dalam dan membuat ukuran rambut hidungmu terlalu pendek. Sebab, hal itu dapat menganggu fungsi rambut hidung dan menimbulkan masalah kesehatan, Bro.

2. Lakukan perawatan di saat waktu luang 

5 Tips Perawatan Sederhana Rambut Hidung, Biar Tetap Percaya Diri!unsplash.com/@rdehamer

Untuk merapikan rambut hidung, kamu perlu ketelitian dan memerlukan banyak waktu. Karena itulah, kamu disarankan untuk melakukan perawatan rambut hidung dengan waktu yang cukup panjang. Kalau terburu-buru, gak hanya berisiko menimbulkan iritasi, tapi juga menganggu fungsi sistem pernapasan. 

Baca Juga: 8 Cara Mengatasi Komedo Hitam yang Kerap Muncul di Area Hidung

3. Berhati-hati dengan rambut yang tumbuh ke dalam 

5 Tips Perawatan Sederhana Rambut Hidung, Biar Tetap Percaya Diri!unsplash.com/@enginakyurt

Proses pencukuran rambut hidung dapat berbahaya jika tidak kamu lakukan dengan hati-hati. Salah satu efek samping yang bisa terjadi adalah munculnya rambut yang tumbuh ke dalam kulit. Rambut hidung yang tumbuh secara tidak normal tersebut bisa menimbulkan rasa sakit dan iritasi, hingga menyebabkan benjolan merah di hidung. Untuk menghindarinya, pastikan kamu mencukur rambut hidung secara perlahan dan lakukan dengan arah yang tepat. 

Kondisi seperti ini bisa hilang dengan sendirinya, seiring dengan berjalannya waktu. Namun, jika kamu mengalaminya dalam waktu yang cukup lama, segera konsultasikan ke dokter, ya.

4. Biarkan rambut hidung tumbuh sewajarnya

5 Tips Perawatan Sederhana Rambut Hidung, Biar Tetap Percaya Diri!unsplash.com/@viniciusamano

Kalau kamu gak memiliki rambut hidung yang terlalu panjang dan menganggu penampilan, lebih baik biarkan saja rambut hidung tumbuh sewajarnya. Jangan berinisiatif secara berlebihan dengan mencukur dan merapikannya hingga terlalu pendek. Karena memang pada dasarnya rambut hidung memiliki fungsi khusus yang berperan besar dalam proses pernapasan. 

Langkah perawatan yang harus dilakukan adalah dengan cukup membersihkan bagian dalamnya secara rutin. Sehingga tidak ada debu atau kotoran yang menggumpal dan menonjol hingga menganggu penampilan. 

5. Demi kenyamanan, jangan lupa membersihkan alat cukur secara rutin 

5 Tips Perawatan Sederhana Rambut Hidung, Biar Tetap Percaya Diri!unsplash.com/@acharki95

Meskipun terlihat sepele, kebersihan alat cukur yang kamu gunakan juga berpengaruh banget, lho. Alat cukur yang kotor dan terus dibiarkan tanpa dibersihkan dapat memicu iritasi. Jika tidak dibersihkan, bekas cukuran sebelumnya dapat menyumbat pisau cukurmu. Sehingga menimbulkan rasa perih saat dipakai. Jangan lupa bersihkan alat cukur dan gunting yang kamu gunakan secara berkala ya, Bro. 

Itu tadi 5 cara merawat bulu hidung yang bisa kamu coba sendiri dengan mudah di rumah, Bro. Penting banget nih, buat dicoba sebelum kencan sama gebetan. Biar si doi makin terkesan dengan penampilanmu!

Baca Juga: Bahaya Kesehatan di Balik Cabut Bulu Hidung, Ketahui sebelum Terlambat

Alee Shaby Photo Verified Writer Alee Shaby

to moon and back.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Edwin Fajerial
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya