Comscore Tracker

5 Bahan Alami Ini Bisa Bantu Bersihkan Daki di Lehermu, Auto Glowing!

Gak kalah mantul dengan produk Eksfoliasi lainnya!

Membersihkan daki atau sel-sel kulit mati pada kulit, terutama pada bagian leher, memang wajib banget kamu lakukan, Bro! Pasalnya, jika kamu membiarkan daki menumpuk di kulit, maka hal itu bisa membuat kulitmu terlihat kusam dan gelap.

Membersihkan daki pada lehermu bisa dengan melakukan proses eksfoliasi. Nah, proses eksfoliasi ini ternyata juga bisa kamu lakukan dengan memanfaatkan berbagai bahan alami yang sering kamu jumpai. Yuk, simak ulasan berikut ini, untuk tahu lebih lanjut mengenai 5 cara membersihkan daki di leher dengan bahan alami. Keep reading!

1. Baking soda

5 Bahan Alami Ini Bisa Bantu Bersihkan Daki di Lehermu, Auto Glowing!Pixabay.com/Monfocus

Gak cuma dimanfaatkan dalam pembuatan kue, baking soda juga boleh kamu gunakan untuk membantu proses eksfoliasi pada lehermu. Tekstur dari baking soda inilah yang ampuh mengangkat daki atau sel-sel kulit mati pada bagian lehermu. Selain itu, baking soda juga membantu menigkatkan sirkulasi dan menutrisi kulitmu dari dalam. 

Caranya cukup simpel. Tinggal ambil 2-3 sendok makan baking soda dan campurkan dengan air secukupnya. Aduk kedua bahan tersebut, hingga bentuknya berubah menjadi pasta. Setelah selesai, oleskan pasta tersebut ke bagian lehermu secara merata dan biarkan hingga mengering. Jika sudah mengering, basahi jarimu dan mulailah untuk menggosoknya secara perlahan. Bilas dengan air bersih, bila telah selesai. Let's try, Bro!

2. Yogurt

5 Bahan Alami Ini Bisa Bantu Bersihkan Daki di Lehermu, Auto Glowing!Pexels.com/Buenosia Carol

Siapa nih yang suka mengonsumsi yogurt? Selain sehat dan enak buat dikonsumsi, yogurt juga bisa kamu gunakan untuk mengangkat daki di lehermu, Bro! Kandungan enzim yang terdapat pada yogurt memiliki kekuatan yang ampuh untuk mengangkat sel-sel kulit mati pada kulitmu. Kulit auto halus dan glowing, nih!

Gak perlu khawatir, caranya sangatlah gampang untuk kamu lakukan, Bro. Pertama-tama ambil 2 sendok makan yogurt dan campurkan dengan perasan air lemon. Aduk kedua bahan ini hingga tercampur merata, lalu oleskan pada lehermu. Diamkan dahulu selama 20 menit. Jika sudah 20 menit, baru gosok secara perlahan agar sel-sel kulit mati dapat terangkat secara sempurna. Jika sudah selesai, kamu tinggal bilas dengan air. 

Sebelum melakukan perawatan ini, kamu harus memastikan bahwa kulitmu tidak alergi terhadap kedua bahan tersebut, ya!

Baca Juga: Daki Gunung Himalaya Jadi Cara Tiara Savitri Melawan Penyakit Lupusnya

3. Cuka apel

5 Bahan Alami Ini Bisa Bantu Bersihkan Daki di Lehermu, Auto Glowing!everydayhealth.com

Cuka apel memang memiliki segudang manfaat. Salah satunya adalah bermanfaat untuk membantu mengangkat daki di lehermu. Cuka apel sendiri memiliki kemampuan yang cenderung menyeimbangkan tingkat pH kulit. Sehingga membuatnya tampak bercahaya secara alami. Semakin mantul dengan kehadiran kandungan asam malat dalam cuka apel yang menjadikannya sebagai eksfoliator yang sangat bagus. 

Kamu hanya memerlukan 2 sendok makan cuka apel dan 4 sendok makan air, kemudian aduklah hingga merata. Oleskan campuran tersebut pada lehermu dan biarkan selama 10 menit. Setelah selesai, bersihkan dengan cara menggosoknya secara lembut sambil membilasnya menggunakan air. Pastikan untuk melembapkan kulit kamu setelah melakukan perawatan ini. Jika tidak, hal tersebut bisa membuat kulitmu menjadi kering, Bro!

4. Kunyit

5 Bahan Alami Ini Bisa Bantu Bersihkan Daki di Lehermu, Auto Glowing!Pixabay/stevepb

Selain sering dijadikan sebagai bumbu dalam masakan, sejak dulu kunyit juga sering digunakan dalam berbagai perawatan kulit. Senyawa di dalamnya bisa membantu mengurangi pigmentasi dan bikin kulit pada lehermu menjadi bersinar. Selain itu, kunyit juga bisa membantu mengangkat sel-sel kulit mati, menyerap kotoran, dan mengencangkan pori-pori.

Langkah pertama, ambil sekitar 2 sendok makan bubuk kunyit yang sudah dihaluskan. Lalu, ambil setengah sendok perasaan lemon dan setengah sendok air mawar. Semua bahan tersebut kemudian dicampur ke dalam sebuah mangkuk dan aduklah hingga menjadi pasta dengan konsistensi sedang. Tinggal oleskan saja pasta tersebut ke lehermu dan diamkan sekitar 15 menit sampai mengering. Jika sudah mengering, bersihkan menggunakan air hangat sembari menggosoknya dengan lembut, agar daki di lehermu dapat terangkat maksimal.

5. Jus kentang

5 Bahan Alami Ini Bisa Bantu Bersihkan Daki di Lehermu, Auto Glowing!parentcircle.com

Bahan alami terakhir yang bisa kamu gunakan untul eksfoliasi adalah jus kentang. Kentang memang dikenal akan khasiatnya yang mampu mencerahkan kulit dengan cara mengangkat sel-sel kulit mati yang ada di kulitmu. 

Gak butuh proses panjang, tinggal ambil kentang berukuran kecil hingga sedang yang siap untuk diparut. Setelah diparut, peras parutan kentang tersebut, sehingga menghasilkan jus kentang. Oleskan jus kentang tadi ke lehermu dan biarkan mengering sepenuhnya sebelum melakukan scrub.

Kamu boleh lakukan perawatan ini sebanyak dua kali sehari, ya!

Itulah 5 cara membersihkan daki di leher dengan bahan alami yang bisa kamu manfaatkan agar lehermu terlihat glowing. Kelima bahan di atas memiliki efektivitas yang sama, sehingga kamu cukup memilih salah satu dari kelima bahan di atas sesuai dengan kebutuhanmu. Selamat mencoba, Bro!

Baca Juga: Cara Mudah Bersihkan Daki di Leher, Biar Cewek Gak Ilfeel!

Berkat Prima Photo Verified Writer Berkat Prima

InstaGram: @lieprimaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Edwin Fajerial
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya