Comscore Tracker

Bro! Ternyata Begini 5 Langkah Tepat Mencukur Brewok di Rumah

Jangan asal-asalan lagi, deh!

Salah satu grooming yang wajib dilakukan pria adalah mencukur brewok serta kumis. Memang sebagian besar pria beranggapan, dengan memelihara brewok serta kumis di wajahnya akan membuat mereka terlihat makin manly. Memang gak salah sih, cuma jika niat baik tersebut gak didukung dengan perawatan rutin yang tepat, justru kamu bakal terlihat lusuh, berantakan dan tidak terawat. Gagal deh, menarik perhatian para cewek di kampus.

Maka dari itu, biar brewok dan kumis kamu tetap rapi, penting untuk mencukurnya dengan teratur. Gak perlu selalu pergi ke barber shop kok, kamu bisa melakukan ritual tersebut sendiri di rumah, asal tahu caranya. Meskipun bercukur bagi pria adalah hal yang biasa dan terlihat mudah, namun bila salah langkahnya justru hasilnya bisa jadi gak maksimal, lho.

Nah, biar kamu makin jago lagi bercukurnya, berikut kita kasih step by step cara mencukur brewok dan kumis yang tepat, aman serta nyaman. Catat, ya!

1. Basuh wajah dengan air hangat

Bro! Ternyata Begini 5 Langkah Tepat Mencukur Brewok di Rumahunsplash.com/Tadeusz Lakota

Langkah awal yang mesti kamu lakukan adalah, membasuh muka dengan air hangat sebelum bercukur. Air hangat akan membantu membuka pori-pori dan melembutkan helai rambut. Sembari membasuh muka, pastikan tak ada helai rambut yang tumbuh ke dalam. Karena helai rambut itu akan terasa sakit saat dicukur nanti.

2. Scrub wajahmu sebelum bercukur

Bro! Ternyata Begini 5 Langkah Tepat Mencukur Brewok di Rumahunsplash.com/ Patrick Coddou

Buat kamu yang kebetulan punya brewok yang lumayan tebal, lebih baik lakukan scrubbing terlebih dahulu. Selain itu, dengan mengoleskan pre-shave oil bisa membantu melemaskan rambut brewok. Jenis minyak ini juga berguna banget untuk kamu yang memiliki tipe kulit sensitif, sehingga terhindar dari iritasi.

Baca Juga: 5 Hal yang Harus Dihindari Pria saat Mencukur Jenggot

3. Gunakan krim khusus untuk bercukur

Bro! Ternyata Begini 5 Langkah Tepat Mencukur Brewok di Rumahunsplash.com/ANDI WHISKEY

Penting untuk mengaplikasikan krim cukur pada rambut brewok dan kumis sesaat sebelum mencukurnya. Krim ini akan membantu mempermudah proses pencukuran, karena bakal membuat rambut brewokmu lebih lembut. Tapi ingat, jangan gunakan krim yang mengandung menthol karena bakal menutup pori-pori. Sebaliknya, gunakan krim dengan kandungan dasar gliserin, ya.

Satu lagi, disarankan untuk memakai kuas untuk mengaplikasikan krim ketimbang langsung menggunakan tangan. Diamkan krim kurang lebih 3 menit sebelum mulai bercukur.

4. Pilih pisau cukur yang tajam dan bersih

Bro! Ternyata Begini 5 Langkah Tepat Mencukur Brewok di Rumahunsplash.com/Brett Jordan

Tak kalah penting, pastikan pisau cukur yang akan digunakan dalam keadaan bersih dan tajam. Tanda pisau sudah mulai tumpul adalah, ketika dipakai terasa menyeret kulit dan menyebabkan rasa sakit saat bercukur. Maka penting untuk selalu rutin membersihkannya, setelah digunakan. Pastikan tidak ada sisa rambut yang menempel dan ganti pisau secara berkala.

Ingat untuk mulai mencukur dari sekitar telinga (jambang), turun ke area pipi, sekitar bibir dan dagu searah dengan pertumbuhan rambut.

5. Selesai bercukur, jangan lupa untuk melakukan "perawatan" pada kulit wajah

Bro! Ternyata Begini 5 Langkah Tepat Mencukur Brewok di Rumahunsplash.com/Patrick Coddou

Usai bercukur, tentu kulitmu memerlukan sedikit treatment khusus agar nantinya tidak timbul iritasi serta jerawat. Maka perlu untuk memberikannya "pengobatan" dengan cara membasuh wajah menggunakan air dingin, agar pori-pori kembali menutup. Setelahnya, gunakan post-shave balm di area bekas cukuran agar mempercepat proses penyembuhan pada kulit.

Itu tadi langkah-langkah mencukur brewok yang tepat dan aman, mudah kan buat dicoba. Sekarang, kamu bisa mencukur sendiri brewokmu di rumah, dan siap-siap jadi pusat perhatian.

Baca Juga: Selain Terlihat Maskulin, Ini 6 Manfaat Punya Brewok Bagi Kesehatan

Angel Rose Photo Verified Writer Angel Rose

Jadikan tulisanmu sebagai virus yang menularkan kebaikan <3 ^^ Ig: @caecilia.angel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You