Comscore Tracker

5 Tahapan Dasar Skincare Pria, Harus Tahu biar Gak Salah Perawatan!

Merawat diri itu penting, Bro! #IDNTimesMen

Merawat wajah dengan skincare bukan hanya sekadar menjadikan kita lebih percaya diri saja. Ibaratnya, jika tubuh kita memerlukan makanan sehat dan bergizi, kulit wajah kita juga butuh nutrisi untuk tetap sehat.

Untuk para pria, skincare dasar kalian sudah benar atau belum, nih? Pria biasanya paling malas kalau udah soal perawatan wajah dan tubuh. Buat kalian tahu, untuk pemakaian skincare jika fondasinya saja sudah salah bisa jadi rutinitas skincare kalian akan sia-sia. Berikut tahapan skincare dasar yang harus pria tahu dan punya.

1. Cleanser

5 Tahapan Dasar Skincare Pria, Harus Tahu biar Gak Salah Perawatan!Ilustrasi memakai facial wash (pexels.com/Cottonbro)

Sebagian besar dari kalian pasti memiliki jenis produk yang satu ini. Manfaatnya dapat membersihkan kotoran wajah. Cocok untuk pria yang sering berada dan beraktivitas di luar ruangan.

Cleanser ini punya berbagai macam jenis, seperti facial wash dan facial foam. Gunakan cleanser sesuai dengan tipe kulit kalian.

Terkadang, jenis foam membuat wajah seperti tertarik. Jika demikian, dianjurkan segera hentikan penggunaan dan beralih ke cleanser lainnya. Karena hal itu, akan membuat wajah kehilangan minyak alami dan seiring berjalannya waktu kulit wajah menjadi kering dan mengelupas.

2. Toner

5 Tahapan Dasar Skincare Pria, Harus Tahu biar Gak Salah Perawatan!Ilustrasi toner (Unsplash.com/ Christin Hume)

Toner merupakan produk skincare yang penggunaannya setelah pemakaian cleanser. Pada dasarnya toner ini untuk membersihkan sisa kotoran yang mungkin tidak bisa diangkat oleh cleanser.

Selain itu, toner mampu mengembalikan Ph wajah karena kandungan basa pada pembersih wajah kita. Dengan menggunakan toner, wajah kita akan terhindar dari luka atau gangguan wajah yang disebabkan kandungan basa yang tinggi.

3. Moisturizer

5 Tahapan Dasar Skincare Pria, Harus Tahu biar Gak Salah Perawatan!Ilustrasi memakai mosturizer (pexels.com/Ron Lach)

Moisturizer atau biasa disebut pelembap berperan penting pada kelembapan wajah kalian. Karena definisi kulit sehat adalah kulit yang terjaga kelembapannya.

Apalagi, jika cleanser kalian bersifat menarik, maka jangan sampai lupa memakai pelembap. Lebih disarankan lagi memilih cleanser yang tidak membuat wajah kita kencang.

Baca Juga: 5 Tips Membeli Skincare Pria, Gak Bikin Kantong Jebol!

4. Sunscreen

5 Tahapan Dasar Skincare Pria, Harus Tahu biar Gak Salah Perawatan!ilustrasi tabir surya (pexels.com/rawpixel.com)

Gak banyak yang tahu, produk satu ini sering diremehkan kegunaannya. Selain karena penggunaannya yang ribet, sunscreen juga merogoh uang saku yang cukup banyak.

Padahal sunscreen ini memiliki banyak manfaat. Dengan memakai sunscreen, kulit kita tidak mengalami burning atau menjadi kusam karena berada di bawah sinar matahari. Paling penting kulit kita tercegah dari penuaan dini, seperti kerutan di bawah dan samping mata.

Tenang saja, sekarang sudah banyak produk sunscreen dari Indonesia yang harganya lebih terjangkau dan hemat. Jadi, tidak ada alasan untuk tidak menggunakan sunscreen.

5. Masker wajah

5 Tahapan Dasar Skincare Pria, Harus Tahu biar Gak Salah Perawatan!Ilustrasi pemakaian masker (Unsplash.com/Isabell Winter)

Produk satu ini pemakaiannya tiga kali dalam seminggu. Ada berbagai macam jenis masker, seperti face mask, organic mask, peel off mask, dan clay mask.

Manfaatnya pun bervariasi tergantung kebutuhan dari wajah kita. Jika memiliki tipe kulit sensitif kalian bisa memilih masker organik. Sebab cenderung minim iritasi karena terbuat dari bahan alami dan tanpa bahan kimia.

Kalian sudah memiliki lima dasar skincare ini belum? Jika sudah, kalian baru bisa menggunakan skincare tambahan lainnya seperti serum, eyecream dan lain-lain.

Mari kita merawat diri sebagai bentuk menyayangi diri sendiri! Semoga kalian tetap konsisten karena sesuatu yang besar berawal dari hal-hal kecil yang dilakukan secara konsisten.

Baca Juga: 9 Rekomendasi Deodoran untuk Pria, Atasi Ketiak Basah dan Bau!

All black Photo Writer All black

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Wahyu Kurniawan

Berita Terkini Lainnya